Moms, Inilah 5 Cara Supaya Anak Tetap Fit Saat Mulai Belajar Puasa

28

Salah satu ciri-ciri perempuan cerdas atau ibu yang cerdas adalah mampu menjalankan semua kewajiban nya dengan sangat baik dan tepat, salah satunya adalah dengan merawat sang anak. Merawat sang anak dengan cara yang baik bukanlah hal yang mudah terutama ketika anak akan memulai menjalankan ibadah puasa.

Puasa merupakan hal yang akan dialami oleh semua pemeluk agama islam, tak terkecuali sang anak. Untuk itu tugas utama dari seorang ibu adalah dengan membuat menu masakan baik itu menu sahur atau buka puasa dengan baik dan lain sebagainya.

Untuk menerapkan cara menjadi ibu ideal dalam memperhatikan keadaan sang anak saat puasa hal utama yang harus diperhatikan adalah menjamin keadaan sang anak. Karena tak jarang ada beberapa anak yang kurang fit atau menjadi sakit ketika memulai ibadah puasa ini.

Dan untuk membantu kaum ibu memastikan kondisi anak harus fit saat menjalankan ibadah puasa, berikut akan kami jelaskan mengenai cara menjamin keadaan anak supaya tetap fit saat memulai belajar puasa. Yuk disimak:

      1. Atur menu makanan sang anak

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan mengatur menu makanan yang sesuai untuk sang anak, salah satu cara menjadi ibu ideal dalam hal menyediakan menu masakan yang sesuai adalah menu tersebut harus mengandung semua komponen kebutuhan dalam diri sang anak seperti protein, karbohidrat, vitamin dan lain sebagainya.

2. Makan secukupnya saat buka atau sahur

Salah satu cara menjadi wanita hebat dalam mendidik dan mengarahkan anak untuk tetap berpuasa dalam kondisi fit adalah dengan mengarahkan sang anak untuk mengkonsumsi makanan dengan baik, baik itu saat buka puasa ataupun sahur.

Pastikan sang anak mengkonsumsi makanan nya dengan porsi yang cukup dan tanpa kekurangan, karena apabila kekurangan makan kondisi kesehatan sang anak bisa menurun.

3. Penuhi kebutuhan cairan anak

Penuhi kebutuhan cairan anak agar ia tidak dehidrasi saat puasa. Cairan ini dapat berasal dari makanan seperti sup atau minuman seperti air putih, jus buah, atau susu. Pastikan anak tidak mengonsumsi teh dan minuman bersoda.

Sebab, teh bersifat diuretik yang bisa meningkatkan produksi air kencing, sedangkan minuman bersoda bisa meningkatkan asam lambung dan memicu maag. Untuk itu ibu harus selalu mengawasi setiap makanan yang dikonsumsi sang anak.

4. Istirahat atau tidur yang cukup

Tidur merupakan hal yang penting bagi semua orang, tidur menjadi satu-satunya cara sebagai pemenuhan kebutuhan istirahat kita, tak terkecuali untuk anak. Saat ingin menjamin keadaan anak supaya tetap fit saat berpuasa hal yang perlu ibu lakukan adalah menjamin kualitas istirahat atau tidur anak dengan baik.

Pastikan anak mendapatkan waktu istirahatnya dengan cukup sehingga dia tidak akan mudah kelelahan atau kurang istirahat.

5. Batasi beberapa kegiatan

Hal terakhir yang perlu orang tua lakukan untuk menjamin keadaan anak tetap fit saat berpuasa adalah dengan membatasi kegiatan sang anak, ini bukan berarti anak tidak boleh melakukan suatu kegiatan hanya saja membatasi anak untuk melakukan suatu kegiatan secara berlebihan.

Biasanya seorang anak sangat suka dan lupa waktu ketika bermain bersama teman nya, dan hal yang perlu ibu batasi adalah hal tersebut seprti membatasi waktu bermain anak, sehingga anak tidak akan mudah lelah dan tetap kuat berpuasa.

Nah, itulah tadi cara menjamin keadaan anak tetap fit saat berpuasa yang perlu ibu perhatikan, apabila ibu menerapkan cara-cara diatas maka hal itu sudah bisa dikatakan menjadi salah satu cara menjadi ibu ideal yang anda lakukan. Selamat membaca dan semoga bermanfaat, terima kasih.