Ketahui 8 Cara Menebalkan Rambut Wanita Secara Alami dan Tradisional

164

Cara Menebalkan Rambut WanitaLadies, siapa sih yang belum tahu kelebihan wanita berambut panjang nan lebat? Ya, karena rambut adalah mahkota wanita, maka tak sedikit yang selalu mendambakan memiliki rambut tebal, panjang, dan berkilau sehat.

Hair extensions dan berbagai perawatan rambut di salon lainnya menawarkan hasil yang sama, namun hal tersebut tak menutup kemungkinan bahwa masih ada beragam cara menebalkan rambut wanita secara alami dan tradisional yang bisa kamu coba di rumah. Baca kelanjutannya di bawah ini supaya kamu bisa lebih cepat merasakan kelebihan wanita rambut panjang, girls!

1. Hentikan pemakaian produk yang mengandung bahan kimia berbahaya

Dalam eksperimen kalian untuk mendapatkan rambut tebal dan panjang, kamu mungkin sudah mencoba beragam produk perawatan rambut yang menjanjikan rambut tebal secara instan. Sayangnya, kebanyakan dari produk tersebut seperti shampoo, conditioner, hingga serum-nya mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan rambut, dan justru memperparah kerusakan rambut.

Baca baik-baik komposisi bahannya dan segera hentikan penggunaan jika kamu menemukan nama zat yang berbahaya. Beralihlah ke produk yang lebih ramah dan bersahabat untuk rambutmu seperti lidah buaya. Cara masker rambut dengan lidah buaya pun tak sulit, bahannya mudah ditemukan, asal kamu nggak malas, ya.

  1. Konsumsi makanan yang dapat menebalkan rambut

Kelebihan wanita berambut pendek namun tetap lebat adalah ia selalu terlihat fresh di setiap kesempatan. Mungkin kamu bertanya-tanya, apa yang dia makan sampai bisa selalu tampil cantik begitu? Jawabannya adalah tentunya dengan memakan makanan yang memiliki efek menebalkan rambut. Terkadang, penipisan atau kebotakan rambut yang biasa menjangkit perempuan adalah tanda bahwa mereka kurang memberikan asupan nutrisi yang tepat bagi kesehatan rambut.

Pastikan bahwa kamu mengkonsumsi banyak protein (ikan, ayam, kacang-kacangan), asam lemak omega-3 (alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun), vitamin B (buah-buahan dan sayur-sayuran), serta biotin (makanan hasil laut, telur, dan kacang kedelai). 

  1. Lindungi rambut dari sinar matahari

Meskipun kamu berjilbab, mungkin kamu penasaran apa penyebab rambut rontok pada wanita berjilbab padahal kamu sudah menutupi rambutmu. Mungkin kamu menghabiskan terlalu banyak waktu di luar, atau kamu harus motoran dan menempuh jarak jauh dari rumah ke kantor/sekolah.

Hal ini bisa memengaruhi kondisi kesehatan rambut tanpa disadari. Lama-kelamaan, rambut makin tipis dan jadilah kamu botak! Jangan sampai, ya? Untuk itu, kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut terkait paparan sinar matahari.

  • Gunakan topi saat kamu harus berada di luar ruangan dalam periode waktu yang cukup lama. Ini bisa mencegah rambut kering dan bercabang, lho.
  • Pakai topi untuk renang ketika kamu sedang berada di kolam renang. Klorin yang terdapat di air kolam renang bisa merusak rambut. Segera keramas hingga rambut bersih tiap selesai berenang.
  • Kurangi berlama-lamaan di tempat dengan tingkat polusi tinggi. Kalau kamu memang harus menempuh waktu lama di perjalanan dengan banyak asap kendaraan bermotor, lindungi rambut dengan kerudung dan helm.
  1. Potong ujung rambut secara teratur

Pasti keki banget ‘kan kalau dulu rambut lebat kamu jadi alasan pria gemar mengacak rambut wanita sekarang do’i nggak lagi melakukannya karena rambut kamu tipis, rusak, dan kusam?

Nah, berikutnya dalam cara menebalkan rambut wanita adalah kamu harus rutin memotong rambut, atau setidaknya memangkas ujung rambut karena ujung yang bercabang adalah salah satu alasan kenapa rambut jadi cepat rontok. Kalau kamu rajin melakukannya, kesehatan rambutmu akan terjaga mulai dari ujung hingga ke akar. 

  1. Hindari stres berlebih

Tips cantik ala Ariana Grande yang bisa kamu contek salah satunya adalah menjaga supaya hati dan pikiran tetap tenang, bebas drama, dan no stress! Kalau kepala dan hati kita tetap dingin, maka rambut yang melindungi kepala kita pun juga akan selalu sehat dan tumbuh dengan baik.

Jika ada hal-hal yang menganggu pikiranmu dan membuat kamu stres, segera hindari benda atau orang itu dan beri beberapa menit buat pikiran kamu untuk relaksasi. Dijamin deh, rambutmu bisa tumbuh lebih sehat dan tebal sesuai keinginan.

  1. Ganti sisir dengan gigi jarang

Kalau melihat tayangan tutorial tips cantik ala artis Hollywood, selalu ditampilkan bahwa mereka menggunakan sisir yang besar dengan gigi jarang. Kenapa begitu, ya? Rupanya, sisir bergigi kecil dan rapat dapat melemahkan akar rambut dan menjadikannya salah satu penyebab rambut rontok nomer wahid. Untuk itu, mungkin kamu harus beralih mengenakan sisir yang lebih besar agar rambut kusut kamu tidak tertarik dengan kuat.

  1. Hindari dehidrasi

Kita sama-sama tahu bahwa kelebihan wanita Asia adalah lambut tebal, lebat, panjang secara natural yang membuat banyak wanita dari benua lain iri. Namun, kelemahan menjadi wanita Asia adalah kita mudah dehidrasi karena iklim tropis yang kadang bisa meningkatkan suhu udara hingga sangat panas.

Terlebih lagi kalau kamu melakukan banyak aktivitas yang memproduksi keringat berlebih. Bisa-bisa, kamu terserang dehidrasi. Kekurangan cairan bisa menyebabkan rambut menjadi kering, kasar, dan rentan rontok. Kalau sudah begitu, akan makin susah untuk menebalkan dan memanjangkannya nanti. Konsumsi air putih sesuai dengan kebutuhan dan kurangi juga minum-minuman bersoda serta kopi.

  1. Kurangi terlalu sering mencuci rambut

Meskipun segiat apapun kamu mengikuti tips cantik a la Sandra Dewi dan berharap rambutmu bisa jadi seindah rambut si artis, kamu nggak akan bisa menebalkan rambut dengan cepat kalau kamu masih terlalu sering mencuci rambut. Makin sering kamu mencuci rambut dalam seminggu, maka makin rapuh rambutmu itu dan bisa jadi makin mudah rontok!

Tiap kali kita mencuci rambut, sebenarnya kita tak hanya membersihkan rambut dari debu dan kotoran, tapi juga dari minyak protektif yang secara alami diproduksi tubuh untuk melindungi rambut dan menjaganya tetap kuat dan sehat. Jadi, sekalipun kamu sangat ingin menebalkan rambut dengan cepat, tetap jaga frekuensi mencuci rambut supaya tidak melebihi 2 kali dalam seminggu.

Nah, bagaimana cara menebalkan rambut wanita yang sudah kami bagikan di atas, ladies? Sudah sekece tips cantik ala wanita Korea yang rambutnya cetar badai itu belum? Yah, semoga apa yang kami susun ini bisa bermanfaat dan kamu segera mendapatkan rambut tebal, panjang, dan berkilau yang kamu inginkan itu. Semoga sukses!