Moms Wajib Tahu, Inilah 6 Cara Mengajari Anak Mulai Berpuasa Sejak dini

17

Salah satu  ciri-ciri perempuan cerdas atau ibu yang cerdas adalah dengan mendidik dan mengajarkan suatu kebaikan kepada sang anak. Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab seorang ibu untuk membentuk karakter dan kepribadian sang anak dengan baik, karena ibu menjadi salah satu figur yang berpengaruh pada perilaku anak.

Dengan menerapkan pola asuh yang sesuai ibu sudah menerapkan cara menjadi wanita cerdas dalam hal mendidik anak. Mendidik anak bisa dilakukan dalam banyak kegiatan, dimanapun tempatnya seorang ibu harus bisa memberikan contoh perilaku baik yang bisa ditiru sang anak.

Berhubung sebentar lagi kita akan memasuki bulan ramadhan, ada baiknya para ibu mulai mengajarkan kepada anak nya untuk berpuasa. Karena mengajarkan sesuatu sejak dini akan lebih mudah penerapan nya dan akan berefek sampai sang anak besar kelak.

Untuk menerapkan cara menjadi wanita hebat dalam mendidik anak di bulan ramadhan, dibawah ini akan kami jelaskan cara mengajari anak untuk belajar berpuasa secara jelas dan mudah dipahami. Yuk disimak:

      1. Bercerita tentang keutamaan puasa

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menceritakan tentang keutamaan berpuasa dan hal apa yang akan anak dapatkan seperti pahala dan lain-lain, ceritakan bahwa belajar puasa sejak dini sangat penting untuk kebaikan sang anak dimasa depan. Selain itu beritahu bahwa sebagai umat Allah swt yang baik kita dianjurkan untuk belajar dan melakukan puasa.

2. Memberikan contoh sebagai teladan yang baik

Salah satu cara menjadi wanita cerdas dalam mendidik anak berpuasa yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikan contoh melakukan puasa didepan sang anak, dengan anda berpuasa anak akan sadar dan tahu sehingga memiliki keinginan untuk ikut berpuasa seperti anda. Saat memberikan contoh berpuasa pastikan orang tua juga konsisten untuk melakukan ibadah puasa ini dengan baik dan taat.

3. Tidak memaksa sang anak

Meskipun ibu dituntut untuk selalu menerapkan cara menjadi wanita hebat dalam mendidik anak namun ada hal penting yang harus diperhatikan dan tidak boleh dilupakan, hal tersebut adalah jangan pernah memaksakan kehendak kepada sang anak. Apabila anak belum siap untuk melakukan puasa maka jangan pernah memaksa sang anak, karena apabila terlalu dipaksa maka anak akan menolak dan bisa menjadi pribadi yang membangkang.

4. Bersikap tegas pada anak

Saat anak belum siap untuk melaksanakan puasa maka maklumilah, namun saat anak sudah memasuki usia yang cukup untuk berpuasa maka perintahkan anak untuk berpuasa. Bila perlu, tegaslah kepada sang anak karena apabila anda terlalu memanjakan nya ini tidak baik bagi anak nantinya.

5. Ajarkan untuk menghormati orang yang berpuasa

Bagi anak yang benar-benar belum bisa melakukan puasa setidaknya ajarkan lah untuk menghormati orang lain yang berpuasa contohnya tidak makan atau minum didepan orang berpuasa. Dengan mengajarkan hal ini maka secara tidak langsung anda sudah mengajarkan sikap sopan santun sekaligus sikap toleransi pada pribadi sang anak.

6. Memberikan imbalan

Salah satu cara yang ampuh diterapkan supaya anak ingin berpuasa adalah dengan memberikan imbalan kepada sang anak, imbalan bisa berupa uang, mainan, ataupun makanan dan lainnya.

Dengan begitu anak akan menjadi lebih semangat untuk berpuasa karena akan mendapat imbalan, namun hal ini tidak boleh anda terapkan secara terus menerus karena akan membuat anak menjadi ketergantungan terhadap imbalan dalam hal dan bentuk apapun nantinya.

Itulah tadi cara yang bisa orang tua terapkan untuk mengajari anak berpuasa sejak dini, selamat membaca selamat mencoba dan semoga bermanfaat terima kasih.