Suka Mengoleksi Buku? Begini 6 Cara Merawat Buku agar Tidak Jamuran Ladies

Bagian paling seksi dari seorang perempuan adalah otaknya. Perempuan dengan memiliki pemikiran tentu lebih menyenangkan dan asyik sebagai teman bicara bahkan teman hidup. Misalnya Maudy Ayunda yang sukses dengan pendidikannya.

Salah satu hal yang bisa kita teladani dari Maudy Ayunda adalah kesukaannya belajar dan membaca. Perempuan-perempuan cerdas pastilah hobi membaca dong. Nah, bagi kalian perempuan yang suka membaca, pasti menganggap buku sebagai aset yang sangat berharga. Bahkan lebih berharga dari uang, karena buku berisi ilmu dan pengetahuan.

Oleh karena itu, tentu sangat penting untuk menjaga buku agar kondisinya tetap baik. Salah satu hal yang biasa merusak buku yaitu jamur. Jamur pada buku bentuknya serupa benang-benang halus yang melekat di sampul atau dalam buku.

Jamur akan mengakibatkan buku menjadi berbau dan menguning bahkan berangsur menjadi coklat. Selain itu, jika Anda memegang buku yang berjamur, partikel jamurnya dapat masuk menginfeksi tubuh Anda.

Buku yang jamuran tentu akan menghambat manfaat membaca buku pada anak maupun Anda sendiri. Sangat menyeramkan bukan dampak jamur buku? Untuk itulah, simak beberapa Cara Merawat Buku agar Tidak Jamuran berikut ini agar jamur enggan menghampiri rak buku Anda.

  1. Kondisikan Rak Penyimpanan Buku

Koleksi buku bisa diletakkan di lemari yang terbuka maupun tertutup. Jika Anda menyimpan buku di rak terbuka, maka pastikan rak tersebut tidak gampang terkena kotoran, air, dan debu.

Jika menyimpan di lemari tertutup, maka jangan terlalu rapat menutupnya agar ada ruang untuk udara masuk. Lemari yang terlalu rapat akan membuat kondisi lembab dan jamur mudah muncul dalam kelembaban.

  1. Taburkan Baking Soda

Baking soda tak hanya untuk membuat roti atau bahan resep kue lebaran yang mudah dibuat, namun bisa mengatasi jamur buku. Caranya, masukkan buku-buku ke dalam kardus lalu taburkan baking ke soda.

Kemudian letakkan kardus tadi di tempat yang menerima angin selama 3 hari. Setelah itu jamur yang sempat tumbuh akan mati dan buku menjadi tidak bau lagi. Jangan lupa bersihkan sisa baking soda yang mungkin melekat di buku lalu simpan kembali buku ke rak.

  1. Pastikan Tangan Bersih Sebelum Menyentuh Buku

Ini adalah tips paling dasar dan sederhana yang banyak diabaikan banyak orang. Setelah beraktivitas seharian, tentu tangan kita akan tertempeli debu, bakteri, dan zat lain. Bahkan setelah makan biasanya masih tersisa lemak makanan yang menempel ke tangan.

Padahal, zat-zat tersebut dapat memicu munculnya jamur yang membuat buku kuning. Untuk itu, biasakan bersihkan tangan sebelum menyentuh dan membaca buku.

  1. Gunakan Rak atau Pembungkus Berbahan Plastik

Usahakan untuk tidak menyimpan buku di rak berbahan kayu, karena kayu yang memungkinkan menjadi tempat tumbuh jamur bahkan rayap sehingga akan merusak buku. Jika terpaksa memakai kayu, gunakan bookend pembatas plastik.

Hindari juga menyimpan buku dalam kardus, karena kardus mengandung zat asam yang bisa menguningkan buku. Jika adanya hanya kardus, lapisi dulu buku dengan bubble wrap agar tak terkontaminasi asam kardus.

5. Pisahkan Buku yang Sudah Jamuran

Jika sudah ada buku yang terkontaminasi oleh jamur, segera pisahkan dengan buku lainnya. Karena jamur akan menyebar dan menular ke buku lainnya jika posisinya berdekatan.

Untuk itu, sangat penting agar rutin memeriksa buku sebulan atau 2 bulan sekali sebagai alternatif cara menghilangkan bosan di rumah. Jika menemukan buku jamuran dan menguning, pisahkan ke tempat khusus.

  1. Gunakan Cabai Merah Kering

Cabai merah tak hanya dapat digunakan untuk bahan memasak resep sarapan praktis, namun juga untuk membasmi jamur buku. Selain itu, cabai merah kering juga dapat menghilangkan bau pada buku akibat lama disimpan.

Caranya, tinggal selipkan cabai merah kering di halaman buku, maka jamur pun takut datang. Nah itu dia Cara Merawat Buku agar Tidak Jamuran bagi kamu pengkoleksi buku supaya bukumu tetap awet dan tahan lama.