5 Cara Mencegah dan Mengatasi Depresi Pasca Melahirkan Ini Sejak Masa Kehamilan

25

Salah satu permasalahan yang kerap dialami oleh Moms ketika baru saja melahirkan dan memiliki bayi adalah depresi pasca melahirkan. Kelainan yang bahkan sudah biasa dipicu sejak masa kehamilan ini juga sering disebut sebagai postpartum depresion. Kondisi ini ditandai dengan perasaan sedih dan takut berlebihan pasca melahirkan.

Karena menyerang kejiwaan, maka postpartum depresion wajib dikenali dan dipahami lebih awal agar tidak semakin buruk. Oleh sebab itu Moms wajib mencari tahu mengenai Cara Mencegah dan Mengatasi Depresi Pasca Melahirkan. Cara ini bisa diterapkan bahkan sejak masa kehamilan, Moms. Yuk simak ulasannya berikut ini!

  1. Selalu berada di lingkungan yang positif

Menjadi ibu memang bukan hal yang mudah, Moms. Oleh sebab itu wajar jika beberapa wanita mengalami depresi setelah melahirkan. Apalagi jika proses persalinan cukup membuat khawatir ditambah penyesuaian diri sebagai ibu dan istri. Pastinya cukup menguras emosi dan pikiran ya, Moms.

Maka dari itu demi mencegah terjadinya depresi setelah melahirkan, Moms sebaiknya selalu berada di lingkungan yang positif. Lingkungan dengan orang-orang yang bisa memberikan dukungan kepada Moms. Hindari terlalu lama bersama orang yang hanya akan membuat pikiran dan emosi Moms tertekan.

  1. Hindarkan diri dari sesuatu yang mengerikan

Beberapa hal mengerikan yang sebaiknya Moms hindari pasca melahirkan, apalagi jika sudah merasa mengalami postpartum depresion adalah film atau novel horor. Karena biasanya wanita yang berada pada situasi seperti itu memiliki emosi yang kurang stabil. Sehingga sangat mudah untuk mengaitkan adegan horor dan mengerikan yang telah ditonton dengan kehidupan pribadi.

Kalau bisa Moms seharusnya lebih memperbanyak menonton atau membaca hal-hal yang indah. Moms juga sebaiknya mencari tahu mengenai kelebihan wanita hamil dan kelemahan wanita hamil.

  1. Usahakan untuk tidak memaksakan diri dengan kegiatan berat

Kewajiban sebagai seorang ibu dan istri memang cukup berat, Moms. Meskipun begitu ada baiknya membicarakan hal tersebut dengan pasangan. Hal ini dilakukan agar Moms tidak terlalu terbebani dengan berbagai kegiatan yang berat. Ingatlah kalau kesehatan adalah hal yang utama. Dan jangan lupa memahami bencana menunda kehamilan, Moms.

  1. Tidak serta merta mengandalkan pendapat orang lain

Ada banyak tips mengatasi postpartum depresion yang sebenarnya dapat Moms coba. Bahkan pada beberapa wanita tips tersebut cukup sukses memulihkan kondisi mereka. Meskipun begitu sebaiknya Moms tidak serta merta mengandalkan hal tersebut.

Mengapa begitu? Karena bukan berarti jika tips tersebut berhasil untuk wanita lain, maka berhasil juga untuk Moms. Depresi yang dialami oleh setiap wanita berbeda-beda, sehingga pengelolaannya pun juga berbeda-beda. Perlu diingat bahwa cepat mengandalkan pendapat orang lain hanya akan membuat Moms menjadi terobsesi.

  1. Segera konsultasikan dengan dokter

Pada dasarnya Moms yang paling tahu bagaimana kondisi kesehatan sendiri. Oleh sebab itu ketika mulai merasa bahwa depresi pasca melahirkan sudah semakin memburuk, Moms sebaiknya segera menghubungi dan berkonsultasi dengan dokter.

Dan jangan lupa untuk meminta bantuan orang terdekat ya, Moms. Moms ketahui juga tips bebas baby blues pasca melahirkan dan cara menjadi ibu yang dicintai anaknya.

Itulah lima cara mencegah dan mengatasi depresi pasca melahirkan yang wajib Moms ketahui. Sebaiknya hal tersebut dilakukan bahkan ketika masih dalam tahap kehamilan. Semoga bermanfaat, Moms.