Moms, Inilah 5 Tips Jitu Siapkan Angpao Lebaran Untuk Keluarga Paling Mudah

13

Membagi-bagikan uang THR saat lebaran menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dan tidak bisa dilupakan begitu saja, karena THR menjadi salah satu hal yang sangat ditunggu tunggu khusunya oleh kaum anak-anak.

Salah satu fungsi ibu dalam keluarga adalah dengan mengalokasikan dana THR dengan benar dan tepat, karena apabila ibu melakukan kesalahan dalam menghitung uang THR yang harus dikeluarkan maka hal ini bisa mengakibatkan kekacauan.

Banyak orang yang beranggapan bahwa salah satu ciri-ciri ibu yang baik dan cara menjadi ibu teladan adalah dengan mampu mengalokasikan keuangan dalam keluarganya dengan sangat baik, baik dalam hal pengeluaran kebutuhan sehari-hari atau saat memasuki bulan ramadhan ini.

Dibawah ini kami akan menjelaskan mengenai cara jitu menyiapkan uang angpao saat lebaran yang bisa ibu tiru dan ibu terapkan saat lebaran nanti. Yuk disimak:

    1. Alokasikan dana dengan tepat

Seperti yang dikatakan sebelumnya tadi, bahwa salah satu ciri-ciri ibu yang baik dan cara menjadi ibu teladan adalah dengan mempu mengalokasikan keuanagn keluarga dengan baik. Dan salah satu cara menyiapakn uang angpao adalah dengan mengalokasikan dana jauh-jauh hari, hal ini  menjadi faktor penting yang harus ibu lakukan sebelum Hari Raya tiba.

Mengalokasikan dana ini mencegah pengeluaran yang terlalu besar menjelang atau saat Hari Raya. Selain itu, ibu juga bisa memberikan angpao atau THR dari uang THR yang diterima kantor sehingga uang bulanan anda masih bisa gunakan untuk keperluan lainnya.

2. Pisahkan THR untuk keluarga terdekat dan bukan

Setelah memastikan pengeluaran di atas, Anda harus pisahkan lagi mana THR yang sifatnya wajib mana yang sifatnya sukarela. Karena pasti jumlah THR yang akan anda berikan tidaklah sama, megingat pasti ada anggota keluarga terdekat anda sehingga sangat wajar bila mereka menerima uang THR yang lebih besar dibandingkan yang lain. Ibu harus benar dalam menghitung jumlah ini jika tidak ingin ada kesalahan atau kekurangan uang angpao nantinya.

3. Menghitung jumlah penerima angpao

Sebelum membagikan THR, ibu juga harus menghitung sanak keluarga yang hendak di bagikan THR, dengan menghitungnya, ibu akan tahu dengan pasti berapa jumlah pengeluaran yang dibutuhkan sehingga tidak melebihi budget yang telah ditentukan.

Ibu bisa menghitungnya per orang atau bahkan ibu juga bisa langsung menentukan berapa jumlah nominal THR yang akan diterima masing-masing orang sehingga jumlah pengeluaran yang ibu keluarkan bisa dihitung secara jelas dan terperinci.

4. Disiplin dalam membagikan THR

Hal yang paling penting dari semua tips yang telah dibagikan adalah sikap kedisiplinan ibu dalam mengatur keuangan. Bila tidak, maka hasil kerja keras ibu dan suami  selama ini akan habis begitu saja dan keuangan keluarga anda akan kacau.

Untuk itu sikap anda saat membagikan THR ini menjadi hal paling penting. Membagikan THR kepada semua orang yang membutuhkan merupakan hal yang baik dan tidak ada salahnya, namun anda juga harus tetap mengatur pengeluaran anda supaya tidak over budget.

5. Jangan habiskan uang persediaan angpao

Biasanya, momen lebaran membuat anda khilaf untuk mengeluarkan uang banyak, sebaiknya ibu sisihkan sebagian biaya THR untuk disimpan. Hal tersebut sangat penting untuk perhatikan, karena selain bisa untuk ditabung hal ini juga bisa untuk mengantisipasi pengeluaran tak terduga anda ketika sedang dalam momen lebaran.

Itulah tadi tips jitu siapkan angpao lebaran untuk keluarga yang bisa ibu terapkan nantinya. Selamat membaca dan semoga bermanfaat, terima kasih.