5 Cara Menyembunyikan Jerawat dengan Makeup Praktis Agar Kamu Tampil Flawless

17

cara-menyembunyikan-jerawat-dengan-makeup

Bagaimana reaksimu jika menemukan ada sebiji jerawat yang muncul di dahi semalam sebelum acara penting, seperti perayaan Idul Fitri, wisuda, atau pesta ulang tahun do’i? Percuma saja kamu bersusah payah mencatat tips agar makeup lebaran tahan lama kalau jerawat ekstra besar dan merah tampak menonjol di dagu atau dahi. Pasti rasanya bete banget, ya?

Untungnya, kamu bisa menyembunyikan jerawat itu dengan mudah menggunakan bala bantuan makeup dan singkirkan penampakan menyeramkan itu untuk sejenak. Selama kamu mengikuti cara menyembunyikan jerawat dengan makeup ini serta menggunakan produk yang tepat, bukan mustahil kamu tetap bisa tampil flawless di event penting tersebut. Ada lima cara menyembunyikan jerawat dengan makeup yang bisa kamu coba kurang dari 30 menit saja di bawah ini, dan bersiaplah untuk mengkamuflasekan jerawat yang menjengkelkan itu. Fake it until you make it, Girls.

1. Aplikasikan color corrector

Jika concealer biasa tidak sanggup untuk menyembunyikan jerawat, maka ini adalah saat yang tepat untuk menggunakan color corrector. Diklaim sebagai salah satu produk makeup terbaik untuk menyamarkan jerawat, color corrector bekerja dengan cara menerapkan prinsip warna primer dan sekunder yang saling berlawanan sifatnya untuk meratakan warna kulit. Jadi, jika kamu punya sebiji besar jerawat dengan warna merah menyala, aplikasikan color corrector dengan warna hijau untuk meredakan kemerahan yang ada.

Atau, pilih color corrector dengan warna kuning untuk menyamarkan komedo yang ada di hidung. Selalu gunakan color corrector terlebih dahulu sebelum kamu melanjutkan makeup routine-mu dengan cara menyembunyikan jerawat dengan makeup ini. Satu lagi, untuk menghindari kontak fisik antara jari dengan kulit wajah (khawatir apabila bakteri dari jari akan menginfeksi jerawat), gunakan beauty blender untuk membaurkan color corrector dengan baik.

Penasaran dengan kegunaan lain dari beauty blender dan color corrector selain untuk menyembunyikan jerawat? Asah pengetahuanmu dengan membaca fakta tentang beauty hacks a la wanita Korea yang satu ini.

2. Cerahkan wajah kusam dengan concealer

Setelah mengikuti tahap pertama dari cara menyembunyikan jerawat dengan makeup di atas, berikutnya dilanjutkan dengan mengaplikasikan concealer pada jerawat. Tapi, concealer apa yang paling cocok digunakan untuk menangani jerawat? Lalu, apa saja merk concealer yang bagus untuk kulit berjerawat?

Sebetulnya, ada dua tips dalam memilih concealer yang tepat digunakan untuk kulit berjerawat, yaitu: pertama, pilih concealer dengan tekstur ringan agar tidak menyumbat pori-pori kulit dan mengiritasi jerawat; kedua, pilih concealer dengan warna yang menyerupai pigmen asli kulit agar dapat diratakan dengan mudah. Secara perlahan, totol concealer pada daerah yang berjerawat kemudian ratakan dengan beauty blender hingga tidak terlihat jelas perbedaan antara warna kulit asli dan lapisan concealer yang baru saja ditambahkan di atasnya.

3. Pilih foundation dengan high coverage

Menemukan foundation yang tepat untuk menyamarkan jerawat dan bekasnya adalah kunci utama dari cara menyembunyikan jerawat dengan makeup ini. Setelah tuntas menambahkan concealer pada kulit, saatnya untuk mengaplikasikan foundation dengan daya coverage yang tinggi ke seluruh permukaan wajah. Tidak perlu memilih foundation high-end yang jelas-jelas menguras kantong terlalu dalam, mengapa tidak mencoba merk foundation drugstore yang bagus dan tahan lama? Pun lagi, harganya sangat terjangkau baik untuk remaja ataupun ibu rumah tangga.

Tentu saja, foundation yang high coverage ini juga harus bersifat non-comedogenic atau tidak menyumbat pori-pori kulit agar tidak menimbulkan breakout atau biang jerawat. Akan lebih bagus lagi jika kamu dapat menemukan foundation yang tidak diberi tambahan wewangian dan berbahan dasar minyak agar kulitmu bebas dari iritasi. Apapun pilihan foundation-mu nanti, selalu ingat untuk meratakan foundation dengan beauty blender agar hasilnya maksimal, ya.

4. Buat tanda lahir atau freckle buatan

Ya, kami tidak bercanda saat mengusulkan trik yang satu ini ke dalam cara menyembunyikan jerawat dengan makeup. Namun, dengan satu syarat: apabila jerawat yang ada di dagu atau pipi ukurannya tidak terlalu besar, kamu dapat memanipulasinya dengan menggunakan eyeliner coklat dan mengubahnya menjadi … tahi lalat!

Tahi lalat yang dianggap orang Barat sebagai fitur wajah yang karismatik akan menambah kesan manis namun tegas pada penampilanmu. Tutupi jerawatmu yang sudah berbalut concealer dan foundation secara rapi dengan setitik eyeliner coklat, dan … voila! Jadilah tanda lahir yang berkarakter! Kalau kamu ingin supaya tahi lalat buatan ini bertahan lama tanpa luntur sepanjang hari, jangan lupa untuk menyemprotkan setting spray setelahnya, ya!

5. Hapus makeup hingga bersih

Cara menyembunyikan jerawat dengan makeup ini tidak hanya mengajarkanmu bagaimana tips dan trik menggunakan color corrector serta concealer yang tepat, namun juga menyarankanmu supaya menghapus makeup sampai bersih agar tidak tertinggal kotoran atau debu yang berpotensi memicu lebih banyak jerawat di wajah. Apabila kamu tidur dengan sisa makeup di wajah, produk makeup dapat bercampur dengan minyak, keringat, dan debu; yang kemudian berujung pada tersumbatnya pori-pori kulit dan menimbulkan breakout.

Ambil micellar water atau cleansing oil untuk membersihkan makeup tanpa bersisa, kemudian lanjutkan proses double cleansing ini dengan mencuci muka menggunakan facial foam atau pembersih wajah pilihanmu. Pastikan micellar water yang kamu gunakan termasuk ke dalam salah satu dari lima micellar water untuk kulit berjerawat untuk meminimalisir terjadinya breakoutGirls.

Sekarang, kamu jadi tahu deh cara menyembunyikan jerawat dengan makeup yang dijamin bikin wajah terlihat mulus seolah-olah tidak pernah ada jerawat disana. Selanjutnya, kamu juga harus tahu nih apa saja penyebab jerawat yang kondisinya makin parah dari hari ke hari. Temukan jawabannya di benda-benda yang menyebabkan kulit berjerawat berikut ini.