Dijamin Aman, Inilah 7 Langkah Makeup Routine untuk Kulit Sensitif

21

langkah-makeup-routine-untuk-kulit-sensitif

Tiap wanita pasti ingin memiliki skill yang mumpuni untuk mengaplikasikan makeup. Dengan tampilan flawless ibarat cara tampil flawless alami tanpa skincare mahal, para wanita dapat menyembunyikan kekurangannya masing-masing dengan berbekal kosmetik saja. Namun, bagaimana dengan pemilik kulit sensitif yang konon katanya memiliki kulit yang mudah teriritasi dengan kontak makeup? Hm … pasti gampang-gampang susah, ya?

Beruntungnya, ada segudang tips dan langkah makeup routine untuk kulit sensitif yang bisa dijadikan alternatif untuk mengatasi permasalahan ini. Perempuan dengan kulit sensitif pun kini tetap bisa mengekspresikan dirinya dengan beragam jenis dandanan yang diinginkan, tanpa perlu khawatir makeup yang digunakan akan menyakiti kulit. Dengan sedikit persiapan, penggunaan makeup product yang tepat (entah itu foundationfacial wash, atau micellar water untuk kulit sensitif), serta color-correcting, kulit sensitif pun bisa tampil flawless bak porselen, lho.

Kira-kira, apa saja sih yang termasuk ke dalam 7 langkah makeup routine untuk kulit sensitif? Check this out, Ladies.

1. Tentukan jenis kulit

Sebelum memulai langkah makeup routine untuk kulit sensitif yang sebenarnya, pertama-tama Ladies wajib mengetahui jenis kulit terlebih dahulu, nih. Pastikan apakah kulit kamu betul-betul tergolong kulit sensitif. Jika kamu masih ragu, kamu bisa melakukan tes kecil untuk menentukan jenis kulit yang sesungguhnya. Caranya cukup mudah, kok. Perhatikan bagaimana reaksi kulit kamu terhadap 3 hal berikut: produk skincare baru (baik itu skincare lokal ataupun produk skincare terlaris di Jepang), eksfoliasi (baik menggunakan scrub ataupun hydrating toner yang bagus), dan perubahan cuaca. Kalau breakout cenderung mudah muncul di kulit kamu dan kondisi kulitmu selalu berubah-ubah mengikuti perubahan cuaca, bisa dipastikan bahwa kamu memang memiliki kulit sensitif.

2. Persiapkan kulit dengan skincare routine khusus kulit sensitif

Memulai langkah makeup routine untuk kulit sensitif tidak bisa dilakukan tanpa menyiapkan “kanvas” terlebih dahulu. Yang dimaksud kanvas disini adalah kulit kamu, Ladies. Jika kanvasnya mulus dan bersih, maka cat yang dipoles di atasnya pasti akan tampil lebih cerah dan merona, ‘kan? Begitu pula dengan makeup yang diaplikasikan pada wajah yang mulus dan bening.

Oleh karena itu, persiapkan dulu kulit kamu dengan melakukan skincare routine khusus untuk menutrisi kulit sensitif (kamu juga bisa mencoba urutan pemakaian skincare Wardah Lightening sebagai referensi). Bersihkan wajah dengan facial foam yang bebas dari kandungan alkohol, kemudian lembabkan kulit dengan moisturizer yang diformulasikan secara tepat untuk menghidrasi kulit sensitif.

3. Oleskan primer

Setelah mengikuti langkah makeup routine untuk kulit sensitif di atas, saatnya melanjutkan dengan mengoleskan primer ke seluruh permukaan wajah. Fungsi dari primer ini adalah untuk meratakan rona kulit wajah sekaligus mengunci makeup agar awet sepanjang hari. Untuk kulit sensitif, cobalah primer dengan tekstur ringan dan berlabel “non-comedogenic” agar tidak menyumbat pori-pori kulit.

4. Lakukan color correcting

“Color correcting” atau koreksi warna kulit adalah langkah makeup routine untuk kulit sensitif berikutnya yang tidak boleh terlewatkan. Kulit sensitif identik dengan kompleksi rona wajah yang mudah memerah, oleh karena itu meratakan warna kulit yang berbeda-beda adalah satu hal krusial yang perlu dilakukan untuk menciptakan makeup look yang flawless.

Untuk menyamarkan rona kemerahan dan bekas jerawat di kulit, pilih concealer berwarna hijau dan totol pada titik-titik yang perlu disembunyikan. Ratakan concealer dengan baik menggunakan beauty blender atau brush khusus concealer. Sementara itu, concealer dengan warna peach ampuh untuk menghilangkan mata panda.

5. Gunakan foundation bertekstur ringan

Sebagai pemilik kulit sensitif, tentunya kamu harus ekstra hati-hati dalam memilih produk kecantikan yang akan kamu gunakan pada kulit, tidak terkecuali foundation. Jika kamu salah pilih, alih-alih mempercantik penampilanmu, foundation ini justru dapat mengiritasi kulit dan menimbulkan breakout. Oleh karena itu, pemilik kulit sensitif disarankan untuk menggunakan foundation bertekstur ringan yang tidak menyumbat pori-pori kulit, misal satu dari rekomendasi merk foundation drugstore yang bagus dan tahan lama. Pastikan pula bahwa foundation tersebut tidak mengandung bahan-bahan comedogenic yang berpotensi memunculkan jerawat baru di kulit.

6. Sapukan blush on

Blush on adalah produk makeup yang wajib kamu punya untuk menambah kesan ceria dan hidup pada wajah secara instan. Namun, sebagai pemilik kulit sensitif, tentunya kamu tidak mau blush on dengan warna-warna kesukaanmu justru berakhir sebagai senjata yang memperburuk kondisi kulit sensitifmu, ‘kan? Untuk kulit sensitif, blush on dengan warna-warna lembut seperti peach dapat memberikan kesan tersipu yang manis dan natural. Ditambah lagi, blush on dengan warna ini sedang hits di kalangan para makeup artist, lho. Ingin tahu bagaimana caranya supaya warna blush on di wajah tidak mudah pudar? Coba pelajari triknya di tips agar blush on awet sepanjang hari.

7. Beri maskara pada bulu mata

Meskipun Ladies mungkin lebih menyukai tampilan makeup natural untuk mendukung penampilanmu dalam beraktivitas sehari-hari, tidak ada salahnya menyapukan maskara pada bulu mata sebagai sentuhan terakhir pada langkah makeup routine untuk kulit sensitif. Sapukan maskara pada bulu mata mulai dari akar hingga ke ujung, kemudian beri satu layer maskara dengan sapuan kilat untuk menebalkan bulu mata. Supaya mata terlihat lebih dramatis, jangan lupa untuk menjepit bulu mata terlebih dahulu sebelumnya agar bulu mata tampak lentik.

Nah, jika kamu telah sepenuhnya memahami langkah makeup routine untuk kulit sensitif ini, berikutnya kamu dapat mempelajari skincare routine yang didesain khusus untuk mengatasi permasalahan seputar kulit sensitif. Cari tahu informasinya dari artikel manfaat Innisfree Bija Cica Balm yang diklaim ampuh mengatasi permasalahan seputar kulit sensitif berikut ini.