Bunda, Inilah 5 Cara Agar Produksi ASI Melimpah Wajib Dicoba

23

Sebagai seorang ibu, sudah sepatutnya kita melaksanakan semua tugas dan tanggung jawabnya, dengan menerapkan cara menjadi wanita yang baik untuk pasangan maka kamu juga dituntut untuk menerapkan cara menjadi ibu dan istri yang baik.

Sebagai seorang ibu kita juga patut memberikan semua kebutuhan si kecil, salah satunya adalah ASI. ASI menjadi salah satu kebutuhan paling penting untuk si kecil, ASI menjadi sumber energi sekaligus sumber nutrisi bagi si kecil untuk itu menjamin produksi ASI yang melimpah menjadi hal yang penting bagi ibu.

Dibawah ini,  akan kami jelaskan cara memproduksi ASI supaya melimpah yang bisa ibu terapkan dirumah. Yuk disimak:

      1. Memompa ASI

Sebagai seorang ibu bukan hanya cara menjadi wanita yang baik untuk pasangan yang harus diperhatikan,  namun cara menjadi ibu rumah tangga yang baik juga harus kamu perhatikan.

Menjadi orangtua baru sangatlah menyenangkan, apalagi saat melalui proses menyusui biasanya ibu muda akan kesulitan untuk melakukan hal ini dikarenakan belum terbiasa.

Namun,  ibu juga harus tahu bahwa ASI sangatlah penting bagi bayi,  sehingga salah satu cara antisipasi yang bisa ibu lakukan adalah dengan memompa ASI, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengumpulkan Asi dan mempermudah bayi untuk meminum nya.

Kegiatan memompa juga dapat mengosongkan ASI yang belum dihabiskan si Kecil, sehingga payudara bisa memproduksi ASI kembali.

2. Menjaga kualitas istirahat

Salah satu cara menjadi ibu dan istri yang baik dalam hal menjaga kualitas Asi maka hal yang perlu ibu lakukan adalah dengan menjaga kualitas istirahat. ASi memang akan terproduksi secara terus menerus selama bayi menyusu,  namun kualitas Asi tentu saja dapat menurun jika kualitaa istirahat tidak dijaga.

Untuk itu,  ibu harus selalu meluangkan waktu untuk istirahat sesibuk apapun dalam beraktifitas, kurangi kegiatan yang tidak perlu termasuk untuk pergi ke luar rumah, aturlah jadwal tidur dengan tepat agar bisa memperbanyak produksi ASI.

3. Memberikan ASI secara terus menerus

Pada beberapa minggu pertama kelahiran si Kecil, jadwal pemberian ASI memang belum bisa ditentukan secara teratur. Untuk itu, kamu harus selalu siap siaga saat si Kecil membutuhkan ASI, bisa juga membuat perkiraan untuk memberikan ASI setiap 2-3 jam sekali.

Ini dikarenakan bayi yang baru lahir biasanya perlu minum ASI sebanyak 8 hingga 12 kali dalam sehari. Memberikan Asi secara terus menerus juga akan merangsang kinerja produksi Asi, untuk sebab itu Ibu haruslah menyusui bayinya sesering mungkin.

4. Hindari gaya hidup yang tidak sehat

Hindari gaya hidup yang kurang sehat karena ini akan berpengaruh terhadap jumlah ASI yang dikeluarkan, seperti merokok atau meminum minuman beralkohol.

Jika terbiasa dengan rokok dan minuman beralkohol, ada baiknya dikurangi atau bahkan benar-benar dihilangkan. Kedua hal ini jika dibiarkan tentu akan bisa menyebabkan produksi ASI berkurang.

5. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi

Usahakan untuk mengonsumsi beberapa makanan yang terbukti memperbanyak ASI, seperti buah pepaya, wortel, bayam hingga daun katuk.

Ibu juga bisa mengkonsumsi vitamin sebagai penambah daya tahan tubuh, karena biasanya Ibu akan begadang untuk menjaga atau menidurkan bayi sehingga daya tahan tubuh sangat penting untuk diperhatikan.

Itulah tadi tips dan cara untuk melimpahkan produksi Asi bagi para ibu muda. Dengan menerapkan semua tips dan cara diatas maka Ibu tidak perlu khawatir lagi tentang stok dan kualitas Asi. Selamat mencoba dan terima kasih.