Katanya, Wanita Selalu Benar? Inilah Alasannya Wanita Dianggap Selalu Benar!

59

Doktrin seperti ini mungkin sudah seringkali kamu dengan, bukan? Dimana-mana, ketika sedang berdebat terutama dengan lawan jenis, wanita selalu berada di pihak yang dianggap benar, dan sang pria selalu merasa berada di posisi yang salah.

Bagi kaum adam, hal ini jelas menyebalkan, ya. Tapi berbanggalah bagi kalian para perempuan, ini maknanya kalian sebenarnya memiliki kekuatan tersendiri, yang bahkan tidak dimiliki cowok manapun di muka bumi ini. Betul? Karena meski terkesan egois, mau bagaimana lagi, doktrin ini sepertinya sudah tertanam dalam-dalam.

 

Permasalahan ini seringkali menimbulkan perdebatan pelik, apalagi jika ini terjadi kalian dengan pasangan kalian. Nah, mari kita bahas mengenai doktrin ini, mengapa sih cewek selalu dianggap benar? Apa sih, yang mendasari konsep ini?

      1. Perempuan cenderung punya kepekaan yang lebih tinggi

Kebanyakan perempuan cenderung lebih menggunakan perasaan dan emosi saat menghadapi masalah. Namun karena itu jugalah, perempuan lebih jago membaca situasi dan kondisi dibandingkan dengan pria.

Kepekaan ini juga membuat wanita jadi jauh lebih percaya diri untuk mengungkapkan ekspresi ketidaksukaannya saat melihat sesuatu yang tidak diinginkan. Karenanya, ada kelebihan wanita dalam memimpin yang tidak dimiliki pria, terutama dari segi emosional.

Oleh karena itu, jangan coba-coba berbohong sedikitpun ya. Bagaimanapun, sepandai-pandainya tupai melompat, pasti akan jatuh juga. Sepandai apapun kesalahan ditutupi, pasti akhirnya akan terbongkar juga. Mungkin ada alasan pria berbohong yang sebenarnya bermaksud baik, namun lebih baik terus terang daripada disembunyikan, betul?

2. Perempuan lebih jago bertutur kata

Satu lagi kelebihan perempuan yang patut sekali kita syukuri. Perempuan rata-rata menguasai bahasa dan perbendaharaan kata jauh lebih banyak daripada pria, sehingga seharusnya wanita memiliki kemampuan verbal yang lebih baik daripada pria. Jadi jangan coba-coba deh, ngeles atau mencari pembelaan. Bisa-bisa malah semakin disemprot. Ada cara menghadapi laki-laki tukang bohong yang harus kamu ketahui juga, lho.

Ini juga menjadi peringatan bagi semua pria, untuk bisa memegang janji dan berbicara dengan lebih tegas. Katanya pria adalah pemimpin, kan tidak lucu kalau pemimpin punya sifat plin-plan dan nggak jelas. Wah, kalau sampai begitu, ya wajar saja wanita bisa dengan mudah menemukan celah dari setiap ucapanmu. Benar kan, girls?

3. Baik pria maupun wanita sama-sama memiliki ego yang tinggi

Kesalahan dan kelalaian itu manusiawi, kok. Semua bisa melakukannya. Tapi lain lagi ceritanya kalau yang melakukan kesalahan itu enggan mengakui kesalahannya. Inilah yang seringkali terjadi pada kasus wanita selalu benar.

Biasanya, pria enggan mengakui kesalahannya, atau lebih parah lagi, tidak peka dan tidak tahu sebenarnya kesalahannya apa. Karenanya, kamu wajib tahu cara mengahadapi laki-laki keras kepala.

Bukan berarti wanita tidak pernah berbuat salah, ya. Tapi berhubung kaum hawa memiliki ego yang juga tinggi, tergantung dari pihak mana saja yang bersedia mengalah. Tapi ingat, mengakui kesalahan bukan berarti kalian kalah. Masa hanya karena kesalahan kecil, kepercayaan yang kalian bangun bersama bisa hancur seketika?

Dan lantas, apakah stigma “wanita selalu benar” memang benar adanya? Apakah memang benar wanita seberkuasa itu? Apakah semua wanita berpikir hal demikian?

Jawabannya, tidak, belum tentu. Wanita juga manusia, yang bisa melakukan kesalahan kapanpun. Tidak ada gunanya mencari pembenaran atas kesalahan apapun yang diperbuat. Ketika kamu memang salah, kamu harus berani melawan egomu dan meminta maaf.

Ingat, sekali lagi, mengalah bukan berarti kalah, ya. Justru dengan menunjukkan kebesaran hatimu, bisa jadi dia akan kagum dengan sisi dewasamu, dan semakin sayang denganmu. Bukankah begitu lebih baik?

Bagi kalian para pria, jangan jadikan anggapan “pria selalu salah” sebagai intimidasi bagi diri kalian sendiri. Ketika kalian melakukan hal yang benar, kalian berhak untuk mempertahankan pendapat kalian, asal dengan cara yang tepat sehingga tidak akan menyakiti hati si dia. Termasuk menegur ketika wanita melakukan kesalahan.

Dan ingatlah. Kalian adalah satu tim. Kalian harus saling melengkapi, bukan menjatuhkan satu sama lain. Ketika satu diantara kalian berbuat salah, jangan buat dia semakin terpuruk, bantu dia untuk bangkit. Kamu harus tahu tips baikan dengan pacar dengan baik, dan jangan pernah gengsi untuk meminta maaf. Dijamin, hubungan kalian akan semakin langgeng.