Tampil Cerdas dan Profesional Tanpa Harus Kaku dengan Smart Casual Fashion

Kamu akan menghadapi pertemuan penting besok dan masih bingung dengan apa yang harus dipakai? Atau kamu bosan dengan penampilanmu sehari-hari di kantor yang terkesan terlalu kaku? Tampil rapi dan berkelas adalah keharusan bagi kamu yang ingin meyakinkan klien, bos, atau teman-temanmu di kantor dengan penampilanmu yang smart, profesional, dan tampak berkompeten.

Pepatah memang mengatakan don’t judge the book by its cover, jangan menilai sesuatu dari luarnya. Namun jika kamu memang memiliki kompetensi yang dibutuhkan, ditambah lagi dengan penampilan yang oke, atasan mana yang sanggup menolak pesonamu? Ada banyak cara menjadi wanita berkelas, namun memperlihatkan penampilan yang juga berkelas penting untuk image branding.

Mungkin diantara kamu semua masih ada yang merasa sulit memadukan, bagaimana tips menjadi wanita smart dan berkelas, tanpa perlu terlihat aneh. Alih-alih terlihat cerdas, kamu malah terlihat seperti seorang nerd berkacamata tebal yang membosankan. Kamu ingin mencoba padu padan dengan gaya yang lebih santai, tapi kamu juga takut menghilangkan kesan profesional.

Yuk, simak gaya berpakaian yang bisa kamu adopsi berikut. Dijamin, kamu akan terlihat meyakinkan dan smart, tanpa perlu terlihat kaku atau dianggap saltum, alias salah kostum.

1. No jeans allowed, gunakan bahan kain!

Tampil Cerdas dan Profesional Tanpa Harus Kaku dengan Smart Casual Fashion

Bagaimanapun, hal utama yang harus kamu perhatikan untuk tampil berkelas adalah jangan gunakan pakaian berbahan dasar denim atau jeans. Entah itu celana atau rok, jaket, dan jenis pakaian lainnya. Selain jeans, jenis pakaian yang perlu kamu hindari adalah kaos oblong, printed t-shirt, pakaian olahraga, gaun malam, topi, dan sandal. [AdSense-B]

Sebaiknya, kamu gunakan bawahan berbahan kain dengan warna netral, seperti hitam, navykhaki, atau putih. Kamu bisa pakai pencil skirt atau rok midi sebagai bawahan. Jika kamu menggunakan hijab, kamu bisa gunakan celana botol atau rok span yang tidak terlalu ketat.

2. Blazer adalah kuncinya

Ingin terlihat profesional tanpa perlu ribet memilih atasan? Kamu bisa menggunakan blazer sebagai outerwear. Blazer atau jas akan menunjang penampilanmu dan membuatmu terlihat rapi dan berkompeten di mata orang lain.

Tampil Cerdas dan Profesional Tanpa Harus Kaku dengan Smart Casual Fashion

Kamu bisa menggunakan blazer dengan warna yang kontras dengan warna bawahan yang kamu gunakan. Misalnya, ketika kamu menggunakan bawahan berupa celana hitam, kamu bisa menggunakan blazer berwarna abu-abu atau khaki. Untuk kaos dalaman, kamu bisa menggunakan kaos polos yang berpotongan leher tinggi dengan warna netral seperti hitam dan putih. Jangan lupa disesuaikan dengan warna blazer dan bawahan, ya.

3. Blus juga bisa kamu jadikan alternatif, lho

Meskipun blus sebenarnya adalah pakaian formal, blus juga cocok untuk dipadukan sebagai pakaian sehari-hari yang terlihat casual namun tetap elegan.

Tampil Cerdas dan Profesional Tanpa Harus Kaku dengan Smart Casual Fashion

Apabila kamu bosan memakai jas atau blazer kamu bisa menggunakan blus dengan warna yang senada dengan bawahan yang kamu kenakan sebagai pilihan lainnya.

Jika kamu memakai blus dengan model vest atau blus yang cukup terbuka, kamu bisa memakai kaos dalaman dengan warna yang kontras dengan blus yang kamu kenakan. [AdSense-A]

4. Kemeja juga bisa jadi pilihan

Tampil Cerdas dan Profesional Tanpa Harus Kaku dengan Smart Casual Fashion

Padu padan kemeja dengan blazer juga bisa kamu coba, lho! Bahkan tanpa blazer, kemeja sudah cukup untuk membangun image berkelas dalam dirimu.

Kamu bisa gunakan kemeja formal atau semi-formal sesuai seleramu. Masukkan ujung kemeja ke dalam bawahan agar terlihat lebih rapi.

5. Pilih aksesoris yang tepat!

Aksesoris bisa jadi pisau bermata dua, lho. Jika kamu tidak bisa memilihnya dengan baik, kamu bisa-bisa terlihat norak dan berlebihan. Namun, jika kamu tahu bagaimana cara memilih aksesoris yang tepat, penampilanmu akan semakin terlihat oke.

Tampil Cerdas dan Profesional Tanpa Harus Kaku dengan Smart Casual Fashion

Jam tangan adalah aksesoris yang sangat disarankan. Kamu juga bisa memakai statement necklace berukuran sedang sebagai pemanis, apalagi jika kamu memakai atasan polos. Pakailah anting yang berukuran kecil. Tata rambutmu dengan rapi, biarkan rambutmu tergerai atau digulung. Jangan menggunakan riasan tebal. Bagi kamu yang pemula, coba baca tips makeup untuk pemula berikut.

Pakai flat shoesslip-on shoes, atau wedges yang tidak terlalu tinggi. Heels hanya disarankan bagi kalian yang sudah terbiasa, agar kalian tidak kesulitan bergerak. Jangan gunakan heels yang terlalu tinggi. Usahakan pakai sepatu yang menutupi punggung kakimu.

Bagi kamu yang menggunakan hijab, pakailah pashmina berbahan ringan dengan simpel. Jangan lupa dipakai dengan rapi, ya. Terakhir, jangan bawa tas yang terlalu besar. Kamu bisa pakai sling bag atau tote bag berukuran kecil hingga sedang, atau ransel kecil untuk membawa barang-barangmu.

Itu dia tips berpakaian smart casual. Bukan hanya di kantor, kamu juga harus tampil mempesona dimanapun. Cobalah beberapa model baju wanita ala Korea atau model baju kekinian yang dijamin akan menunjang penampilanmu. Sudah siap tampil cantik, girls?