Yuk Coba 4 Cara Menghilangkan Komedo dan Mencegahnya Kembali Lagi

41

cara-menghilangkan-komedo

Komedo adalah biang jerawat yang naik ke permukaan kulit. Ketika pori-pori kulit tersumbat dan menutup, yang muncul adalah whitehead. Namun jika bagian atas pori-pori kulit tetap terbuka, yang terbentuk adalah komedo. Banyak orang berpikir bahwa komedo memiliki warna yang gelap dikarenakan warna dari kotoran yang menumpuk di pori-pori kulit. Sebenarnya, komedo dengan warna hitam atau abu-abu gelap disebabkan oleh minyak dan kulit mati yang menyumbat pori-pori kemudian mengalami proses yang disebut “oksidasi” ketika minyak dan kulit mati itu bersentuhan dengan udara.

Apabila kamu memiliki permasalahan yang sama, kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menghilangkan komedo sekaligus mencegahnya kembali lagi. Tenang, berikut adalah cara menghilangkan komedo yang bisa kamu coba mulai dari perawatan rumahan hingga tips dan rekomendasi terbaik dari dokter kulit.

1. Cuci muka dua kali sehari setelah beraktivitas di luar ruangan

Sebaiknya cuci muka dua kali sehari untuk memastikan bahwa kulit wajah kita benar-benar bebas dari sebum dan minyak: satu kali di pagi hari untuk membasmi sisa kotoran yang mungkin menumpuk selagi kita tidur di malam hari, dan satu kali di sore hari untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran yang didapat setelah seharian beraktivitas di luar ruangan. Pastikan kita juga mengganti dan mencuci sarung bantal secara teratur, karena sarung bantal yang kotor dapat menjadi tempat pertumbuhan mikroorganisme.

Sama seperti pada cara menghilangkan jerawat, berhati-hatilah supaya tidak mencuci muka secara berlebihan alias “over-cleanse” karena hal ini bisa berdampak buruk pada lapisan terluar kulit wajah. Di samping itu, hal ini juga justru menimbulkan produksi minyak yang berlebih dikarenakan kulit yang kurang terhidrasi. Pastikan untuk mencuci muka segera setelah berolahraga atau melakukan kegiatan fisik lainnya. Keringat bisa terperangkap dalam pori-pori bersama dengan kotoran dan minyak, itulah sebabnya kamu harus mencuci wajah setelah melakukan aktivitas berat yang memproduksi keringat berlebih – idealnya sebelum keringat benar-benar mengering.

2. Rutin melakukan exfoliation

Jika kita memikirkan tentang “membersihkan pori-pori tersumbat”, yang umumnya muncul di benak kita adalah gambaran tentang facial scrub yang kasar dan menyakiti kulit. Eksfoliasi dengan cara yang tidak benar ini sangat ditentang dalam proses perawatan wajah berjerawat a la Korea sebab bisa menginfeksi jerawat dan membuatnya meradang. Untungnya, saat ini terdapat sejumlah merek produk perawatan wajah yang menawarkan eksfolian kimiawi yang berbahan lembut yang bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan komedo.

Produk eksfolian semacam ini biasanya mengandung asam yang sifatnya aman digunakan untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Produk eksfolian tersebut berfungsi sebagai langkah pertama untuk membersihkan pori-pori sekaligus mempersiapkan kulit sebelum dilanjutkan dengan produk perawatan lainnya supaya dapat bekerja lebih efektif.

3. Coba masker berbahan dasar charcoal

Sekarang ini marak produk-produk kesehatan dan kecantikan yang menggunakan arang sebagai salah satu bahan utamanya. Tentunya hal ini didasari dengan alasan yang logis. Arang atau charcoal adalah zat detoks yang efektif untuk mengeluarkan racun dan kotoran dari dalam tubuh. Ada banyak masker charcoal tersedia di apotek atau toko kecantikan yang bisa kamu manfaatkan sebagai cara menghilangkan komedo yang cukup efektif, seperti manfaat Freeman Charcoal yang tak cuma cocok untuk kulit berminyak namun juga mereka yang memiliki banyak komedo.

4. Oleskan gel asam salisilat

Asam salisilat dapat membantu melarutkan keratin yang menyumbat pori-pori – yang mana keratin ini dapat menjadi salah satu penyebab munculnya komedo. Asam salisilat juga termasuk dalam salah satu eksfolian yang bekerja dengan ampuh mengatasi banyak permasalahan kulit. Oleh karena itu, tak sedikit skincare Korea untuk Kulit Berjerawat yang memanfaatkan bahan utama satu ini untuk produk perawatan kulit berjerawatnya. Namun, produk dengan kandungan asam salisilat hanya boleh digunakan pada bagian tubuh yang berkomedo atau berjerawat saja. Penggunaan seluruh tubuh justru dapat menimbulkan keracunan.

Tidak sedikit dari kita yang mengalami permasalahan kulit yang satu ini. Dengan mengikuti cara menghilangkan komedo di atas maka komedo dapat dibasmi tuntas dengan mudah.