4 Tips Bulan Madu dengan Budget Pas-pasan untuk Pengantin Baru

125

tips-bulan-madu-dengan-budget-pas-pasan

Ketemuan, jatuh cinta, jadian, tunangan, married … akhirnya bulan madu juga! Selamat ya, Sis!

Bicara tentang bulan madu, ini bukan sekadar liburan biasa, lho.

Kamu dan calon suami (ehem) bisa memanfaatkan momen ini untuk melepas penat dan stres setelah perayaan resepsi yang menguras energi (juga emosi). Ditambah lagi, kamu juga dapat menghabiskan quality time berdua saja untuk mempererat hubungan suami-istri antara kamu dan pasangan.

Tapi, biaya bulan madu tidak kalah fantastisnya seperti biaya persiapan pernikahan itu sendiri. Dilansir dari LiburanEropa.com, rata-rata para pengantin baru merogoh sebesar 16 juta rupiah dari koceknya untuk membiayai bulan madu mereka.

Bukan main-main, ‘kan?

Tunggu dulu! Jangan biarkan angka ini membuat nyalimu menciut. Kabar bagusnya, kamu tetap bisa merencanakan bulan madu luar biasa bersama calon suami meskipun dengan modal pas-pasan!

Plus, kamu juga tidak perlu khawatir kalau honeymoon yang kamu idam-idamkan ini justru menjadi beban finansial bagi rumah tangga kalian di awal pernikahan.

Tidak jauh berbeda dari bagaimana biasanya kamu membuat anggaran ketat untuk liburan keluarga, bulan madu yang terjangkau hanya membutuhkan kreativitas dan fleksibilitas kamu, kok.

Buat followers Instagram-mu iri menyaksikan betapa romantisnya honeymoon yang kamu lalui bersama calon suami, di tempat yang indah nun memukau mata (pssst, tanpa mereka tahu padahal budget-nya pas-pasan saja, kok!).

Jadi, inilah tips bulan madu dengan budget pas-pasan untuk mewujudkan impian honeymoon romantis tanpa bikin dompet kembang kempis!

1. Ketahui batas kemampuan finansial

Masih ingat berapa jumlah rata-rata modal yang dikeluarkan para pengantin baru untuk membiayai bulan madu mereka? Ini bukan angka yang kecil. Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan supaya modal yang sedemikian besarnya dapat terkumpul?

Kalau kamu tidak mampu mencapai apa yang orang lain raih, jangan memaksakan diri. Kamu tidak ingin dijadikan contoh nyata dari “bagai pungguk merindukan bulan” oleh kerabat di sekitarmu, ‘kan?

Alih-alih, tetapkan sejauh mana kamu dan pasangan sanggup meng-cover biaya bulan madu.

Susun daftar berisi pengeluaran apa saja yang dibutuhkan untuk menjamin momen penting tersebut, dan berapa kisaran nominal yang kalian sepakati untuk meng-cover pengeluaran tersebut. Misal:

  • Hotel/tempat penginapan
  • Penerbangan
  • Ongkos transportasi tambahan (taksi, kendaraan umum, dsb)
  • Makanan (supaya lebih irit, pelajari bagaimana tips menghemat uang makan ketika berlibur)
  • Paket aktivitas bulan madu
  • Kegiatan rekreasi (spa, pijat santai)
  • Tiket/karcis
  • Budget shopping (oleh-oleh untuk sanak saudara, kenang-kenangan)

2. Hindari bepergian di akhir pekan

Tempat wisata populer biasanya ramai dikunjungi para wisatawan pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Arus penerbangan pun juga lebih sibuk, dan otomatis tiket pesawat pun beberapa persen lebih mahal. Bandingkan jika kamu dan pasangan memilih untuk pulang/pergi berbulan madu pada hari-hari kerja.

Studi yang diselenggarakan oleh CheapAir pada tahun 2019 mengungkapkan hasil yang menarik. Kabarnya, ongkos pesawat jauh lebih murah jika dibeli pada hari Selasa dan Rabu.

Sebaliknya, di hari Sabtu dan Minggu tarifnya meningkat sampai ke langit.

3. Jangan lewatkan promo menarik

Belakangan ini, para pelancong dapat membandingkan harga dari beragam maskapai penerbangan dengan mudah melalui Internet.

Di Indonesia, Traveloka merupakan salah satu situs yang unggul. Bukan cuma membeli tiket pesawat dan kereta, Traveloka juga memungkinkan penggunanya untuk mengecek harga lebih dari 10 ribu penginapan di seluruh penjuru Indonesia. Transaksinya pun mudah, kamu bebas memilih mau bayar lebih awal atau on the spot.

Hasilnya, kamu bisa menghemat sampai 50% dari budget yang kamu anggarkan untuk moda transportasi.

Atau, mengapa tidak mencoba fasilitas yang dimiliki Google Flights?

Bekerja selayaknya search engine pada umumnya, Google Flights memberikan penawaran dengan harga terbaik untuk para penggunanya. Kemudahan ini bisa didapatkan cukup dengan berlangganan informasi dari destinasi bulan madu yang diinginkan. Google Flights ini paling cocok digunakan oleh para pengantin baru yang belum menetapkan tanggal pasti dari rencana bulan madunya.

Kamu juga? Jangan malu-malu, segera daftar ke situs resmi Google Flights!

4. Pertimbangkan destinasi honeymoon yang lebih terjangkau

Selain ketiga tips bulan madu dengan budget pas-pasan di atas, ada satu lagi nih yang tidak boleh kamu lupakan.

Cara lain untuk menghemat lebih banyak uang yakni dengan memilih tempat bulan madu yang lebih terjangkau oleh kemampuan finansial kamu dan pasangan.

Siapa yang tidak tergoda untuk bermesraan bersama suami sembari memandang megahnya menara Eiffel dan romantisnya suasana kota Paris di malam hari? Tapi, biar bagaimana pun, mengunjungi destinasi bulan madu terjangkau di Benua Eropa agaknya masih terlalu berlebihan untuk diwujudkan dengan persediaan uang yang pas-pasan.

Eits, jangan berkecil hati. Di belahan dunia lain, masih ada tempat-tempat bulan madu yang tidak kalah romantisnya dari Benua Eropa!

Eh, dimana?

Disini, di Indonesia!

Tahu ‘kan bahwa negara tercinta kita ini kaya akan pesona alam dan budayanya? Sebagai anak bangsa, jangan sia-siakan kesempatan emas ini. Dari Sabang sampai Merauke, ada ribuan tempat pelesir yang bisa kamu pilih sesuka hati.

Ingin merasakan pengalaman rekreasi di luar negeri? Negara-negara di Asia Tenggara selalu terbuka untuk pelancong modal pas-pasan (seperti kamu dan pasangan misalnya, hi-hi!). Misal: tempat bulan madu terbaik di Malaysia dan destinasi bulan madu romantis di Thailand.

Ada Malaysia dan menara kembarnya, juga Thailand dan Pulau Krabi-nya. Pengalaman romantis yang bisa kamu dapatkan dari tempat-tempat eksotis ini tidak kalah dengan destinasi bulan madu di benua lain!

Di penghujung tips bulan madu dengan budget pas-pasan ini, ada satu lagi pesan bijak yang harus kamu dengar, Girls.

Tradisi bulan madu ini bukan sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh para pengantin baru tepat setelah pesta pernikahan dirayakan, kok.

Banyak pasangan suami-istri lainnya yang memilih menunda satu atau dua tahun sebelum akhirnya merayakan bulan madu mereka. Dan, tahukah kamu? Suasana romantis, mendebarkan, dan seru akan tetap kamu rasakan asalkan ada si dia di sampingmu, lho.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo rencanakan honeymoon impianmu sekarang juga bersama tips bulan madu dengan budget pas-pasan yang satu ini!