5 Cara Ampuh Mengatasi Ketombe Berlebih pada Rambut Secara Alami

48

Semua wanita melakukan berbagai cara menjadi wanita cantik natural untuk dapat tampil sempurna. Pakaian sudah disiapkan dengan rapi, celana sudah licin dan sepatu sudah disemir dengan mengkilap.

Ternyata tampilan sempurna tersebut rusak karena adanya ketombe di rambut Anda. Ketombe akan bisa mencolok ketika digaruk dan jatuh di kerah baju, atau bagian atas sehingga akan timbul rasa malu.

Bagi Anda yang sedang mengalami rambut berketombe, berikutCara Ampuh Mengatasi Ketombe Berlebih pada Rambut :

    1. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal memiliki banyak manfaat karena terdapat kandungan protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Sehingga dapat membuat rambut berkilau, menghitam, mencegah rontok, menguatkan akar rambut dan cukup ampuh untuk menghilangkan ketombe yang ada di rambut.

Bagi Anda yang ingin menikmati menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan ketombe dengan cara masker rambut dengan lidah buaya. Caranya cukup mudah dilakukan. Pertama haluskan daging lidah buaya secukupnya.

Kemudian ratakan ke rambut hingga ke kulit kepala. Agar meresap, pijak dengan lembut kepala Anda. Serta langkah terakhir, biarkan selama 30 menit. Setelah selesai bilas dengan air.

    1. Daun Sirsak

Sirsak tidak hanya dimanfaatkan buahnya, tetapi daunnya juga bisa bermanfaat. Hal ini dikarenakan kandungan daun sirsak bermanfaat bagi kesehatan yaitu acetogenin. Kandungan ini merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik sehingga bisa membunuh racun di dalam tubuh.

Oleh sebab itu, daun sirsak dapat membunuh serangga atau parasit sehingga digunakan untuk cara agar kutu rambut musnah, termasuk membasmi ketombe yang ada di rambut.

Cara mengolah daun sirsak agar bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe di rambut yaitu, pertama-tama harus menyiapkan beberapa helai daun. Kemudian tumbuk hingga halus dan tambahkan sedikit air.

Gunakan hasil tumbukan tersebut untuk mengolesnya ke rambut hingga ke kulitnya. Biarkan selama 30 menit, setelah itu bilas hingga bersih.

    1. Jeruk Nipis

Jenis jeruk satu ini memiliki kandungan vitamin C yang begitu kaya. Selain itu, ada kandungan vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan gula.

Dengan kekayaan kandungan tersebut, jerun nipis mampu memiliki dampak yang baik bagi rambut, di antaranya mampu untuk menebalkan rambut sehingga bisa mencegah dan mengatasi kebotakan. Selain itu pula bisa membasmi ketombe sehingga kelebihan wanita berambut panjang semakin maksimal.

Pengolahan jeruk nipis untuk rambut sangat mudah, pertama Anda bisa memeras buah jeruk nipis. Kemudian campurkan dengan air secukupnya. Dan oleskan pada rambut, setelahnya tunggu hingga beberapa menit hingga meresap. Dirasa sudah cukup, Anda bisa membilasnya dengan air hingga bersih.

    1. Minyak Kemiri

Minyak Kemiri memang terkenal sebagai minyak penyubur rambut. Minyak kemiri bisa digunakan sebagai cara merawat rambut kering dan kusam. Nah, kegunaan lainnya bisa menghilangkan ketombe secara natural tanpa berefek samping pada rambut.

Cara mengolah minyak kemiri sangat mudah, pertama langsung gunakan minyak kemiri sebelum keramas. Lakukan pijatan hingga sampai ke kulit kepala secara merata. Dan biarkan selama 30 menit, setelahnya bilas dengan air bersih.

    1. Lemon

Lemon juga bisa menghilangkan ketombe di rambut Anda. Kandungan yang ada di buah ini tidak jauh berbeda dengan jeruk nipis. Untuk cara pengolahannya juga sama sehingga bagi Anda yang memiliki Lemon di rumah, bisa memanfaatkan secara maksimal.

Nah itu dia Cara Ampuh Mengatasi Ketombe Berlebih pada Rambut Secara Alami agar rambut tetap sehat dan cantik sepanjang hari.