Belum Berniat Menikah? Inilah 6 Cara Menolak Lamaran Pria dengan Benar

240

Menjalin suatu hubungan seharusnya memang memiliki prospek masa depan. Bertujuan untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius. Sayangnya terkadang sulit menemukan kesiapan menuju pernikahan padahal pasangan sudah sangat siap mengambil langkah tersebut.

Biasanya ketidaksepahaman seperti ini bisa berdampak buruk untuk hubungan. Sebelumnya kamu juga perlu tahu alasan pria ingin cepat menikah dan alasan pria ragu menikahi wanita.

Lalu bagaimana jika dia melamarmu? Oleh sebab itu kamu wajib membaca tujuh cara menolak lamaran pria dengan benar terutama jika dia sudah mengajakmu lebih dulu sebelum kamu mengatakan perasaanmu. Yuk simak ulasannya berikut ini!

    1. Ketika menolak, ungkapkan alasanmu dengan jelas

Menolak lamaran bukanlah suatu dosa besar kok. Hanya saja pastikan kamu memiliki alasan yang logis dan masuk akal kenapa kamu sampai meolak lamaran pria tersebut. Bicarakan secara perlahan agar dia tidak merasa terluka dengan penolakanmu.

Ungkapkan kekhawatiran yang kamu rasakan serta berbagai pikiran-pikiran yang membuatmu belum memiliki niat untuk menikah. Siapa yang tahu setelah mengungkapkan semua keluh kesahmu, kalian bisa memutuskan langkah selanjutnya.

    1. Bersikaplah lebih tegas

Hal kedua yang perlu kamu lakukan adalah bersikap tegas. Mungkin sebenarnya kamu tidak tega menolak lamarannya, tetapi di sisi lain kamu juga tidak dapat membohongi dirimu sendiri. Kamu belum siap untuk melangkah ke jenjang tersebut.

Cobalah tenang dan fokuskan pikiranmu. Jangan sampai sikap seperti malah menggantungnya. Bayangkan kalau kamu yang ada di posisi pria tersebut bagaimana perasaanmu.

Meskipun begitu ada baiknya kamu memahami ciri pria serius menikah serta cara mengetes pria serius atau tidak.

    1. Katakan sejujurnya sebelum dia datang menemui orang tuamu

Kamu akan sulit menolak jika dia sudah terlanjur menghadap kepada orang tuamu. Apalagi kalau dia sampai membawa keluarganya. Oleh sebab itu, sebelum terlambat kamu sebaiknya menyampaikan pendapat dan pandanganmu lebih awal. Tentang bagaimana respon selanjutnya, itu terserah dia. Kamu juga tidak ingin berlarut-larut kan?

    1. Jangan bersikap seolah kamu senang ketika dia melamar

Cara ini mungkin memang terdengar sedikit jahat dan kasar. Tetapi jika kamu memasang ekspresi berseri-seri seolah kamu bahagia itu justru memberinya harapan. Lalu kira-kira bagaimana rasanya ketika sudah memiliki harapan dan ternyata kenyataan justru jauh berbeda? Menyakitkan bukan? Jadi kalau kamu memang tidak berniat menerima, sebaiknya pasang saja muka kaget.

    1. Hindari permohonan bersayarat

Beberapa alasan yang membuat mengajukan syarat untuk menerima lamarannya mungkin karena kamu merasa terdesak atau dilandasi perasaan iba. Tetapi tanamkan baik-baik agar kamu jangan sampai melakukan hal tersebut sekalipun berada dalam kondisi terdesak. Itu sama saja kamu mencintai secara terpaksa dan tanpa keikhlasan.

    1. Ucapkan terima kasih sebelum menolak

Meskipun menolak lamaran, jangan sampai kamu melupakan niat baik darinya. Setidaknya hargai usaha dan keberaniannya mengajakmu menuju jenjang lebih serius. Minimal ucapkan terima kasih dan penghargaanmu atas usahanya.

Setelah itu mulailah jelaskan secara perlahan mengenai apa yang kamu pikirkan dan bagaimana perasaanmu sebenarnya. Baru kemudian katakan bahwa kamu sebenarnya belum memiliki niat untuk menikah.

Mungkin kamu bingung mengenai alasanmu menolak, oleh sebab itu terlebih dahulu pahami mengenai alasan wanita menolak pria yang matia-matian mengejernya.

Itulah enam cara menolak lamaran pria dengan baik dan benar jika kamu belum siap menikah. Apapun itu pertimbangkan dengan baik. Semoga bermanfaat!