9 Tips Agar Tak Mudah Marah Saat Puasa, Nomor 9 Sepele Tapi Jarang Kita Lakukan

17

Marah saat sedang berpuasa membuat keadaan mental menjadi tidak stabil. Ada sedikit salah atau masalah menjadi lebih meledak-ledak. Padahal, hakikat puasa salah satunya adalah menahan amarah.

Sayangnya, banyaknya kegiatan dan tekanan kerja serta suhu udara yang panas seperti di negara kita tercinta ini, membuat puasa semakin greget. Nyatanya, puasa di bulan ramadan ini merupakan sarana bagi setiap umat islam untuk berlomba dalam kebaikan.

Puasa tidak hanya menahan lapar saja, namun juga menahan  amarah. Nah, kali ini penulis akan memberikan beberapa tips yang dapat dicoba untuk mampu mengendalikan amarah saat sedang berpuasa.

    1. Berpikir Positif

Memikirkan hal-hal yang baik dan selalu berprasangka baik terhadap hal-hal yang kita alami merupakan salah satu cara berdamai dengan hati kita. Beriikir positif dapat menjauhkan kita dari marah.

Selain itu, berpikir positif dapat membuat kita tenang dan mampu meningkatkan hormon pemberi rasa bahagia sehingga kita tidak mudah tersulut amarah. Sehingga, masalah dapat terselesaikan dengan baik tanpa menimbulkan masalah yang lain kembali.

Cara menjadi wanita bijak dalam menghadapi masalah salah satunya adalah selalu berpikir positif terhadap masalah yang terjadi.

    1. Berolahraga

Olahraga merupakan hal penting dalam menjaga kesehatan tubuh ketika berpuasa. Selain itu,  berolahraga dapat menjadi salah satu cara untuk menahan emosi dan tips tetap fit saat puasa bagi wanita karir.

Karena, ketika kita berolahraga hormon stres kortisol akan tergantikan dengan hormon bahagia serotonin.

Sehingga, emosi maupun amarah dapat sedikit dikendalikan. Selain itu, olah raga ini merupakan cara mengontrol berat badan tetap ideal saat ramadan karena buka puasa dan sahur selalu dilakukan malam hari maka.

    1. Memaafkan

Tidak jarang di bulan ramadan ini banyak orang yang mudah tersulut emosi. Jika hal ini menimpa kita maka hal terbaik adalah dengan memaafkannya.

Menjadi pemaaf memang hal yang cukup sulit, namun jika dapat melakukannya akan dapat menambah pahala ibadah kita di bulan ramadan ini. Kebiasaan memaafkan sesama ini dapat Bunda ajarkan kepada si kecil sebagai cara agar anak peduli terhadap sesama.

    1. Istirahat yang cukup

Salah satu pemicu marah adalah kurangnya waktu untuk istirahat. Misalnya terlalu lelah bekerja atau kurang cukupnya waktu tidur. Istirahat yang cukup mampu mengurangi resiko marah.

Oleh karena itu, usahakan untuk memenuhi waktu tidur meskipun banyak pekerjaan. Mudah marah ini tidak hanya dialami oleh orang-orang dewasa, namun anak-anak juga dapat mengalaminya.

Ketika bunda dan si kecil akan beristirahat, jauhkan semua gadget agar tidak terganggu oleh aktivitas didalamnya dan radiasi dari transmisi gadget itu sendiri. Bisa jadi kebiasaan marah ini adalah dampak negatif gadget itu sendiri.

5. Memohon perlindungan kepada Allah

Setan merupakan musuh terbesar bagi manusia. Setan selalu berupaya untuk menjerumuskan manusia dalam perbuatan dosa yang membuat manusia masuk dalam neraka.

Setan selalu menghasut manusia untuk melakukan hal yang tidak terpuji salah satunya adalah marah. Hal yang mendorong seseorang marah adalah bisikan yang selalu setan perdengarkan pada manusia.

Oleh karena itu berdoa memohon perlindungan agar dijauhkan dari rasa marah kepada Allah-lah hal terbaik yang dapat kita lakukan.

    1. Diam

Di dalam ajaran islam selalu mengajarkan kepada setiap umat islam untuk menahan marah dengan cara diam. Diam merupakan cara terbaik untuk menghindari pertikaian dan timbulnya masalah baru.

Tubuh perlu diistirahatkan ketika emosi mulai meledak. Hal ini untuk mengimbangi kerja jantung agar tetap seimbang. Inilah salah satu alasan pria diam saat marah.

8. Mendengarkan Musik

Keadaan yang ramai dan panas dapat memicu timbulnya marah. Ketika emosi mulai naik, menyingkirlah sebentar dari keramaian dan mencari tempat yang teduh dan dingin untuk mengistirahatkan tubuh sejenak sembari mendengarkan musik favorit sehingga dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik.

9. Mencium Wewangian

Mencium wewangian dapat kita lakukan karena hal ini akan membuat pikiran kita menjadi lebih rileks dan mampu menjalankan aktifitas dengan baik kembali. Wewangian-wewangian  ini dapat kalian pilih sesuai favorit kalian.

Sebaiknya pilih wewangian yang lembut dan menenangkan. Sehingga, emosi akan meredam dan tidak mudah marah.

Nah itulah tadi tips-tips agar tak mudah marah saat menjalankan puasa. Semoga bisa menginspirasi dan semoga puasa di bulan ramadan ini berjalan dengan lancar.