Hentikan 5 Kebiasaan Buruk Perusak Kesehatan Rambut Ini, Cewek Wajib Baca!

42

kebiasaan-buruk-perusak-kesehatan-rambut

Rambut yang lebat, panjang, dan kuat – cewek mana yang enggak mengidamkan rambut seperti itu? Dengan rambut yang sehat, sepertinya rasa percaya diri kita bisa langsung meningkat secara dramatis ya, Girls. Tapi, coba kamu cek dulu, deh. Apa kamu yakin kalau semua proses perawatan rambutmu tergolong dalam cara-cara yang dapat menjaga kesehatan rambut? Atau, justru merusak kesehatan rambut?

Tahukah kamu? Rambut rusak membutuhkan waktu yang sangat lama sampai bisa “disembuhkan” kembali. Ada banyak kebiasaan buruk perusak kesehatan rambut yang wajib kita tahu sebelum terlalu terlambat untuk menyelamatkan mahkota kita. Cari tahu apa saja kebiasaan buruk itu melalui daftar di bawah ini, serta penjelasan komplet mengapa kebiasaan tersebut berpotensi membahayakan kecantikan rambut kita. Check it out!

1. Terlalu sering mengikat rambut dengan gaya kuncir kuda

Mengikat rambut terlalu kencang bisa mengakibatkan rambut patah lho, Girls, dan resikonya lebih besar pada rambut yang sering dicat daripada rambut normal. Tanda-tanda rambut patah pada rambut yang terlalu sering diikat dengan gaya kuncir kuda umumnya paling terlihat pada daerah puncak kepala.

Kalau kamu terlalu sering mengikat rambut dengan model yang satu ini, lama kelamaan bisa menimbulkan kerusakan pada folikel rambut dan berpotensi berujung pada rambut rontok tipe traction alopecia. Dilansir dari situs Honestdocs.id, jenis kerontokan rambut yang satu ini disebabkan oleh rambut yang ditarik dengan kencang berulang kali. Dalam kasus ekstrem, kerontokan rambut dapat bersifat permanen alias enggak bisa disembuhkan sama sekali! Hii, ngeri ya!

Kalau sudah begitu, atasi dengan cara menebalkan rambut wanita supaya rambut kamu bebas rontok dan patah secara alami.

2. Jarang merawat rambut

Yang dimaksud dengan merawat rambut disini enggak cuma perawatan yang biasanya kamu lakukan di salon, namun juga termasuk perawatan sehari-hari yang dilakukan di rumah. Kebanyakan perempuan menghabiskan terlalu banyak waktu dan uang di salon, tapi mereka sama sekali enggak berniat untuk menginvestasikan uang mereka pada produk perawatan rambut berkualitas tinggi yang bisa dipakai di rumah. Ini salah besar, lho.

Produk-produk perawatan rambut yang dijual di pasaran memang memiliki harga yang jauh lebih terjangkau dibanding produk perawatan rambut yang hanya bisa ditemukan di salon. Tapi, dengan harga yang murah itu tentunya ada resiko yang bersembunyi di baliknya. Enggak jarang pada komposisinya terdapat bahan-bahan yang tergolong “keras” jika digunakan pada rambut.

Kalau kamu tetap segan menginvestasikan uangmu pada produk-produk high end, siasati dengan beralih ke bahan alami yang efektif atasi masalah rambut rontok, kusam, lepek – semua masalah rambutmu!

3. Malas mengaplikasikan masker rambut

Dilansir dari situs Hellogiggles, alangkah baiknya jika rambut juga rutin diberi masker sebagaimana kita rutin mengaplikasikan masker untuk kulit wajah kita. Mayoritas wanita mengaku mereka enggak punya waktu untuk mengindahkan kebiasaan buruk perusak kesehatan rambut yang ketiga ini. Kalau begitu, kenapa enggak mencoba multitasking saja? Sebelum mencuci baju atau melakukan pekerjaan rumah lainnya, oleskan masker rambut pilihanmu terlebih dahulu dan biarkan selama kurang lebih satu jam. Jangan lupa dibilas, ya. (Tips: rasakan sendiri manfaat madu untuk perawatan rambut sebagai masker  alami, dijamin rambutmu tampak berkilau dalam waktu instan!)

4. Menyisir rambut basah

Rambut kita berada pada titik terlemahnya ketika sedang basah. Oleh karena itu, jangan merapikan rambut basah dengan sisir atau rambut akan rentan terhadap kerontokan dan patah. Daripada itu, para ahli kecantikan menyarankan kita supaya menyisir rambut kusut sebelum keramas. Inti dari kebiasaan perusak kesehatan rambut nomer empat ini adalah: selalu rapikan rambut dalam keadaan kering. Titik.

5. Tidak pernah berganti shampoo

Apa kamu penasaran mengapa rambutmu tampak kusam meskipun kamu sudah menghindari keempat kebiasaan buruk perusak kesehatan rambut di atas? Jawabannya adalah: kamu menggunakan shampoo dari merek yang sama dan dalam varian yang sama selama bertahun-tahun. Mungkin kamu terheran-heran dengan saran yang satu ini. Kamu khawatir kalau rambutmu justru enggak akan cocok dengan shampoo lain yang enggak pernah kamu coba sebelumnya. Eits, itu justru kesalahpahaman fatal yang harus kamu buang jauh-jauh, Ladies.

Dengan mencoba varian shampoo lain, rambutmu mendapat kesempatan untuk mengembalikan kilau dan kekuatannya seperti sedia kala. Ada baiknya juga kalau kamu menyimpan stok beragam shampoo dengan fungsi yang berbeda-beda di rumah, seperti shampoo untuk melembutkan rambut, mengurangi kerontokan rambut, mengatasi rambut lepek, dsb. Bukan rahasia lagi kalau trik yang satu ini termasuk bagian dari rahasia cantik ala Lisa BLACKPINK yang enggak boleh ketinggalan kamu praktekkan juga!

Kebiasaan buruk perusak kesehatan rambut di atas benar-benar harus kita hindari ya, Girls. Dengan begitu, bukan hal sulit lagi untuk memiliki mahkota yang senantiasa tampil cantik dan sehat.