Tetap Happy dan Aktif Saat Datang Bulan Tiba, Yuk Ikuti Tips Berikut!

34

Hampir setiap wanita pasti mengalami masa-masa datang bulan. Perasaan yang kurang nyaman dan mudah sensitif kerapkali dialami para wanita pada masa ini. Kegiatan dan pekerjaan sehari-hari menjadi terganggu dan tidak nyaman.

Mudah lelah serta kadang mengalami nyeri haid yang menyiksa merupakan fakta wanita yang sedang pms. Datang bulan terjadi karena sel telur yang diproduksi ovarium tidak dibuahi dan akhirnya luruh keluar dari rahim melalui miss V berupa darah dan kadang juga darah yang mengental dan kehitaman.

Masa ini biasanya terjadi selama 5-7 hari tergantung kondisi masing-masing tubuh wanita. Biar kamu tetap happy dan aktif saat datang bulan tiba untuk melakukan kegiatan harian kamu, yuk intip tipsnya berikut ini.

  1. Awali dengan bangun pagi

Bangun lebih awal dapat membuat mood seharian menjadi lebih baik. Jangan lupa ganti pembalut dan bersihkan miss V agar terhindar dari infeksi bakteri. Bangun pagi, berarti dapat beraktivitas lebih pagi.

Kalian dapat berolahraga ringan terlebih dahulu sebagai cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan nantinya ataupun menyiapkan sarapan terlebih dahulu tanpa perlu terburu-buru. Sehingga kalian dapat menikmati pagi dengan nyaman. Selalu liputi pikiran dengan hal-hal positif yang menyemangati diri sendiri, sehingga tubuh tidak malas bergerak.

  1. Gunakan pakaian yang nyaman

Saat masa datang bulan tiba, usahakan membuat nyaman diri sendiri. Misalnya selalu memilih pakaian dalam yang pas untuk ukuran tubuh. Hindari memilih pakaian dalam yang kekecilan karena akan membuat tubuh menjadi tidak nyaman untuk bergerak.

Selain itu, pilih pakaian dengan ukuran yang lebih besar agar udara mudah masuk kedalam baju. Sehingga tubuh tetap terasa nyaman dan sejuk. Jangan lupa selalu memilih pakaian yang ringan dan mudah menyerap keringat.

  1. Mengontrol dan menjaga pola makan

Karena pada saat datang bulan mood mudah berubah menjadi buruk dan lebih sensitif, maka pilihlah makanan-makanan yang dapat meningkatkan mood. Cokelat dan es krim misalnya. Cokelat dapat kalian cemil ataupun kalian sajikan sebagai minuman hangat.

Moody dan mudah mengalami nyeri saat datang bulan, sebaiknya kurangi makanan-makanan yang mengandung karbohidrat dan gula yang tinggi karena akan memicu kram perut yang memperparah saat nyeri haid. Hindari makanan-makanan saat datang bulan yang dapat memperparah kondisi mood pula.

Perbanyak minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi dan makan makanan yang mengandung zat besi tinggi karena ada umumnya wanita yang sedang masa datang bulan akan mengalami anemia karena darah yang keluar setiap hari.

  1. Meditasi

Melakukan meditasi saat masa datang bulan tiba dapat membantu mengontrol emosi. Meditasi membuat pikiran menjadi tenang dan tidak mudah sensitif. Kalian dapat melakukannya sambil yoga ditempat yang nyaman dan sejuk.

Biarkan pikiran rileks dan nikmati saat-saat berdiam diri meditasi untuk mengendapkan segala masalah dan emosi pada otak.

  1. Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan merupakan salah satu cara merawat organ kewanitaan dan kunci utama seorang wanita saat datang bulan. Rajinlah mengganti pembalut setidaknya 4 jam sekali agar miss V tetap terjaga kebersihan dan kesehatannya.

Jangan lupa untuk membersihkan miss V ketika berganti dengan pembalut yang baru. Hal ini untuk menghindari adanya infeksi bakteri dan virus serta menghindari kanker yang berada didaerah penting tersebut.

Masa datang bulan tidaklah dapat ditolak ataupun dihindari oleh setiap wanita. Oleh karena itu, pandai-pandailah dalam mengontrol mood dan kenyamanan diri sendiri saat masa itu tiba. Tidak perlu risau ataupun marah-marah saat datang bulan tiba.

Cukup nikmati prosesnya untuk belajar bersabar. Nah ladies, itulah tadi tips-tips tetap happy dan aktif ketika datang bulan tiba. Semoga bias membantu ladies yaah. Stay healthy and beauty.