Yuk Intip 4 Trend Kecantikan Diet Skincare Ala Korea Wajib Kalian Ikuti

105

Diet memang identik dengan mengatur pola makan yang lebih sehat agar bisa menurunkan berat badan. Berbagai tips diet ala artis korea juga banyak diikuti wanita Indonesia. Tren kecantikan yang berasal dari Korea memang sangat terkenal dan banyak diikuti oleh wanita di berbagai penjuru dunia. Termasuk tren perawatan kulit atau skincare.

Wanita Korea Selatan memang sangat terkenal dengan teknik layering skincare atau menggunakan 10 langkah skincare setiap harinya. Namun, semakin lama tren ini semakin ditinggal karena tidak cocok untuk diterapkan oleh semua orang.

Tidak sedikit juga yang mengalami alergi dan iritasi karena penggunaan terlalu banyak tahap korean skincare routine. Karena itu, kini tren skincare diet sedang populer di Korea.

Skincare diet yang dimaksud yaitu mengurangi jumlah produk kecantikan yang digunakan menjadi seminimal mungkin. Kulit kita dianggap hanya memerlukan produk esensial saja sehingga 10 langkah skincare tersebut bisa dipangkas.

Diet skincare memang berarti kita fokus hanya menggunakan skincare dasar yang diperlukan tubuh. Berikut adalah langkah-langkah produk skincare simpel namun esensial yang bisa diikuti untuk turut mengikuti tren skincare diet:

1. Pembersih wajah atau cleanser

Membersihkan wajah merupakan langkah paling penting untuk setiap skincare routine yang baik. Jangan lupa untuk selalu mencuci wajah setiap hari, terutama setelah aktivitas di luar ruangan. Seberapa pun capeknya kamu, jangan sampai ketiduran saat masih menggunakan make up. 

Karena step ini penting, kamu harus benar-benar menemukan produk yang tepat dan cocok untuk kulit. Carilah pembersih wajah yang tidak mengandung bahan-bahan yang terlalu keras untuk kulit.

Ada berbagai pembersih wajah yaitu oil cleanser, milk cleanser, micelar water, foaming cleanser, dan lain-lain. Salah satu yang paling terkenal yaitu sabun Cetaphil. Memang ada banyak manfaat sabun Cetaphil bagi penggunanya.

2. Pelembap atau moisturizer

Setelah mencuci wajah, kulit kita menjadi cenderung kering. Untuk itulah kita membutuhkan pelembap atau moisturizer. Dalam skincare routine ala Korea, pelembap menjadi bagian yang paling penting. Termasuk untuk pemilik kulit berminyak. Saat kulit kita terhidrasi dengan baik, kulit akan terlihat lebih sehat, segar, dan awet muda.

Untuk itu, cara menggunakan pelembap wajah yang benar menjadi fokus perhatian banyak orang. Pecinta skincare korea tentu familiar dengan istilah mendapatkan kulit yang glowing.

Pilihlah moisturizer yang cocok dengan kondisi kulit. Cari moisturizer yang kaya akan kandungan antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E.

Kandungan antioksidan ini bisa melindungi lapisan luar kulit dari lingkungan luar. Untuk tambahan, kamu bisa juga menggunakan masker seperti sheet mask atau sleeping mask setiap beberapa hari sekali.

3. Pelindung atau SPF

Penggunaan moisturizer dan serum terbaik akan menjadi percuma jika kulit tidak terlindung dari bahaya radiasi sinar matahari. Perlindungan terhadap sinar matahari menjadi langkah terakhir skincare harian yang harus diterapkan. SPF atau sun protection formula yang terkandung pada skincare atau makeup lain kurang mampu untuk melindungi kulit.

Kamu harus rajin menggunakan sunblock setiap hari, baik saat beraktivitas di dalam maupun di luar ruangan. Perhatikan cara menggunakan sunblock wajah yang benar. Sunblock ini juga harus diaplikasikan kembali setiap empat hingga 5 jam sekali.

Gunakan SPF 25 atau 30 untuk beraktivitas di dalam ruangan dan SPF minimal 50 untuk aktivitas di luar ruangan. Jangan lupa gunakan SPF jika ingin memiliki kulit yang terlindung, sehat, dan awet muda.

4. Eksfoliasi

Untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit, kamu bisa melakukan eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati setiap dua atau tiga kali dalam seminggu. Ada dua jenis exfoliator yang bisa digunakan, yaitu yang berbahan fisik seperti scrub atau menggunakan bahan kimia seperti AHA dan BHA.

Pilihlah exfoliator yang efektif namun tidak terlalu keras bagi kult. Penting untuk diingat juga bahwa meskipun bisa membuat kulit tampak lebih glowing, exfoliasi sebaiknya tidak dilakukan setiap hari karena bisa merusak lapisan kulit kamu.

Demikian penjelasan mengenai tren kecantikan baru ala Korea, diet skincare. Kamu bisa menyesuaikan produk-produk yang digunakan sesuai kebutuhan masing-masing. Selamat mencoba ya, Ladies.