Bunda, Inilah Beberapa Resep MPASI 6 Bulan Homemade yang Mudah Dicoba

77

Sebagai seorang ibu yang ingin menerapkan cara menjadi ibu dan istri yang baik untuk keluarga, maka sudah sepatutnya hal pertama yang harus ibu lakukan adalah memenuhi semua kebutuhan anggota keluarga.

Seorang ibu, memiliki kewajiban untuk menyediakan asupan makanan yang bergizi dan lezat untuk semua keluarga.

Menyediakan makanan untuk keluarga juga menjadi salah satu cara menjadi ibu dan istri yang baik karena sebagaimana kita ketahui bersama bahwa fungsi ibu dalam keluarga adalah menjaga kesehatan keluarga dalam hal asupan makanan.

Namun,  bagi ibu muda yang memiliki bayi pasti merasa kebingungan ketika akan menyediakan makanan untuk sang anak.

Bayi usia 6 bulan sebaiknya diberikan makanan pendamping ASI secara bertahap, mulailah dengan porsi sedikit lalu tekstur yang halus dan lembut seperti pure atau bubur. Selain itu, ibu juga perlu memberikan bahan menu MPASI kepada bayi Ibu satu per satu untuk mendeteksi adanya alergi.

Jangan memberikan beberapa bahan makanan MPASI baru sekaligus. Karena hal ini bisa mempersulit Ibu untuk menemukan jenis bahan makanan apa yang membuat bayi Ibu alergi.

Mengatasi permasalahan diatas, untuk membantu ibu menerapkan cara menjadi ibu rumah tangga yang baik dalam hal menyediakan makanan untuk anak bayu khusunya yang berusia 6 bulan, berikut ini akan kami sajikan beberapa resep menu yang bisa ibu coba. Yuk disimak :

      1. Resep Pure Apel

Untuk menerapkan cara menjadi wanita yang baik untuk pasangan terutama untuk anak maka ibu harus mengerti tentang kebutuhan makan sang anak. Beberapa bahan makanan dari jenis karbohidrat yang cocok digunakan pada resep MPASI 6 bulan, yaitu tepung maizena, tepung beras merah, tepung beras putih, dan tepung arrowroot.

Namun, kali ini kami  akan menjelaskan bagaimana cara membuat menu pure apel untuk bayi. Bahan bahan yang dibutuhkan adalah:

150gram daging buah apel merah (1 buah),  100 ml air jeruk baby,   50 ml air matang/ ASI perah/ sufor.

Adapun cara membuatnya yaitu:

Kupas apel dan potong-potong daging buahnya, satukan dengan air jeruk baby, Blender sampai halus ,Saring pure, Tambahkan air/ ASI perah/ sufor , Aduk rata. Pure Apel siap disajikan.

2. Resep Pure Labu Apel

Menu yang kedua adalah Pure Labu Apel,  bahan-bahan nya antara lain:

1 buah apel merah (manis), 100 gram labu kuning rebus, haluskan, 1 sendok makan air jeruk manis, 100 ml ASI perah/ susu formula.

Adapun cara membuatnya :

Kupas apel dan buang bijinya, Parut halus dan campur dengan ar jeruk manis, Sisihkan, Haluskan labu kuning rebus, Campur apel parut, Cairkan dengan ASI perah/ susu formula, Aduk rata. Pure Labu Apel siap dikonsumsi.

3. Resep Pure Pisang Apel

Masih berbahan dasar Apel,  menu selanjutnya adalah Pure Pisang Apel. Bahan-bahan nya adalah :

1 butir apel manis (200 gram), 1/2 buah pisang ambon, potong-potong, 100 ml air matang, 1 sendok teh yoghurt plain.

Cara membuatnya adalah :

Kupas apel dan buang bijinya, Potong-potong apel seukuran dadu, Satukan apel dan pisang, Tambahkan air, Masak sampai mendidih dan apel layu, Angkat dan tiriskan, selanjutnya apel dan pisang di blender sampai halus, Tambahkan yoghurt dan aduk rata. Pure Pisang Apel siap disajikan.

4. Resep Pure Alpukat

Bahan-bahan untuk membuat pure alpukat kali ini adalah:

125 gram alpukat matang (1/2 buah), 25 ml air matang, 100 ml air matang/ ASI perah/ sufor.

Cara membuatnya yaitu:

Keruk daging buah alpukat, Proses dengan blender bersama air matang sampai halus, Tuang ke dalam wadah, Tambahkan ASI perah/ sufor, Aduk rata dan saring. Pure alpukat siap dihidangkan.

5. Resep Pure Kentang

Kali ini kita akan membuat pure kentang,  adapun bahan-bahan nya adalah:

150 gram kentang (kurang lebih 1 butir), 200 ml air jeruk baby.

Cara pembuatanya adalah :

Kupas kentang dan cuci sampai bersih, Kukus kentang sampai matang dan empuk lalu angkat, Satukan kentang kukus dengan air jeruk baby,  blender sampai lumat. Pure kentang siap disajikan.

Seorang ibu haruslah selalu sabar untuk merawat dan menyimpan segala keperluan keluarga, untuk itu ibu harus tahu cara menjadi wanita yang sabar dan penyayang untuk anak dan keluarganya.

Itulah tadi resep membuat makanan untuk bayi berusia 6 bulan yang bisa Ibu coba dirumah nanti. Selamat mencoba dan terima kasih.