10 Daftar Buah dan Sayuran Untuk Tumbuh Kembang Anak yang Aman Dikonsumsi

34

Sayuran dan buah memang makanan bergizi yang baik untuk dikonsumsi manusia. Namun, terkadang anak susah sekali jika disuruh makan sayur atau buah. Cara mengatasi anak susah makan, terutama sayur dan buah memang perlu kreativitas dan kesabaran yang tinggi.

Padahal, untuk orang dewasa saja, ada beberapa buah yang dapat membuatmu fit.
Untuk membantu Bunda memilih bahan buah dan sayuran yang baik untuk anak, berikut adalah daftar buah dan sayuran yang baik untuk tumbuh kembang anak:

1. Strawberry

Strawberry memang memiliki rasa yang cukup asam, namun mengandung vitamin yang sangat dibutuhkan anak. Buah berwarna merah ini mengandung banyak vitamin E. Vitamin E ini sangat berperan untuk perkembangan organ jantung dan pembuluh darah.

2. Leci

Buah leci mengandung banyak serat dan aneka vitamin yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain itu, rasanya juga manis sehingga banyak anak yang doyan buah leci.

3. Raspberry

Buah raspberry mengandung zat asam ellagic yang baik untuk anak kecil dan bayi. Asam ellagic ini bisa memberi perlindungan ke anak agar tubuhnya lebih kebal terhadap zat penyebab kanker. Selain itu, buah ini mengandung banyak serat dan sedikit kalori.

4. Jeruk

Buah jeruk dikenal sebagai buah yang punya kandungan vitamin C sangat tinggi. Vitamin C ini berguna untuk salah satunya membantu penyerapan zat besi dalam tumbuh kembang anak.

5. Pepaya

Buah pepaya merupakan buah yang banyak mengandung vitamin A. Buah ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis sehingga bisa menjadi buah favorit si kecil. Pepaya bisa diolah untuk menjadi puree, jus, atau pun juga dimakan langsung.

6. Labu kuning

Labu kuning memiliki kandungan kalsium, serat, dan vitamin yang tinggi. Selain rasanya manis, teksturnya juga lembut sehingga mudah dikonsumsi anak kecil. Bunda juga bisa mengolah labu kuning menjadi bentuk bubur dan ditambahkan sayuran lainnya agar lebih bergizi dan tetap lezat.

7. Sayuran berwarna kuning atau oranye

Sayuran yang berwarna kuning atau oranye biasanya kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin A. Selain itu, sayuran jenis ini juga mengandung kalsium dan magnesium yang baik untuk pertumbuhan anak. Contohnya yaitu labu kuning, wortel, tomat, atau bit kuning. Tomat juga bahkan bisa digunakan sebagai cara mengatasi kerutan di mata.

8. Sayuran hijau

Sayuran yang berwarna hijau memiliki zat enzim yang baik untuk tubuh anak. Enzim ini juga berguna untuk membersihkan racun yang ada pada tubuh. Contohnya yaitu brokoli, selada, kangkung, bayam, seledri, dan kubis hijau. Vitamin untuk menghilangkan kerutan di wajah untuk Moms juga banyak dikandung di sayuran hijau.

9. Sayuran putih

Sayuran yang berwarna putih memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mencegah penyakit akibat ketidakseimbangan dari hormon. Contoh sayuran yang bisa Bunda gunakan yaitu kembang kol, bawang putih, jagung kecil atau putren, dan lobak.

10. Sayuran ungu

Sayuran yang berwarna ungu memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan ini memiliki fungsi untuk menangkal radikal bebas, membantu tumbuh kembang otak dan organ dalam lainnya. Contoh sayurannya yaitu bit dan bayam merah.

Bunda, itulah daftar buah dan sayuran yang baik untuk dikonsumsi agar anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Jangan lupa untuk sajikan makanan yang bergizi dan seimbang setiap harinya ya. Cara mengatasi anak gizi buruk memang sebaiknya dihindari dengan cara selalu makan yang bergizi. Semoga bermanfaat.