Ibu Wajib Tahu, 7 Cara Membuat Makanan Sahur Untuk Si Kecil Paling Gampang

50

Puasa menjadi salah satu bagian dari bulan suci ramadhan yang tidak bisa kita anggap remeh, bulan puasa memiliki euforia tersendiri bagi beberapa kalangan masyarakat. Bulan puasa menjadi hal yang dinanti-nanti sekaligus hal yang ditunggu karena dibulan ini kita bisa memperoleh banyak kebaikan yang bisa dilipat gandakan.

Puasa juga dipercaya sebagai cara menurunkan berat badan dengan cepat, ampuh, sekaligus menyehatkan dan mudah dilakukan. Selain itu bulan puasa juga menjadi bulan dengan berbagai menu masakan enak yang tersaji yang siap dikonsumsi.

Ada banyak ciri-ciri perempuan cerdas atau ciri-ciri ibu cerdas yang bisa kita temui dikehidupan sehari-hari salah satunya adalah saat bulan ramadhan, biasanya ibu yang cerdas akan sangat pandai dalam mennetukan dan mengolah menu buka puasa atau sahur yang cocok bagi keluarganya.

Seorang ibu yang ingin menerapkan ciri-ciri perempuan cerdas dalam bulan ramadhan khususnya kepada sang anak haruslah mengerti dan memahami bagaimana memperlakukan sang anak dengan baik, sehingga sang anak mau bangun sahur, menjalankan ibadah puasa, dan buka puasa tepat pada waktunya.

Untuk mempermudah ibu dalam menentukan menu masakan yang cocok untuk sang anak, berikut akan kami jelaskan caranya dengan jelas dan mendetail. Yuk disimak Cara Membuat Makanan Sahur Untuk Si Kecil berikut ini:

      1. Buat menu sahur kesukaan anak

Salah satu cara mengajak si kecil untuk bersemangat sahur adalah dengan menyediakan menu sahur kesukaan si kecil, sebagai seorang ibu pastinya anda mengetahui makanan favorit si kecil hal ini bisa anda manfaat kan sebagai salah satu cara menarik perhatian si kecil untuk bangun dan makan sahur.

2. Buat makanan yang mengandung protein

Salah satu bahan penting yang harus ada dalam menu yang akan anda buat adalah protein, protein sangatlah penting bagi kesehatan sang anak. Protein bisa anda temukan dalam sayuran maupun ikan, seperti tahu, tempe dan masih banyak lainya.

3. Buat makanan dengan karbohidrat tinggi

Salah satu cara menjadi ibu ideal adalah dengan mengetahui kebutuhan nutrisi sang anak, saat membuat menu sahur pastikan anak mengkonsumsi karbohidrat yang cukup yaitu nasi. Karbohidrat sangat penting karena sebagai sumber tenaga anak ketika akan beraktivitas esok hari.

4. Buatlah menu yang bervariasi

Apabila menu yang anda baut hanya itu-itu saja maka akan menimbulkan kebosanan bagi sang anak untuk itu anda harus pandai-pandai dalam memilih menu hidangan yang akan anda sajikan. Jangan sampai menu yang anda sajikan menjadikan sang anak bosan sehingga mereka kehilangan minat untuk sahur.

5. Sediakan menu penutup sahur yang menarik

Hal ini bisa anda jadikan sebagai salah satu  cara menghilangkan bosan di rumah yaitu dengan berkreasi membuat cemilan atau makanan penutup yang bisa dikonsumsi semua anggota keluarga termasuk sang anak. Buatlah cemilan yang memiliki bentuk menarik, rasa yang lezat dan harus tetap memperhatikan kandungan didalamnya.

6. Buat makanan berkuah

Menyajikan makanan berkuah sangatlah membantu untuk meningkatkan semangat sang anak untuk sahur. Makanan berkuah juga berfungsi membuat menu masakan yang lainya terasa lebih segar, selain itu membuat makanan berkuah juga mampu menambah selera makan sang anak.

Namun, hal lain yang perlu ibu perhatikan adalah jangan terlalu sering memberikan anak menu masakan yang berkuah karena hal ini bisa menyebabkan kebosanan dalam diri sang anak.

7. Sediakan buah-buahan sebagai selingan

Hal lain yang penting untuk ibu perhatikan adalah denagn selalu menyediakan menu buah-buahan, menu buah-buahan juga sangat penting bagi kesehatan pencernaan sang anak. Gunakan buah-buahan yang memiliki rasa yang manis karena biasanya anak sangat menyukai buah yang memiliki rasa manis.

Nah, itulah tadi Cara Membuat Makanan Sahur Untuk Si Kecil yang ibu bisa terapkan dirumah. Selamat membaca dan selamat mencoba terima kasih.