5 Manfaat Masker Tomat Untuk Kecantikan Kulit Wajah

46

Tomat tidak hanya segar untuk ditambahkan pada makanan, minuman ataupun dimakan langsung. Kandungan nutrisi yang kompleks ternyata juga baik untuk kesehatan kulit wajah.

Terutama kandungan vitamin C-nya yang tinggi bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Selain itu juga mampu mencegah jerawat untuk tumbuh kembali. Nah, sebenarnya apa saja manfaat masker tomat yang lainnya? Yuk simak manfaat masker tomat berikut ini.

  1. Memudarkan mata panda

Vitamin C yang tinggi pada tomat memiliki manfaat mencerahkan kulit dan merupakan salah satu vitamin untuk kulit kering. Sehingga baik untuk memudarkan mata panda yang bertengger di bawah mata ladies. Caranya adalah digunakan sebagai masker mata.

Ambil satu sendok makan sari tomat kemudian tambahkan beberapa tetes gel lidah buaya. Selanjutnya aplikasikan kedua campuran ini tepat dibawah mata. Usahakan tidak sampai mengenai mata. Diamkan selama 10 menit sebelum dibilas.

  1. Menghilangkan noda gelap pada wajah

Selain mampu memudarkan mata panda, masker tomat juga mampu memudarkan bahkan menghilangkan noda gelap pada wajah lho ladies. Caranya yaitu haluskan 1 buah tomat berukuran kecil kemudian tambahkan 4 tetes sari lemon.

Kemudian campur hingga merata dan aplikasikan pada wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Untuk hasil maksimal gunakan campuran masker ini dua kali seminggu.

  1. Mencegah tanda penuaan

Vitamin C merupakan salah satu vitamin untuk menghilangkan kerutan di wajah. Vitamin C dan senyawa lycopene yang terkandung pada buah tomat ternyata memiliki manfaat sebagai penangkal radikal bebas.

Artinya dengan menggunakan masker tomat secara rutin dapat melindungi kulit dari dampak negatif radikal bebas yang dibawa oleh sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan timbulnya tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus pada wajah.

Cara membuat masker tomat yaitu ambil beberapa tetes ekstrak biji tomat dan tambahkan pada pelembab malam ladies. Kemudian aplikasikan pada wajah yang telah dibersihkan dan diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

  1. Mengatasi jerawat

Kandungan vitamin A, C serta zat asam alami pada tomat dapat berfungi sebagai antiseptik dan antibakteri yang baik bagi kulit. Menggunakan masker tomat secara rutin dapat mengatasi tumbuhnya jerawat membandel pada wajah yang mengganggu penampilan ladies.

Caranya adalah haluskan 1 buah tomat berukuran kecil kemudian tambahkan 2-3 sendok makan madu dan campur hingga merata. Kedua campuran bahan kemudian aplikasikan ke wajah sambil dipijat secara lembut dan diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakan masker tomat ini 2-3 kali seminggu.

  1. Mengangkat komedo

Ladies yang memiliki komedo yang membandel dan menghitam dapat menggunakan masker tomat alami untuk membantu mengangkat dan mengeluarkan komedo yang membandel ini.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada tomat tidak hanya mampu mengangkat komedo namun akan menutrisi kulit sehingga kulit menjadi lebih sehat cerah dan bebas dari komedo.

Caranya adalah ambil tomat dan potong melingtang kemudian gosokkan pada daerah wajah ladies yang berkomedo. Selain itu, juga dapat dicampurkan dengan gula sebagai scrub wajah alami.