Yuk Ikuti 8 Cara Hidup Hemat dari Beberapa Kebiasaan Sederhana!

60

cara-hidup-hemat

Kata “sederhana” dan istilah “hidup hemat” acapkali disalahartikan oleh kebanyakan orang. Tidak sedikit yang beropini negatif terhadap gaya hidup yang satu ini.

Meskipun hidup hemat, sederhana, dan apa adanya seringkali dinilai sebagai pengorbanan yang dilakukan seseorang dengan “membuang” beragam aspek kenyamanan dalam hidup, nyatanya tidak harus begitu, kok. Justru sebaliknya, Anda dapat memilih gaya hidup sederhana dan hemat melalui metode-metode yang akan menambah nilai dan makna ke dalam kehidupan Anda.

Jadi, mari kita lihat kebiasaan-kebiasaan sederhana apa saja yang bisa kita lakukan sebagai cara hidup hemat dan bersahaja.

1. Buat anggaran keuangan

Membuat anggaran keuangan (budget) dan mematuhinya (please, jangan jadikan ini sebagai pajangan belaka) adalah kunci fundamental dari cara hidup hemat yang sukses. Meskipun membuat budget terkadang bisa jadi kegiatan yang kurang menyenangkan, hal yang satu ini dapat menjadi kepingan kritis dari puzzle kondisi finansial Anda. Dengan mengandalkan anggaran keuangan yang sudah Anda susun, Anda akan belajar untuk memprioritaskan hal-hal yang benar-benar penting bagi Anda serta mengurangi pengeluaran untuk keinginan belanja impulsif.

Beruntungnya, ada banyak strategi yang bisa Anda pelajari untuk membuat anggaran keuangan Anda sendiri. Pelajari lebih lanjut pada cara membuat anggaran untuk mahasiswa dan ibu rumah tangga yang satu ini, atau pada cara menjadi wanita hemat dan cerdas mengatur keuangan.

2. Masak dalam porsi besar

Jika di dalam artikel tips menghemat uang makan kami menyarankan Anda untuk membuat meal plan (rencana makan) sebagai cara hidup hemat khususnya dalam sektor makanan, maka kali ini kami akan menganjurkan Anda untuk selalu memasak dalam porsi besar. Mengapa begitu?

Setelah menghabiskan waktu seharian belajar di kampus atau meeting di kantor, mengerahkan seluruh energi yang tersisa untuk mengunjungi dapur dan menyajikan makan malam di meja tampaknya adalah satu kegiatan yang sia-sia. Ditambah lagi, memesan makanan cepat saji hanya akan menambah lemak di pinggang dan pengeluaran Anda.

Tapi, dengan memasak dalam jumlah besar, Anda akan benar-benar tertolong! Berapa banyak uang yang bisa Anda hemat tiap kali Anda menghabiskan waktu untuk menyiapkan jatah makanan untuk seminggu ke depan? Banyak, banyak sekali! Anda mungkin juga akan menyadari bahwa sebenarnya Anda suka memasak, kok – asalkan jika itu dilakukan hanya beberapa kali saja dalam seminggu.

3. Jual barang yang tidak diperlukan

Sebagian besar dari kita merasa bersalah saat menemukan beberapa barang yang sudah lama tidak terpakai menggunung begitu saja di sekitar rumah. Entah itu koleksi tas tangan keluaran merek terkenal atau buku-buku peninggalan masa sekolah, Anda tahu ini adalah saat yang tepat untuk menyingkirkan mereka sebagai cara hidup hemat berikutnya. Siapa tahu jika barang-barang bekas itu dapat memberikan Anda sedikit pemasukan tambahan sekaligus menjadi strategi yang bagus dari cara mendapatkan uang dengan cepat?

Beberapa tempat yang bisa Anda coba antara lain Facebook Marketplace, OLX, dan Carousell.

4. Beli barang bekas

Jika Anda mendapatkan akses untuk mendapatkan barang-barang bekas berkualitas dengan harga terjangkau, ini saatnya untuk beralih dari membawa pulang barang baru dengan menggunakan kembali barang bekas. Anda akan terkejut begitu mengetahui bahwa Anda dapat menghemat sejumlah uang dalam besaran yang signifikan dengan mengikuti cara hidup hemat ini. Kunjungi pasar loak atau marketplace barang bekas yang Anda ketahui untuk menemukan barang-barang bekas dengan mutu apik yang bisa ditebus dengan setengah harga (bahkan lebih!).

Namun, agar Anda tidak salah pilih, pastikan Anda sudah mempelajari tips belanja baju bekas, sepatu bekas, dan perkakas elektronik bekas.

5. Ganti bohlam lampu di rumah

Bohlam lampu LED menggunakan lebih sedikit energi listrik dibandingkan jumlah energi yang digunakan pada bohlam biasa. Ditambah lagi, bohlam lampu yang satu ini awet digunakan dalam jangka panjang. Seiring berjalannya waktu, penggunaan bohlam LED akan membantu Anda memangkas tagihan listrik dalam jumlah yang signifikan.

6. Kunjungi perpustakaan

Perpustakaan merupakan sebuah tempat luar biasa yang dapat memberikan Anda beragam bentuk hiburan – secara cuma-cuma! Tentu saja, tempat ini juga memiliki beragam pilihan buku. Ditambah lagi, sekarang makin berjamuran perpustakaan yang menyediakan koleksi film, majalah, dan permainan papan yang dapat Anda gunakan secara gratis. Jika Anda belum mendaftar sebagai anggota perpustakaan daerah di tempat tinggal Anda, jangan pikir panjang dan segera daftar sekarang juga!

7. Pilih opsi kencan murah meriah

Kencan bersama pasangan tidak melulu harus dilakukan di restoran mewah atau menonton film di bioskop tiap akhir pekan. Anda bisa memilih opsi kencan murah meriah sebagai bentuk nyata dari cara hidup hemat. Anda bisa mengundang pasangan ke rumah dan memainkan permainan papan, atau berjalan santai di sekitar kawasan tempat tinggal Anda.

Temukan cara-cara kreatif untuk menikmati momen kebersamaan sembari mengontrol agar budget Anda tidak “teraniaya”. Sebagai contoh, mungkin Anda ingin mengecek apa saja ide kencan seru nan murah meriah ini untuk Anda coba di malam Minggu nanti.

8. Cari pekerjaan part-time

Satu cara hidup hemat yang pasti akan mengubah kondisi keuangan Anda secara signifikan adalah dengan mencari pekerjaan sampingan untuk ibu rumah tangga ataupun pekerjaan yang bisa kamu lakukan sambil kuliah. Apabila saat ini Anda telah bergabung dengan perusahaan tertentu namun tetap menginginkan peluang kerja dari rumah, maka pertimbangkan untuk mencari pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan di rumah.

Ada beragam pilihan menarik yang bisa Anda temui. Yang terpenting adalah temukan pekerjaan yang menggugah minat Anda. Kalau tidak, Anda justru akan cepat merasa muak melakoni dua pekerjaan dalam jangka waktu panjang.

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca cara hidup hemat ini? Rupanya, hidup sederhana dan bersahaja tidak melulu melibatkan soal pengorbanan, kok. Anggap gaya hidup ini sebagai satu metode untuk menikmati hal-hal yang benar-benar berarti bagi Anda. Ketika Anda memiliki kondisi finansial yang cukup stabil, akan lebih mudah untuk mengeluarkan uang untuk hal-hal yang Anda cintai. Cobalah cara hidup hemat ini sesekali untuk mencari tahu mana dari kedelapan cara di atas yang bekerja paling efektif untuk Anda.