Berikut 10 Pekerjaan yang Bisa Kamu Lakukan Sambil Kuliah Ladies

28

Kehabisan uang di pertengahan menuju akhir bulan kerap mewarnai hari-hari seorang mahasiswa. Tinggal jauh dari orangtua dan sulit mengontrol pengeluaran menjadi penyebabnya.

Tak jarang beberapa mahasiswa harus makan mie instan di akhir bulan. Supaya tidak mengalami hal serupa dalam masalah ekonomi, maka kamu perlu menyiasatinya dengan berbagai Pekerjaan yang Bisa Kamu Lakukan Sambil Kuliah berikut.

  1. Barista

Menjamurnya coffee shop di kota-kota besar bisa kamu manfaatin untuk melamar pekerjaan. Kamu bisa mendaftar menjadi seorang barista yang meracik kopi maupun minuman lainnya.

Pendapatannya cukup besar untuk memenuhi kebutuhanmu sehari-hari. Bahkan pekerjaan ini juga bisa dijadikan salah satu tips menabung untuk mahasiswa hingga bisa mandiri secara finansial.

  1. Asisten dosen

Buat kamu yang bercita-cita menjadi dosen, menilik lowongan asisten dosen dapat jadi solusi. Tugas seorang asdos memang terbilang berat, yakni menggantikan dosen untuk mengajar. Namun kamu juga bisa belajar dari pengalaman tersebut.

  1. Content writer

Pekerjaan yang paling sering ditemukan di internet, content writer. Seorang content writer bertanggung jawab menghasilkan tulisan yang enak dibaca dan bermanfaat. Jika kamu memiliki kemampuan menulis yang ingin disalurkan, tantangan ini dapat dicoba. Siapa tahu, dengan banyak menulis artikel yang bermanfaat dan deep writing, kamu bisa menjadi wanita cerdas dan sukses.

  1. SPG atau SPB

Manfaatkan event-event besar yang diadakan di kotamu. Biasanya beberapa event membutuhkan tenaga freelance untuk jadi SPG ataupun SPB. Jangan salah, meskipun pekerjaan terbilang biasa saja, namun penghasilannya sangat tinggi lho.

Kamu pun bisa belajar aneka tips menjadi wanita yang menarik untuk menjadi SPG atau SPB yang profesional.

  1. Waiters

Tak masalah apapun pekerjaan, hal terpenting kamu bisa mendapat penghasilan sendiri. Bekerja sebagai waiters kerap dilakoni sebagian besar mahasiswa yang tinggal di perantauan. Meskipun pekerjaan dipandang sebelah mata, tapi kamu tak perlu berkecil hati.

  1. Ojek online

Memiliki kendaraan dan SIM (Surat Izin Mengemudi)? Daripada bengong, jadikan fasilitas tersebut untuk mengeruk pundi-pundi penghasilan.

Perusahaan ojek online tengah gencar mencari driver dengan pendapatan besar setiap harinya. Kamu bisa menggunakan waktu luang di sela kuliah untuk mencari konsumen.

  1. Web developer

Ilmu selama di bangku perkuliahan bisa kamu manfaatkan nih. Booming startup ternyata membuka peluang kerja baru. Ada banyak startup yang mencari seorang web developer part time.

  1. Tutor

Biasanya pekerjaan ini dilirik oleh mereka yang kuliah di bidang pendidikan atau ilmu eksak maupun bahasa asing. Jam kerjanya juga sangat fleksibel, dapat kamu sesuaikan dengan jam kuliah.

Serunya, dengan menjadi tutor yang sering belajar, membagi waktu dan tetap menjaga penampilan, kamu akan dapat menerapkan berbagai cara agar tampil menarik di kampus.

  1. Tour guide

Buat kamu yang tinggal di kota wisata, tangkap peluang tersebut untuk meraup untung. Kamu dapat menawarkan diri menjadi seorang tour guide kepada wisatawan lokal maupun asing. Jika sulit menemukannya sendiri, bergabunglah dengan perusahaan tour dan travel.

  1. Reporter

Siapa bilang reporter hanya untuk mereka yang telah menamatkan kuliah? Ada juga reporter part time yang diperbantukan oleh beberapa media nasional. Biasanya mereka mensyaratkan kemampuan foto serta menulis.

Di Indonesia, masih banyak platform berita yang siap menerima mahasiswa asal pekerjaannya baik. Inilah kelebihan wanita Indonesia dibanding negara lain yang diperoleh dari kemudahan aksesnya.

Sudah tak ada alasan lagi kehabisan uang di akhir bulan. Begitu banyak pekerjaan sampingan yang bisa kamu pilih di sela kesibukan kuliah. Selama ada kemauan, kamu bisa mengatur semua tetap berjalan lancar.

Konsisten saja pada tujuan awal untuk menyelesaikan pendidikan tanpa menyusahkan kedua orangtua.