Sangat Mudah, Inilah 3 Tips Menemukan Gaya Berpakaian yang Cocok Buatmu

124

tips-menemukan-gaya-berpakaian

Menentukan gaya berpakaian yang sesuai dengan kepribadian dan penampilan fisikmu adalah salah satu hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk perkembangan dirimu sendiri. Meskipun kita tidak mungkin menolak godaan dari perkembangan fesyen yang cepat dari hari ke hari, dari sudut pandang ekonomi akan sangat praktis dan bermanfaat jika kita bisa berpegang pada gaya fesyen kita sendiri. Di samping itu, mengenakan pakaian yang selaras dengan selera kita tergolong dalam salah satu cara berpenampilan menarik untuk wanita yang sangat effortless atau mudah dicoba oleh siapa saja.

Tapi, lebih mudah membicarakannya daripada menemukan gaya yang benar-benar cocok kita kenakan. Sama seperti usia kita yang terus bertambah, gaya berpakaian kita pun pasti akan mengalami perubahan pula. Well, enggak ada yang salah dengan gonta-ganti style. Namun, dengan menentukan gaya berpakaian yang khas dan unik, kamu bisa melatih dirimu untuk tampil lebih percaya diri tanpa perlu repot-repot memikirkan gaya apa yang harus kamu ikuti tiap musimnya.

Jika kamu berkomitmen ingin mengenakan pakaian dengan style yang cocok dan pas hanya untukmu, maka ada baiknya kamu teruskan membaca tips menemukan gaya berpakaian yang sangat mudah diikuti berikut ini.

1. Cari gambaran tentang fashion style favorit

Yang pertama dalam tips menemukan gaya berpakaian adalah dengan menggambarkan seperti apa gaya fesyen yang kamu sukai dengan detil. Buat visualisasi seperti apa gaya yang kamu inginkan – kalau perlu, tentukan temanya sekaligus (apakah kamu ingin tampil ceria, gothic, atau rock ‘n roll?). Kunjungi Pinterest atau Instagram sebagai sumber inspirasi apabila kamu masih kebingungan mencari-cari gaya yang sekiranya nampak pas untukmu. Banyak pengguna Instagram dengan tips fashion a la selebgram yang kece abis yang bisa kamu contek.

Unduh gambar-gambar yang memuat gaya fesyen favoritmu dan cetak. Gambar-gambar ini berfungsi sebagai referensi dan panduan untuk membantumu menyingkirkan pakaian-pakaian yang tidak sesuai dengan tema yang sudah kamu tetapkan serta membeli beberapa pasang baju baru untuk menjadi koleksi barumu.

2. Nilai gaya berpakaian yang baru dengan jujur

Yang kedua dalam tips menemukan gaya berpakaian yang cocok untukmu adalah dengan menilai kembali gaya fesyen barumu – apakah pakaian-pakaian ini membuatmu tampak luar biasa atau justru menyembunyikan karismamu? Apabila kamu merasa gaya tersebut sama sekali tidak mendeskripsikan kepribadianmu dengan baik, maka kamu tidak harus memaksakan diri untuk mengikuti tren tersebut.

Misal, warna cerah membuat kulitmu tampak kusam, baju-baju berpotongan rendah membuatmu risih, dsb. Ada banyak faktor yang mungkin harus kamu pertimbangkan sebelum merasa “klik” dengan satu gaya: bentuk tubuh, tinggi badan, warna kulit, dll. Jika kamu bertubuh pendek, kamu tentu akan mengikuti tips fashion untuk wanita pendek, begitu pula sebaliknya.

Sangat penting untuk membeli pakaian-pakaian yang tak hanya tampak cantik saat dikenakan, namun juga awet dipakai berulang-ulang dan harganya tidak membebani dompetmu. Meskipun saat ini tren berpakaian fast fashion sedang merajalela, namun pakaian-pakaian basic yang tidak lekang dimakan jaman memiliki nilai investasi yang tinggi.

3. Anut gaya berpakaian baru dengan percaya diri

Yang terakhir dalam tips menemukan gaya berpakaian untuk diri sendiri adalah menganut gaya fesyen terbarumu yang memancarkan keanggunan dan keunikan khas darimu dengan penuh percaya diri. Tren fesyen yang berubah-ubah tidak bisa mematahkan semangatmu untuk berpegang teguh pada gaya berpakaian yang mencerminkan kepribadianmu serta pandanganmu terhadap fesyen. Cara menjadi wanita fashionable dimulai dengan merasa bangga pada gaya fesyen diri sendiri dan tidak takut untuk menjadi berbeda dari gaya mainstream.

Mungkin saat mengikuti tips menemukan gaya berpakaian yang sesuai dengan seleramu ini kamu akan tenggelam dalam proses panjang untuk mendapatkan pakaian-pakaian yang cocok buatmu. Walaupun begitu, proses panjang tersebut sangat layak untuk dicoba. Jangan pernah takut untuk bereksperimen dan catat evolusi gaya fesyenmu dari waktu ke waktu. Kamu akan terkejut saat melihatnya suatu saat nanti, betapa kamu telah berkembang menjadi ahli fesyen yang memahami selera berpakaianmu yang sesungguhnya.