3 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat Secara Alami

218

Cara Menghilangkan JerawatCara mempercantik wajah tanpa make up salah satunya adalah tentu dengan memelihara kebersihan kulit agar selalu tampak mulus dan bercahaya. Tapi, bagaimana jika kulit tidak mulus karena adanya jerawat dan bekasnya yang menyebalkan? Jerawat tentunya jadi momok besar bagi sebagian besar wanita baik dari usia muda hingga tua. Untungnya, tidak terlalu susah kok cara menghilangkan jerawat agar kulit selalu tampil mulus karena beragam bahan anti-jerawat bisa ditemukan dengan mudah di rumah. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk mendapatkan kulit halus bebas jerawat dengan cepat, dan tentu saja, alami.

1. Cuci muka dengan baik dan benar

Dalam cara tampil cantik dan menawan yang pernah kami tulis, disana dibahas tentang pentingnya memiliki kulit yang bersih, baik dari noda ataupun penyakit. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, semuanya dimulai dengan mencuci muka. Tapi, bukan sekadar mencuci muka, ya. Ada beberapa tahap yang harus diperhatikan dengan benar, yaitu:

  • Pilih sabun cuci muka sesuai dengan jenis kulit. Untuk kulit berjerawat, Anda harus memilih sabun cuci muka yang lembut dan tidak mengiritasi kulit karena saat berjerawat, kondisi kulit cukup sensitif. Pastikan produk tersebut bebas alkohol dan hindari menggunakan sabun cuci muka dengan scrub.
  • Basuh wajah dengan air hangat. Jangan gunakan air dingin karena dapat menyumbat pori-pori kulit. Dengan menggunakan air hangat, maka pori-pori dapat terbuka dan kotoran, minyak, serta bakteria yang terjebak di dalamnya dapat keluar dengan mudah.
  • Cuci wajah dengan lembut dan hindari menggosok kulit dengan kasar. Mungkin hal ini terlihat seolah membersihkan kulit hingga ke dalam, namun hal yang terjadi sebenarnya adalah Anda hanya mengiritasi kulit.
  • Aplikasikan pelembab (moisturizer) setelah mencuci muka. Mitos yang banyak beredar di masyarakat adalah dilarangnya penggunaan pelembab untuk kulit yang sedang berjerawat. Jika kulit Anda terdehidrasi, beri kulit asupan kelembaban yang dibutuhkan dengan mengaplikasikan moisturizer sesuai kebutuhan. Yang jadi rekomendasi untuk kulit berjerawat adalah Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel 92% karena selain melembabkan kulit, ia juga dapat mengurangi kemerahan dan meredakan nyeri pada jerawat.
  • Jangan mencuci muka secara berlebihan. Jumlah yang disarankan per hari adalah maksimal 2 kali, dan tidak lebih dari itu untuk mencegah terjadinya iritasi kulit.

2. Gunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan jerawat

Cara mengatasi wajah breakout atau jerawat dengan jumlah yang sangat banyak dapat dengan mudah Anda temukan bahan-bahannya dari alam. Bahkan, tidak menutup kemungkinan beberapa bahan tersebut dapat Anda temukan di dalam kulkas sekarang!

  • Air perasan lemon. Bekerja sebagai disinfektan, air perasan lemon dapat membunuh bakteri yang menimbulkan jerawat. Selain itu, sari lemon juga membantu untuk memperlancar sirkulasi darah, yang mana secara otomatis semakin mempercepat alur penyebaran nutrisi ke seluruh tubuh yang juga mempercepat penyembuhan jerawat. Caranya mudah: siapkan satu buah lemon dan ambil air perasannya. Gunakan cotton bud untuk mengoleskan sari lemon pada jerawat. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hingga bersih. Lakukan 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Selain itu, untuk efek yang lebih signifikan, selang-seling juga dengan merasakan manfaat The Ordinary Alpha Arbutin untuk menghilangkan bekas jerawatnya.
  • Madu. Madu dianggap sebagai salah satu bahan alami yang dapat menghilangkan jerawat karena mengandung ekstra anti-bakteri, bahkan telah direkomendasikan oleh banyak pakar kecantikan serta beauty blogger (seperti Elin Ivana). Perlu diperhatikan bahwa Anda harus menggunakan madu asli atau madu hutan dalam cara menghilangkan jerawat ini, bukan madu campuran yang sudah mengalami perubahan komposisi. Langkah-langkahnya: siapkan madu asli. Oleskan ke seluruh wajah sebagai masker dengan ketebalan sedang. Tunggu sampai 30 menit, kemudian bilas hingga bersih.
  • Cuka apel. Cuka apel membantu menyeimbangkan kadar pH dalam kulit, dan penggunaan secara rutin diklaim dapat bertindak sebagai hydrating toner yang bagus agar kulit cerah dan bebas noda jerawat. Caranya: tuangkan 1/2 cangkir cuka apel dan 1/2 gelas air ke dalam botol yang sudah dibersihkan sebelumnya. Tutup botol dan kocok perlahan untuk mencampur dua bahan tersebut. Kemudian, tuangkan sedikit cairan campuran cuka apel dan air pada kapas dan oleskan pada jerawat. Simpan¬†toner rumahan tersebut di tempat yang kering, sejuk, dan terhindar dari sinar matahari langsung.
  • Tomat. Kaya akan antioksidan serta vitamin A dan C, tomat tak hanya bekerja sebagai bahanutama dalam cara menghilangkan jerawat secara cepat dan alami, namun juga memiliki multifungsi sebagai skincare untuk kulit berminyak dan kusam. Tomat juga dapat mengempeskan jerawat dan menutup pori-pori yang terbuka. Caranya cukup mudah dan termasuk cepat: Potong tomat jadi dua bagian, oleskan bagian daging tomat pada kulit. Pijat kulit wajah agar sari tomat terserap sempurna ke dalam kulit. Buang tomat yang sudah digunakan. Untuk hasil yang memuaskan, ulangi cara tersebut dua kali dalam sehari.

3. Mengatur pola makan dan diet

Cara menghilangkan jerawat berikutnya adalah dengan mengatur apa saja nutrisi yang Anda masukkan ke dalam tubuh. Ingat, you are what you eat, Anda adalah apa yang Anda makan. Kulit Anda adalah cermin yang menunjukkan langsung seperti apa cara Anda merawat diri, apakah Anda memberikan nutrisi yang cukup atau tidak. Jadi, percuma saja jika Anda bersusah payah menerapkan perawatan wajah berjerawat a la Korea jika Anda tidak mengontrol pola makan dan diet Anda.

Beberapa yang perlu Anda perhatikan antara lain:

  • Minum cukup air. Tubuh kita 90% terdiri dari air, jadi penting untuk mengonsumsi air secara dengan cukup karena air adalah bagian terpenting dari kita. Air mengalirkan racun keluar dari tubuh serta memperlancar sirkulasi darah, yang mana keduanya sangat bagus untuk melawan pertumbuhan jerawat. Selalu minum air jika Anda mulai merasa haus dan jangan menunda-nunda. Cara yang paling gampang untuk mengetahui cukup atau tidaknya air yang Anda konsumsi adalah dengan mengecek warna kencing Anda: makin jernih atau bening, maka makin sehat kondisi tubuh Anda.
  • Perbanyak mengkonsumsi protein. Di samping rajin mengaplikasikan obat jerawat topikal (seperti produk Oxy yang sangat direkomendasikan, misalnya), Anda juga perlu mengkonsumsi cukup protein. Protein tersebut sangat dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen, yang mana kolagen tersebut penting untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi dan sehat. Contoh makanan kaya protein antara lain: makanan hasil laut, hasil olahan susu (mentega, yogurt, keju), telur, kacang-kacangan dan kedelai.
  • Kurangi konsumsi gula. Gula memicu produksi insulin dalam tubuh, yang mana secara otomatis dapat meningkatkan produksi minyak dalam kulit. Hindari mengkonsumsi makanan dari restoran cepat saji dan yang mengandung banyak gula (soda, yogurt rasa buah, selai, permen, es krim, puding).

Ketiga inti utama dari cara menghilangkan jerawat sekaligus bekasnya yang telah kami paparkan di atas adalah yang paling ringkas dari tips-tips yang pernah dibagikan di luar sana. Dengan memperbaiki cara Anda mencuci wajah, kemudian beralih menggunakan bahan-bahan organik dalam pengobatan jerawat, serta mengontrol asupan makanan Anda, maka bukan suatu hal yang mustahil jika jerawat membandel dapat segera dibasmi dalam waktu singkat. Selamat mencoba dan semoga sukses!