Inilah 4 Tips Menghemat Uang Makan yang Harus Bunda Ketahui!

48

tips-menghemat-uang-makan

Mungkin tidak sulit bagi Anda untuk memotong anggaran demi nongkrong cantik di kafe atau budget TV kabel, tapi ada satu budget yang tidak mungkin Anda babat habis: makanan.

Kebutuhan pokok yang satu ini memang mahal. Saking mahalnya, uang belanja untuk makan sehari-hari saja bisa mengurangi 14% sampai 34% penghasilan bulanan Anda. Sebagai ibu rumah tangga yang berkewajiban mengatur arus kas keluarga, Anda tentunya tidak ingin membiarkan pengeluaran Anda di sektor satu ini membengkak. Anda dapat menggunakan tips menghemat uang makan berikut ini demi menghemat beberapa rupiah dari rekening tabungan Anda.

Dengan mengurangi anggaran keuangan Anda untuk membeli lebih sedikit makanan bukan berarti Anda serta-merta menjadi ibu yang menyepelekan faktor kesehatan keluarga. Kunci dari tips menghemat uang belanja makanan ini adalah mengubah kebiasaan belanja Anda menjadi lebih cermat untuk memanfaatkan budget Anda dengan sebaik-baiknya. Elaborasikan kesemuanya dengan tips ibu rumah tangga mengatur keuangan dan cara menjadi wanita hemat.

Jadi, apa saja tips menghemat uang makan yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi pengeluaran Anda kali berikutnya Anda berbelanja? Intip trik cerdasnya berikut ini.

1. Mulai dengan latihan memasak

Bukan rahasia umum lagi jika makanan rumahan jauh lebih sehat, higienis, dan ekonomis dibandingkan makanan yang dibeli dari restoran, dipesan melalui drive-thru atau food delivery, maupun makanan cepat saji. Masalahnya, proses memasak yang umumnya cukup memakan waktu tampaknya menjadi momok tersendiri bagi ibu jaman now (apalagi bagi ibu rumah tangga yang selalu mengandalkan bantuan ART atau katering).

Masak itu gampang! Yang perlu Anda siapkan adalah resep masakan yang simpel (seperti resep sarapan kreasi salad rekomendasi kami ini) dan mudah dibuat dengan beberapa bahan sederhana, itu saja!

Menyajikan sendiri makanan untuk dikonsumsi sehari-hari menjamin Anda untuk menyediakan makanan bernutrisi dan sehat bagi tubuh. Pun, jika Anda belanja bahan makanan di supermarket, ada kemungkinan Anda dapat menghemat lebih banyak uang dengan promosi dan sale yang ditawarkan. Tentunya, makanan Anda jauh lebih murah daripada apa yang biasanya Anda santap di luar. Tips menghemat uang belanja makanan ini juga membantu Anda untuk mempelajari keterampilan masak baru, lho.

2. Buat meal plan dan ikuti rencana tersebut

Merencanakan menu makanan Anda dan keluarga sehari-hari adalah tips menghemat uang belanja makanan yang bukan cuma menghemat pengeluaran Anda, namun juga menghemat waktu Anda. Sekali dalam seminggu, sisihkan waktu Bunda untuk merencanakan menu apa saja yang akan Bunda siapkan dalam sepekan ke depan.

Membuat meal plan tidak sulit, kok! Jika Anda masak dalam porsi besar, Anda dapat menyimpannya di kulkas supaya awet, dan menghangatkannya sebelum disajikan kembali.
Proses ini bukan sekadar menjamin berkurangnya jumlah uang yang terbuang sia-sia ketika Anda berbelanja bahan makanan, namun juga mengedepankan segi efektivitas waktu dan kemudahan menyajikan makanan dalam waktu singkat. Oh ya, sudahkah kami memberi tahu Anda bahwa menyimpan makanan dalam jumlah besar juga termasuk dalam tips berhenti hidup boros?

3. Siapkan daftar belanjaan

Tidak jarang kita berbelanja melebihi budget yang sudah kita tetapkan. Kita membeli lebih banyak dari apa yang sanggup kita telan, dan tidak jarang kita kehilangan kendali dalam memutuskan apa yang harus kita beli. Untuk itulah kita butuh mengandalkan daftar belanjaan. Benda penting yang satu ini menjaga kita dari keinginan untuk belanja lebih dari yang seharusnya.

Kedengarannya sepele dan sangat sederhana, tapi bagian krusial dari tips menghemat uang makan ini tidak bisa diremehkan begitu sana. Berapa kali Anda mengingkari janji untuk hanya membeli bahan makanan pokok, yang pada ujungnya justru berakhir dengan membeli terlalu banyak item yang tidak Anda butuhkan? Jadi, lain kali sebelum Anda mengunjungi pasar atau supermarket, buatlah daftar belanjaan singkat untuk mencegah Anda berfoya-foya.

4. Ambil brosur supermarket

Pernahkah Anda melihat tumpukan brosur atau selebaran tiap kali Anda memasuki supermarket di daerah Anda? Lain kali ketika Anda melihat selebaran tersebut, jangan dilewatkan begitu saja: ambil satu dan bawa pulang!

Anda dapat menemukan potongan kupon atau info seputar promosi dan sale yang diadakan oleh minimarket di kawasan tempat tinggal Anda. Selain itu, brosur ini juga dapat memandu Anda untuk menentukan bahan makanan apa yang harus Anda beli untuk waktu tertentu.

Bagaimana, Bunda? Tips menghemat uang makan dan mengurangi jatah belanjaan Anda rupanya tidak sesulit yang Anda khawatirkan, ‘kan? Memang, tips menghemat uang makan ini akan memakan lebih banyak waktu dan tenaga (serta jangan lupakan soal kedisiplinan Anda) daripada membeli makanan di luar, namun percayalah: it works!