Sponsors Link

9 Cara Menjadi Wanita Cerdas dan Sukses dalam Hal Apapun

Sponsors Link

menjadi wanita cerdas dan suksesMenjadi wanita cerdas dan sukses merupakan impian dari semua wanita. Bukan hanya hidup yang mapan, pria juga ternyata sangat mengidamkan wanita yang seperti ini. Dengan menjadi cerdas dan sukses, masa depan rumah tangganya kelak akan lebih mapan dibandingkan wanita yang belum memiliki karir yang cemerlang.

ads

Wanita cerdas dan sukses juga cenderung memiliki hak untuk lebih selektif dalam memilih pasangan hidupnya. Begitu juga dengan pria. Pria juga akan lebih memilih wanita yang lebih mapan, cerdas, dan sukses. Apa saja cara menjadi wanita cerdas dan sukses? Mari kita bahas.

1. Sarjana

Bagaimanapun mapannya karir yang sedang Anda jalani, jangan pernah mengenyampingkan kuliah. Bagaimanapun suksesnya orang tua Anda saat ini atau bagaimanapun susahnya keadaan orang tua Anda, Anda harus tetap kuliah.

Anda harus tetap memiliki pendidikan yang cukup untuk meneruskan dan menjalani hidup. Walaupun Anda memutuskan untuk menikah di usia muda, Anda harus tetap kuliah setelahnya. Tentunya dengan berbagai pertimbangan bersama suami Anda kelak. Tapi yakinkan dia kalau Anda harus tetap berpendidikan.

Walaupun nantinya Anda akan jadi ibu rumah tangga, pendidikan dan menjadi sarjana sangat penting untuk Anda. Ini tidak hanya berguna untuk mendapatkan gelar, tapi keseharian Anda bisa diukur dari tingkat pendidikan Anda. Misalkan Anda sedang mengobrol dengan istri pejabat, ataupun ibu sosialita lainnya, Anda bisa lebih nyambung dengan percakapan dan bahasan mereka.

2. Meniti Karir Semuda Mungkin

Meniti karir tidak mesti harus setelah sarjana atau saat kuliah. Sejak kecilpun Anda bisa meniti karir. Yang harus Anda persiapkan hanyalah bidang apa yang ingin Anda jalani dalam hidup ini. Pilihlah satu saja.

Habiskan seribu jam untuk menjadi ahli, itu menurut para motivator. Kalau kamu saja masih tidak tahu bidang apa yang ingin kamu tekuni, bagaimana kamu bisa meniti karir? Jadi, sangat penting untuk memahami bakat, minat, dan potensi yang kamu miliki.

Misalnya kamu memiliki minat dan potensi di bidang kepenulisan. Tidak perlu menunggu saat sarjana untuk meniti karir tersebut. Tekunilah sekarang, jangan menunda. Semakin Anda menunda, karir Anda akan semakin lama cemerlang.

Ketika Anda sudah mengetahui bidang apa yang ingin Anda tekuni, aktiflah dalam menjalaninya. Anda bisa meminta bimbingan dari para ahli atau orang yang lebih berpengalaman atau Anda bisa menjalaninya secara otodidak. Ikutlah berbagai grup atau perkumupulan yang sesuai dengan bidang Anda, entah itu grup di sosial media ataupun di dunia nyata.

ads

3. Menabung dan Berinvestasi

Ini sangat penting bagi Anda untuk mempersiapkan masa depan yang lebih gemilang. Meskipun uang bukan segalanya, tapi finansial bisa mempengaruhi bagaimana Anda di masa depan. Jika kamu merupakan ibu rumah tangga, carilah usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga.

Dengan memiliki tabungan yang entah itu dari hasil kerja keras sendiri atau orang tua, Anda bisa mempersiapkan masa depan Anda. Entah itu untuk biaya pendidikan, berbisnis, ataupun kesehatan.

Alangkah lebih baiknya kalau Anda juga ikut berinvestasi, misalkan investasi emas, tanah, atau properti lainnya daripada uang Anda hanya sekedar ditabung di bank.  Kalau Anda sudah memiliki investasi, maka uang Anda akan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Sehingga, Anda bisa lebih menjamin masa depan Anda.

Tidak hanya itu, Anda juga harus bijak dan tahu tips ibu rumah tangga mengatur keuangan jika Anda sudah berkeluarga. Sehingga keluarga Anda tidak akan terdesak dan kesulitan dalam hal finansial

4. Jangan Manja

Ini adalah poin penting untuk menjadi sukses dan cerdas. Jika Anda ingin menjadi wanita cerdas dan sukses, jangan manja. Anda tidak mau sekolah di tempat yang jauh padahal sekolah itu sangat bagus untuk pendidikan Anda. Anda tidak mau hanya karena takut merantau? Itu akan menghambat kesuksesan Anda.

Anda harus menjadi mandiri semuda mungkin. Anda harus terbiasa mengatur uang sendiri, mengurus pakaian sendiri, mengatur makan sendiri. Anda tidak boleh manja dan terus tergantung dengan orang tua Anda.

Menjadi mandiri tidak hanya dari segi itu, Anda juga harus secepatnya menjadi mandiri dalam segi finansial. Tantang diri Anda untuk memiliki penghasilan semuda mungkin. Mintalah modal pada orang tua Anda. Mulailah berbisnis atau gunakan untuk bidang yang ingin Anda tekuni dalam jangka pendek. Hasilkan uang dan segera kembalikan uang tersebut.

Ini tidak main-main, Anda harus mampu untuk menjadi sukses, Anda harus berani mengambil langkah yang terdengar menakutkan. Anda harus mencoba. Tidak boleh terus-terusan meminta pada orang tua Anda.
Dengan terbiasa hidup mandiri, maka Anda cenderung lebih berani dalam memutuskan keputusan sendiri. Tidak hanya itu, Anda bisa jadi lebih bijak dalam menyelesaikan masalah karena sudah terbiasa.

5. Rajin

Rajinlah dalam banyak hal. Kalau Anda masih pelajar, rajinlah belajar dan memperluas pengetahuan dan wawasan. Jika Anda sedang kuliah, rajinlah memperluas pergaulan dan pengalaman. Jika Anda sudah bekerja, rajinlah bekerja dengan memperkaya wawasan dan koneksi. Intinya, Anda harus berbuat lebih dari yang lain. Jika orang lain berbuat 100, Anda harus berbuat 150.

6. Perbanyak Pengetahuan

Pengetahuan tidak hanya bisa Anda dapatkan di sekolah, tapi dari semua lingkungan, kapanpun dan dimanapun. Anda harus mendapatkan pengetahuan yang sebanyak-banyaknya. Entah itu pengetahuan mengenai hal yang Anda sukai ataupun yang tidak Anda sukai. Anda harus proaktif, Anda tidak akan pernah tahu kalau mungkin saja pengetahuan tersebut akan Anda butuhkan di masa yang akan datang.

7. Perbanyak Koneksi

Anda hanya seorang ibu rumah tangga yang tidak punya banyak pergaulan? Perbanyaklah teman dan koneksi. Bertemanlah dengan siapa saja. Entah itu tukang becak, tukang sayur, atau siapapun. Anda tidak pernah tahu kebutuhan Anda di masa yang akan datang. Sehingga, dengan memperbanyak koneksi dengan orang dari berbagai kalangan dan tingkatan sosial, Anda bisa menjadi wanita cerdas dan sukses.

Sponsors Link

8. Mudah Menyesuaikan

Anda harus pintar dalam menyesuaikan diri. Entah itu menyesuaikan situasi, keuangan, ataupun pergaulan. Dengan begitu, Anda tidak salah dalam bersikap atau tenggelam di makan zaman. Anda harus berpikir dan bersikap proaktif dan terus bergerak maju. Jangan mau hanya ada di pojokan.

9. Menjaga Kesehatan

Kesehatan yang baik akan mempengaruhi bagaimana Anda di masa depan. Begitu juga dengan kesehatan yang buruk. Anda harus menjaga kesehatan Anda.

Hindarilah merokok dan pahami akibat merokok bagi wanita. Begitu juga dengan obesitas, pahami cara menguruskan badan dengan baik dan cara yang tepat.

Tidak hanya kesehatan tubuh, tapi Anda juga harus menjaga kesehatan pikiran, mental, dan hati Anda. Percuma Anda memiliki tubuh yang baik tapi mental yang buruk, kesuksesan Anda akan terhambat.

Itulah 9 cara menjadi wanita cerdas dan sukses. Bagaimanapun keadaan Anda sekarang, Anda masih memiliki kesempatan besar untuk menjadi sukses dan cerdas.

, , ,
Oleh :
Kategori : Karir dan Pekerjaan