4 Tips Membuat Budget untuk Single Mom dan Atur Keuangan dengan Efektif

76

tips-membuat-budget-untuk-single-mom

Menjadi seorang ibu tunggal dapat diartikan bahwa Anda kini menyandang status sebagai seorang nahkoda yang bertanggung jawab sepenuhnya atas “kapal” Anda – yaitu keluarga Anda. Tidak ada lagi sosok suami yang dapat diandalkan untuk membantu Anda mencukupi nafkah dan mengatur perihal keuangan keluarga. Sekarang, semuanya terserah pada Anda. Bisa dibilang juga, secara tidak langsung Anda memikul beban 2 orang sekaligus, dan kami tahu ini bukan perkara mudah.

Ketika menanggung beban ini seorang diri, Anda memerlukan strategi yang juga dua kali lebih kuat dan terstruktur untuk merencanakan keuangan Anda agar Anda dapat mengontrol pengeluaran dengan bijak, mengasuh anak-anak dengan baik namun tetap aktif membangun kekayaan di saat yang bersamaan. Rumah tangga dengan satu sumber penghasilan memang sedikit riskan, namun bukan hal yang mustahil untuk melakukan semuanya seorang diri, Bunda. Semuanya dimulai dengan perencanaan anggaran keuangan yang baik, atau yang lebih akrab disebut dengan “budget”.

Tips membuat budget untuk single mom ini diperuntukkan bagi ibu tunggal seperti Anda yang ingin menyiapkan anggaran keuangan bebas repot dan anti ribet. Jika tips ini bukanlah yang Anda cari, kunjungi artikel kami tentang cara membuat anggaran untuk mahasiswacara mengatur keuangan dengan pasangan, dan tips ibu rumah tangga mengatur keuangan yang ditujukan bagi audiens dari latar belakang yang berbeda-beda.

Baiklah, langsung saja kita cek satu-persatu apa saja tips membuat budget untuk single mom yang ekstra gampang ini.

1. Prioritaskan budget untuk Anda dan buah hati

Saat Bunda sedang merencanakan untuk menyusun budget, pastikan bahwa Bunda telah mengikutsertakan segala pengeluaran yang sekiranya akan diperlukan baik oleh Anda maupun oleh buah hati Anda. Mungkin Anda beranggapan,”Iya, saya ngerti kok,” tapi tidak sedikit single mom di luar sana yang luput menyertakan hal ini. Mulai dari biaya sekolah, pakaian, rekreasi, dan kegiatan akhir pekan sebaiknya ditulis secara terperinci pada budget baru Anda. Dengan begini, Anda tahu pasti berapa kisaran nominal yang harus dideduksi dari penghasilan Anda per bulannya.

Untuk Bunda yang baru saja menjalani petualangan sebagai seorang ibu tunggal, budget baru Anda ini juga harus mencakup pengeluaran yang sedang berlangsung sekarang. Misal, apakah Anda dibebani dengan tagihan asuransi kesehatan atau pendidikan anak? Apa Anda menyewa jasa babysitter? Bagaimana dengan tagihan kartu kredit? Ingat, jangan lupa untuk menulis sedetil-detilnya.

Sebelum Bunda terpikir untuk menabung demi persiapan pendidikan lanjutan anak atau modal usaha sampingan, ada baiknya melunasi terlebih dahulu segala tagihan dan hutang yang membebani Anda. Sebagai solusinya, Bunda dapat mencoba cara melunasi hutang atau cara melunasi tagihan kartu kredit.

2. Sisihkan penghasilan untuk dana emergency

Tujuan utama dari tips membuat budget untuk single mom #2 ini adalah untuk menyiapkan dana yang kedepannya akan dipergunakan untuk meng-cover pengeluaran harian Anda dalam jangka 3-6 bulan (biaya sewa, kebutuhan pokok, dsb). Gunanya untuk berjaga-jaga dari insiden yang tidak terduga, seperti sakit atau kehilangan pekerjaan.

Dana darurat ini jumlahnya juga harus cukup untuk membiayai segala kebutuhan anak Anda.

3. Cari alternatif hiburan murah

Mengajak anak untuk berlibur atau rekreasi di akhir pekan dapat menjadi satu beban finansial tersendiri khususnya bagi single mom seperti Anda. Anda harus membayar biaya masuk taman bermain dan kebun binatang, membeli camilan dan minuman – berapa total yang biasanya Anda habiskan dalam sekali pergi? Mahal, bukan? Jadi, mengapa tidak beralih ke tips membuat budget untuk single mom #3 ini: mencari alternatif hiburan yang tidak hanya seru namun murah?

Sebagian besar museum memiliki tarif tiket masuk yang lumayan terjangkau. Anda bisa mengepak resep bekal makan anak dari rumah dan mengunjungi museum sepuasnya tanpa khawatir acara jalan-jalan ini akan membuat dompet Anda jebol. Perpustakaan daerah juga menawarkan beragam aktivitas atau event yang diselenggarakan dengan cuma-cuma untuk masyarakat umum, lho. Piknik di akhir pekan, mendaki gunung, dsb adalah beberapa contoh alternatif hiburan yang murah-meriah plus seru dilakukan bersama buah hati!

4. Buat tabungan jangka panjang untuk kebutuhan masa depan anak

Anda juga harus memastikan bahwa selama mengikuti tips membuat budget untuk single mom ini, Anda telah membuka rekening tabungan jangka panjang khusus menabung biaya pendidikan, kesehatan, dan segala kebutuhan hidup lainnya bagi si kecil. Tidak ada kata terlambat untuk memulai, jadi segera pertimbangkan untuk membuka rekening baru.

Bukan cuma itu, Anda juga harus menyiapkan satu tabungan lagi untuk meng-cover dana pensiun, membeli rumah (jika Anda masih tinggal di kontrakan atau apartemen), memulai usaha sampingan, atau travelling. Jangan terlalu terobsesi dengan jumlah yang bisa Anda tabung, pastikan saja bahwa Anda selalu konsisten untuk menyisihkan sekian persen dari penghasilan Anda pada dua rekening tabungan ini. Seperti kata peribahasa “sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit”!

Are you a  single parent? How do you save money with your kids? Trying to figure it out still? Try out these tips above! As I mentioned, it’s all about creating a solid budget and plan for your finances — one that includes yourself and your children.

Apakah Bunda seorang single mom? Bagaimana tips menabung untuk ibu rumah tangga yang sudah sejauh ini Bunda ikuti? Tidak berhasil? Cobalah tips membuat budget untuk single mom diatas!