Inilah 5 Tips Agar Tak Bau Mulut Saat Puasa yang Wajib Kamu Ketahui

43

Puasa menjadi suatu kewajiban yang harus dijalankan oleh seluruh umat islam, baik laki-laki maupun perempuan yang sudah baligh atau sudah dewasa. Puasa menjadi salah satu tantangan yang harus bisa dilewati, karena selain itu puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Sebagai seorang ibu yang memiliki tugas dan tanggung jawab ibu terhadap anak dan keluarga, berarti ibu memiliki peran penting dan fungsi ibu dalam keluarga tidak bisa dianggap remeh dan di alih fungsikan ke semua anggota keluarga dengan mudah. karena, biasanya kaum ibu sudah paham, mengerti tentang hal-hal ini.

Mengajarkan anggota keluarga untuk berpuasa juga menjadi salah satu tugas ibu, baik dalam mendidik anak maupun semua anggota keluarga. Seorang ibu juga harus bisa memberikan contoh yang baik sehingga bisa menjadi teladan yang bisa ditiru.

Salah satu cara menjadi ibu dan istri yang baik adalah dengan mampu mengatasi persoalan-persoalan yang muncul saat puasa, salah satunya adalah bau mulut. Bau mulut menjadi hal yang paling tidak nyaman dan kurang disukai oleh semua orang, selain dapat menurunkan kepercayaan diri bau mulut juga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Dibawah ini akan dijelaskan bagaimana Tips Agar Tak Bau Mulut Saat Puasa dengan mudah saat puasa nanti. Yuk disimak:

    1. Hindari makanan yang aromanya menyengat ketika sahur

Penyebab bau mulut adalah kesalahan kita saat mengkonsumsi makanan saat sahur, seperti makanan yang memiliki aroma menyengat dan sulit dihilangkan. Contohnya adalah jengkol dan bawang bombai, makanan ini harus menjadi salah satu makanan yang wajib anda hindari jika tidak ingin bau mulut muncul di diri anda.

2. Hindari makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi saat sahur dan buka puasa

Ada banyak resep sarapan praktis yang bisa ibu terapkan untuk makan sahur nantinya, namun untuk menghindari bau mulut muncul anda harus menghindari makanan atau minuman yang memiliki kadar gula yang tinggi, karena bakteri penyebab bau mulut akan berkembang biak kian pesat bila dalam mulut anda banyak sisa gula.

Sehingga untuk menghindari bau mulut hindari makan terlalu banyak kandungan gula nya, atau juga bisa dengan selalu menyikat gigi setelah anda mengkonsumsi makanan manis tersebut.

3. Banyak minum air ketika sahur dan buka puasa

Semakin kering mulut Anda, semakin tinggi juga kemungkinan munculnya bau mulut. Anggapan ini sepenuhnya adalah benar, karena bakteri akan sangat mudah berkembang jika mulut anda dalam keadaan kering, sehingga untuk mengantisipasi nya adalah dengan selalu minum air mineral dalam jumlah banyak saat sahur atau pun buka puasa. Selain itu, air mineral juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

4. Sebelum tidur, kumur-kumur dengan air garam

Air garam juga mampu mengantisipasi bau mulut cara nya adalah dengan melarutkan satu sendok teh garam dalam segelas air hangat. Kemudian kumur selama tiga puluh detik dan buang, jangan ditelan.

Air garam bekerja seperti antiseptik yang akan mengusir bakteri penyebab bau mulut, sehingga apabila anda rutin melakukan hal ini maka bau mulut akan berkurang bahkan hilang.

5. Isap dan kunyah jeruk atau lemon saat sahur dan buka puasa

Mungkin hal ini terdengar aneh dan asing di telinga anda, namun ternyata mengunyah atau mengisap jeruk dapat menghindari bau mulut datang. Selain itu hal ini juga mampu meningkatkan produksi air liur sehingga mulut pun tak akan jadi kering dan bau.

Itulah tadi Tips Agar Tak Bau Mulut Saat Puasa paling mudah, dan jika anda ingin menerapkan cara menjadi ibu dan istri yang baik dalam hal menghilangkan persoalan bau mulut saat puasa maka anda bisa menggunakan tips dan menerapkan cara diatas. Selamat membaca dan terima kasih.