Girls, Yuk Cobain 8 Obat Nyeri Haid Alami Dijamin Sembuh Seketika!

40

Obat Nyeri Haid AlamiTahukah kalian bahwa nyeri ketika menstruasi adalah gejala normal yang rata-rata dialami oleh 50% populasi wanita di bumi? Tahukah juga kalian bahwa kebanyakan wanita mengalami haidnya secara tidak lancar, dan penyebab haid tidak lancar? Untungnya, nyeri yang timbul saat haid dapat ditangani dengan perubahan gaya hidup ke arah yang lebih baik atau dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah.

Girls, jika kamu juga termasuk ke dalam golongan 50% wanita yang mengalami nyeri haid, kamu perlu mengetahui obat nyeri haid alami ini supaya kamu bebas beraktivitas tanpa mengeluh sakit.

  1. Kompres perut dengan air hangat

Dari beragam cara dan obat nyeri haid alami yang pernah ditemukan, nggak ada yang lebih gampang dari mengompres perut dengan air hangat. Suhu hangat nyatanya seefektif obat pereda nyeri yang biasa dijual di apotek. Suhu hangat tersebut bisa menenangkan otot-otot yang tegang dan kaku, yang mana dalam kasus ini menimbulkan nyeri selama menstruasi.

Rebus air hingga mendidih dan biarkan suhu mendingin selama 1 menit. Kemudian, ambil handuk bersih dan celupkan ke dalam air. Tempelkan handuk tersebut baik di bagian perut bawah atau punggung bawah. Hati-hati agar jangan sampai membakar kulit ya, girls. Sesuaikan dengan suhu panas yang bisa kamu toleransi.

Atau, jika kalian rasa cara ini kurang efektif, bisa coba patch yang memberikan rasa hangat. Di samping itu, kamu juga perlu memperhatikan kebersihan daerah kewanitaan dengan mengetahui efek memakai sabun sirih bagi wanita.

  1. Pijat perut

Terkadang, memberi pijatan lembut pada daerah yang nyeri bisa membantu untuk mengurangi rasa sakitnya. Berbaringlah pada permukaan yang lurus dan pijat perut bagian bawah dengan lembut. Hindari memberikan terlalu banyak tekanan atau memijat terlalu kuat karena hal itu justru menimbulkan sakit yang luar biasa. Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan memilih merk pembalut yang tidak berbahaya agar menstruasimu menjadi lebih nyaman.

  1. Konsumsi sayur-sayuran

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa makan lebih banyak sayuran dan mengurangi asupan lemak adalah cara yang bagus untuk mengurangi nyeri haid. Kamu harus makan lebih banyak sayuran hijau yang mengandung vitamin A, C, E, B, K, dan asam folat.

Sayuran ini bisa membantu mencegah timbulnya anemia ketika kamu kehilangan cukup banyak darah karena menstruasi. Contoh sayuran yang mengandung nutrisi tersebut antara lain: bayam, seledri, buncis, brokoli, dan kangkung. Makan-makanan bergizi adalah salah satu cara merawat daerah kewanitaan yang mudah, namun sayangnya seringkali disepelekan oleh mayoritas perempuan.

  1. Konsumsi daging

Ketika menstruasi, kamu juga harus memperbanyak zat besi yang ada dalam tubuh, girls. Hal ini tentu saja untuk mencegah kamu kehilangan banyak darah dan mempercepat pembentukan sel-sel darah baru.

Caranya cukup mudah. Kamu bisa menambahkan potongan daging ke dalam menu makanan kamu sehari-hari untuk mencegah anemia yang biasanya timbul ketika menstruasi. Selain itu, mungkin kamu juga mau menambahkan buah beri segar sebagai camilan yang kaya akan antioksidan untuk mengurangi rasa mual akibat haid dan merupakan salah satu cara merawat organ kewanitaan yang cukup gampang dipraktekkan.

  1. Minum teh

Obat nyeri haid alami dari teh dengan beragam bahan dasar memiliki khasiatnya masing-masing untuk meredakan nyeri haid sekaligus melancarkan menstruasi tidak teratur. Kamu harus cerdas nih memilih teh mana untuk melegakan rasa nyeri akibat menstruasi. Beberapa yang bisa kamu coba antara lain: teh jahe, teh chamomile, atau teh rasberi.

Dengan rutin meminum teh selama menstruasi, kamu juga bisa mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dan mencegah dehidrasi, lho. Hindari teh yang mengandung kafein karena zat tersebut justru dapat menguatkan rasa nyeri akibat haid. 

  1. Lakukan pemanasan ringan

Peregangan tubuh dalam pemanasan bisa membantu meredakan otot yang tegang dan nyeri. Kamu bisa duduk di lantai dan melebarkan kedua kaki, kemudian lakukan peregangan dengan menyentuh jempol kaki atau tumit. Ambil napas dalam-dalam sambil tetap menjaga posisi.

Setelah beberapa hitungan, lepaskan pegangan dan berbaringlah di lantai. Selain ini, tentunya masih ada beragam posisi pemanasan yang bisa kamu coba, tapi tetap ingat supaya tidak melakukannya secara berlebihan agar nyerinya nggak bertambah parah! Saat melakukan aktivitas ini, kamu mungkin ingin mengenakan tampon yang nyaman dan nggak mudah bergeser agar lebih mudah bergerak bebas.

  1. Olahraga

Dengan rutin berolahraga, maka kamu bisa meredakan gejala-gejala menstruasi yang kurang mengenakkan, seperti kram atau nyeri perut. Ketika berolahraga, tubuh melepaskan hormon endorphin yang mana merupakan senyawa alami pereda rasa sakit. Oleh karena itu, sering-seringlah menggerakkan tubuh supaya terhindar dari nyeri.

Kamu bisa mencoba aktivitas yang seru seperti senam aerobik, jogging, bersepeda, berenang, mendaki gunung, atau mengikuti kegiatan di gym. Lakukan semuanya dalam taraf aman, karena dimana-mana yang berlebihan itu tentu tidak baik, seperti bahaya bersepeda bagi wanita yang mungkin kamu belum tahu.

  1. Yoga

Yang terakhir dalam obat nyeri haid alami adalah dengan melakukan yoga secara rutin (jangan disamakan dengan cara senam hamil, ya, jelas-jelas keduanya beda). Sama seperti ketika kita berolahraga, yoga dapat merilekskan tubuh dan mengurangi rasa sakit serta nyeri pada kaki, perut, dan punggung bagian bawah.

Ketika kamu mulai merasakan nyeri, kamu bisa mencoba bermacam-macam pose yoga untuk mengurangi rasa sakit tersebut. Sebelum mulai, pastikan kamu sudah mengenakan pakaian yang nyaman dan menyetel musik relaksasi supaya kegiatan yoga-mu jadi lebih menenangkan.

Girls, jika nyeri haidnya tetap terasa bahkan setelah beberapa hari, mungkin kamu perlu menemui dokter dan meminta bantuan medis. Biasanya timbul juga keputihan sebelum menstruasi, namun perlu kamu tangani dengan cara mencegah keputihan yang tepat.

Tapi, selama nyerinya tidak terlalu parah, kamu selalu bisa mencoba obat nyeri haid alami yang sudah kami beberkan di atas, ya. Akhir kata, semoga kamu terbebas dari nyeri haid dan bisa kembali beraktivitas dengan nyaman!