Bunda, Inilah 5 Tips Menjaga Pola Makan Agar Tetap Sehat Di Bulan Ramadan

19

Menjadi seorang ibu merupakan hal sangat membahagiakan sekaligus menyenangkan, dikatakan menyenangkan dan membahagiakan karena setiap wanita pasti ingin merasakan berada pada posisi seorang ibu mengurus keperluan rumah tangga baik untuk anak maupun suami.

Salah satu fungsi ibu dalam keluarga adalah dengan memperhatikan dan menjamin semua hal yang berhubungan dengan keluarga berjalan dengan baik.

Salah satu fungsi ibu dalam keluarga yang dirasa sangat penting dan paling utama adalah dengan memberikan asupan makanan yang terjamin rasa, kualitas, dan kesehatan nya. Selain itu, seorang ibu yang ingin menerapkan cara menjadi ibu rumah tangga yang baik dengan selalu memperhatikan keperluan keluarganya tanpa melupakan kepentingan dirinya sendiri.

Hal yang termasuk kepentingan pribadi seorang ibu adalah dengan menjamin kesehatan dan kebugaran nya, perlu kita ketahui seorang ibu harus selalu dalam kondidi yang prima apabila ingin menjalankan semua kewajiban nya dengan baik dan benar.

Untuk membantu ibu menerapkan cara menjadi ibu dan istri yang baik dalam menjaga kesehatan dirinya sendiri, sehingga apabila menjalankan tanggung jawab ibu terhadap anak

maupun keluarga dapat berjalan dengan semestinya, maka dibawah ini akan kami jelaskan mengenai tips menjaga pola makan agar tetap sehat dibulan ramadan yang bisa ibu perhatikan. Yuk disimak:

    1. Pilih hidangan sahur yang bergizi

Cara atau tips pertama yang bisa ibu terapkan adalah dengan mengkonsumsi hidangan yang bergizi tinggi saat sahur, komposisi gizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan kalori harian sngatlah penting mengingat kita akan tetap beraktivitas ditengah kegiatan puasa sehingga makanan yang lengkap dan berenergi dapat memenuhi kebutuhan energi sepanjang hari tersebut.

Makanan dengan karbohidrat kompleks dapat melepaskan energi secara perlahan selama puasa. Komponen makanan yang seimbang juga dapat mengoptimalkan kondisi tubuh yang terdiri dari; 50%-60% karbohidrat, 15%-20% protein dan 20%-25% lemak.

2. Perhatikan kondisi cairan dalam tubuh

Cara kedua adalah dengan memperhatikan kondisi cairan dalam tubuh kita, mencukupi kebutuhan cairan dan zat besi saat sahur dapat membantu distribusi oksigen tetap terjaga selama berpuasa, sehingga tubuh akan terasa lebih bugar.

Tidak mudah lemas dan mudah mengantuk. Minumlah air mineral sebanyak mungkin saat sahur ataupun berbuka sehingga hal ini bisa menjamin anda tidak akan kekurangan cairan nantinya.

3. Hindari makanan mengandung minyak

Salah satu hal penting untuk menjaga pola makan sehingga tubuh tetap bugar dan sehat saat puasa adalah dengan menghindari makanan yang mengandung banyak minyak, hindari gorengan dan hidangan yang mengandung banyak garam.

Karena makanan yang digoreng akan memperlambat pengosongan lambung sehingga memicu naiknya asam lambung. Serta jangan lupa untuk penuhi kebutuhan cairan 2 liter per harinya dengan minum banyak air dan memakan makanan yang seimbang.

4. Batasi makan makanan manis

Selain membatasi makanan yang mengandung banyak minyak, ibu juga harus membatasi makanan yang mengandung banyak kandungan gula. Hindari konsumsi makanan manis yang berasal dari karbohidrat sederhana berlebih saat sahur, karena akan lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh sehingga mudah menyebabkan rasa lapar.

Jika ingin mengonsumsi makanan manis maka pilihlah makanan manis yang berasal dari karbohidrat kompleks seperti seperti sayur, buah segar dan lain sebagainya.

5. Lakukan olahraga ringan

Jangan pernah melupakan olahraga meskipun itu di bulan ramadan dan dalam keadaan puasa. Biasakan untuk berolahraga selama bulan ramadan dengan ringan sebelum atau sesudah berbuka puasa dengan durasi pendek dan intensitas lebih rendah akan membantu kebugaran tubuh selama Ramadan.

Selain itu, dengan melakukan kegiatan sehari-hari seperti menyapu, berberes rumah juga menjadi salah satu olahraga ringan yang bisa ibu lakukan dirumah.

Itulah tadi tips menjaga pola makan yang bisa anda terapkan saat bulan ramadan nanti. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.