5 Tips Mendapatkan Beasiswa LPDP ala Tasya Kamila Yuk Simak Girls!

33

Beasiswa LPDP merupakan beasiswa yang diberikan ke putra putri bangsa terpilih agar bisa melanjutnya studi S2 atau S3 menggunakan dana negara.

Memang terkadang tips menabung untuk mahasiswa masih belum cukup. LPDP adalah lembaga yang mengelola dana ini. Biasanya, beasiswa ini dibuka pendaftarannya setiap tahun.

Tentunya, beasiswa menarik ini tidak diberikan ke sembarang orang. Ada syarat tertentu yang harus dipenuhi. Kamu bisa cek website resmi LPDP untuk keterangan lebih detail mengenai syarat-syarat yang diperlukan.

Beasiswa ini memang terbuka untuk berbagai kalangan. Bahkan, artis yang berprestasi seperti Tasya Kamila bisa mendapatkan beasiswa ini. Artis yang dikenal dengan lagu Anak Gembala ini baru lulus dari Columbia University bulan Mei 2018 kemarin. 

Menjadi wanita cerdas dan sukses memang dambaan setiap wanita. Jika kamu ingin mendapatkan beasiswa LPDP seperti Tasya Kamila, kamu bisa coba ikuti tips-tips berikut ini:

1. Mengecek daftar universitas pilihan LPDP

Untuk bisa mendapatkan beasiswa LPDP, kamu pertama harus mengecek daftar universitas pilihan LPDP. Daftar ini terdiri dari universitas dalam negeri maupun luar negeri. Cek daftar universitas ini di website resmi LPDP.

Memang beasiswa LPDP hanya bisa digunakan di universitas tertentu saja. Namun, kamu tidak perlu kuatir karena daftar universitas ini cukup lengkap dan beragam. Ada sekitar 20 universitas dalam negeri dan sekitar 280 universitas luar negeri yang bisa kamu pilih.

2. Melengkapi berkas-berkas administratif yang diperlukan

Untuk bisa mendapatkan beasiswa LPDP, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi, yaitu syarat administratif dan substantif. Untuk syarat administratif, kamu harus melengkapi beberapa dokumen yang diperlukan.

Di antaranya adalah formulir pendaftaran LPDP, transkrip nilai, ijazah, surat keterangan kelakuan baik, surat keterangan english proficiency seperti TOEFL atau IELTS, serta beberapa jenis essay.

3. Memiliki rasa nasionalisme yang tinggi

Beasiswa LPDP memang tidak bisa diberikan ke sembarang orang. Beasiswa ini diberikan salah satunya ke orang yang memiliki rasa nasionalisme tinggi. Hal ini agar penerima beasiswa bisa turut berkontribusi kepada pembangunan negara setelah masa pendidikannya selesai.

Untuk itu, jika ingin mendapatkan beasiswa ini, kamu harus menunjukkan bahwa kamu punya rasa nasionalisme tinggi, baik di essay maupun saat wawancara.

Tasya sendiri menuliskan mengenai kontribusi yang sedang dan akan dilakukan untuk Indonesia di salah satu essaynya. Kamu juga harus percaya diri karena sebagai wanita Indonesia kita punya berbagai kelebihan wanita Indonesia dibanding negara lain.

4. Mendapatkan surat LoA (Letter of Acceptance)

Salah satu syarat untuk penerima beasiswa LPDP yaitu mendapatkan surat LoA (Letter of Acceptance) dari universitas yang dituju. Surat ini menyatakan bahwa kamu memang sudah diterima jadi siswa di universitas itu.

Meskipun begitu, kamu yang belum bisa mendapatkan surat LoA tetap bisa mendaftar. Nantinya, kalau kamu sudah diterima, kamu akan diberi waktu sekitar maksimal dua tahun untuk mendapatkan LoA tersebut.

5. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik

Syarat administratif yang harus dipenuhi untuk daftar LPDP salah satunya keterangan proficiency bahasa Inggris seperti TOEFL atau IELTS. Ada skor tertentu yang harus kamu penuhi agar bisa mendaftar. Untuk bisa memenuhinya, kamu tentu harus punya kemampuan bahasa Inggris yang baik.

Apalagi kalau kamu ingin kuliah di luar negeri seperti Tasya. Kamu akan sangat butuh bahasa Inggris untuk kuliah dan komunikasi sehari-hari.

Kamu juga bisa bertemu dan berinteraksi dengan berbagai wanita tercantik di dunia jika sudah sukses dan bisa berbahasa Inggris.

Mendapatkan beasiswa LPDP memang bukan perjuangan yang mudah. Semoga tips-tips di atas bisa membantu kamu untuk meraih impian melanjutkan kuliah.

Jika sudah mulai kuliah, kamu bisa ikuti cara agar tampil menarik di kampus. Selamat mencoba ya, ladies.