Yuk Ikuti 7 Cara Agar Kutu Rambut Musnah Secara Alami dan Efektif

40

Tentu sangat menyebalkan kalau rambut kita terjangkiti kutu. Kulit kepala jadi terasa tidak nyaman karena gatal yang berlebihan. Ditambah lagi, kehadiran kutu jika sudah parah akan memunculkan ruam merah pada bagian leher belakang dan belakang telinga.

Apalagi telur kutu akan sangat mengganggu penampilan karena nampak seperti ketombe. Padahal rambut yang cantik dan bersih adalah salah satu rahasia menaklukan pria.

Penyebab munculnya kutu pada rambut biasanya karena kurangnya menjaga kebersihan atau tertular dengan orang lain memiliki kutu rambut. Oleh karena itu, sangat penting melakukan beberapa Cara Agar Kutu Rambut Musnah dan tak datang lagi.

  1. Gunakan Sisir Serit

Alat yang paling umum digunakan untuk membasmi kutu rambut adalah sisir serit. Sisir ini memiliki gigi yang lebih rapat jika dibanding sisir biasanya sehingga kutu rambut akan menyangkut ke serit.

Sebelum bersisir memakai serit, sebaiknya lumasi dulu rambut menggunakan conditioner produk kosmetik lokal agar kutu mudah menempel ke serit.

  1. Basuh Rambut dengan Air Beras

Air cucian beras ternyata bermanfaat untuk memusnahkan kutu dan telurnya lho. Caranya gampang, tinggal sisihkan air cucian beras yang pertama lalu gunakan untuk membasuh rambut yang kutuan.

Lalu, selagi masih basah bungkuslah rambut  dengan handuk atau kain lain selama satu jam. Setelah itu bilas hingga bersih. Lakukan rutin setiap hari agar kutu hilang tak bersisa.

  1. Olesi dengan Biji Srikaya

Biji srikaya mengandung minyak yang berasal dari asam lemak dan senyawa lain. Minyak tersebut ampuh untuk membunuh kutu dan telurnya. Caranya mirip dengan cara masker rambut dengan lidah buaya.

Pertama, tumbuk biji srikaya sampai halus. Perlu satu mangkok tumbukkan biji srikaya agar dapat memperoleh sari minyaknya. Lalu, olesi rambut dengan minyak tersebut dan dan bungkus rambut dengan handuk atau kain. Diamkan selama satu malam.

  1. Keramas Menggunakan Air Lemon

Selain mengandung vitamin C yang tinggi, dalam buah lemon juga terdapat 5% asam sitrat yang berguna untuk memusnahkan kutu rambut. Caranya, siapkan sekitar setengah cangkir perasan air lemon.

Kemudian basuhkan pada rambut sampai kulit kepala. Selagi masih basah, bungkus rambut dengan handuk selama setengah jam. Lalu sisir rambut dengan serit.

  1. Gunakan Minyak Kelapa

Kandungan vitamin E yang tinggi pada minyak kelapa dapat dimanfaatkan untuk merawat rambut termasuk mengatasi kutu. Apalagi terdapat kandungan asam laurat, asam kaprilat, dan asam kaprat yang bisa melicinkan folikel rambut agar telur kutu tak bisa menempel lagi.

Minyak kelapa bersifat sebagai anti-bakteri yang menghambat pertumbuhan kutu dan meminimalisir iritasi kulit kepala. Minyak alami ini juga berguna sebagai cara merawat rambut kering dan kusam lho.

  1. Basahi Rambut dengan Garam

Salah satu penyebab tumbuh suburnya kutu di rambut adalah karena kondisi rambut yang selalu berminyak. Nah, garam ternyata mampu menyerap minyak di kulit kepala. Penggunannya mudah, pertama larutkan garam dengan air.

Lalu basahi rambut menggunakan air garam tadi sambil dipijat lembut. Bungkus rambut dengan handuk dan diamkan sekitar 2 jam. Setelah itu bilas rambut sampai bersih. Rutinkan dalam seminggu minimal tiga kali.

  1. Balur Rambut dengan Air Rebusan Daun Sirsak

Daun sirsak memiliki sifat sebagai anti-bakteri sehingga cocok untuk memusnahkan kutu rambut. Cara menggunakannya cukup dengan merebus 5 sampai 10 helai daun sirsak. Setelah mendidih, biarkan airnya dingin lalu balurkan ke rambut.

Diamkan kurang lebih 2 jam kemudian bilas sampai bersih lalu bersiaplah dengan cara tampil cantik dan menawan dengan rambut bersih. Nah itu dia Cara Agar Kutu Rambut Musnah dijamin kutu rambut gak mau datang lagi!