Ladies, Ketahuilah Fakta-Fakta Menstrual Cup Si Kecil Solusi Pengganti Pembalut !

30

Setiap bulan wanita harus menghadapi yang namanya menstruasi atau biasa disebut dengan datang bulan. Ketika siklus menstruasi datang wanita terutama di hari pertama ladies harus dihadapkan dengan berbagai hal sensitif yang sangat merepotkan yang ladies perlu wajib tahu inilah mengapa kamu jadi sensitif dih hari – hari pertama menstruasi.

Selain itu ketika sedang haid, Ladies juga harus siap siaga menyediakan pertolongan pertama untuk membantu siklus menstruasi berlangsung. Terutama cara mengatasi menstruasi berlebihan untuk anda yang sering mengalami menstruasi berlebihan. Minuman pereda nyeri seperti manfaat jahe untuk meredakan nyeri haid dan menghindari minuman yang memiliki efek buruk seperti efek minuman bersoda bagi wanita menstruasi

Umumnya produk digunakan untuk membantu menstruasi yaitu produk pembalut yang dapat dengan mudah ditemukan ditoko–toko terdekat. Namun, perempuan Indonesia saat ini masih belum banyak yang tahu selain pembalut terdapat alternatif produk lain yang dapat digunakan ketika sedang mengalami menstruasi. Produk tersebut disebut dengan menstrual cup atau cawan menstruasi.

Seperti halnya pembalut, menstrual cup juga memiliki fungsi untuk menampung darah menstruasi. Menstrual cup memiliki bentuk yang mirip dengan corong dan terbuat dari silikon atau karet.

Menstrual cup tersebut dapat menjadi alternatif pengganti pembalut yang sangat tepat untuk ladies yang biasanya mengalami iritasi karena penggunaan pembalut. Selain itu, penggunaan menstrual cup juga sangat ramah lingkungan mengetahui produknya yang dapat digunakan berulang kali.

Selain dua kelebihan tersebut, menstrual cup juga memiliki beberapa kelebihan lain yang patut untuk dipertimbangkan. Berikut kami memberikan 3 kelebihan utama menstrual cup yang perlu ladies ketahui

1. Penggunaan yang Cukup Praktis

Penggunaan menstrual cup dapat dikatakan sangat praktis dan mudah. Cara menggunakannya juga hampir mirip dengan tampon. Langkah pertama yang perlu ladies lakukan sebelum memakai menstrual cup yaitu pastikan mencuci tangan terlebih dahulu agar kondisi tangan bersih dan steril.

Tips untuk ladies yang baru pertama kali menggunakan menstrual cup yaitu gunakan lubricant vaginal untuk melumasi tangan agar memudahkan pemasangan menstrual cup. Langkah selanjutnya yaitu tekan menstrual cup sehingga membentuk huruf ‘U’ dan kemudian lipat lagi sehingga membentuk huruf ‘U’ yang lebih kecil.

Pastikan ladies memilih posisi yang nyaman dan rileks kemudian masukan menstrual cup tersebut secara perlahan tidak perlu terlalu dalam kemudian putar cup satu putaran penuh agar cup terkunci dan dapat menampung darah menstruasi.

Untuk mengeluarkan menstrual cup juga sangat mudah yaitu dengan cara menarik bagian dasar cup secara perlahan hingga menstrual cup keluar sepenuhnya kemudian bersihkan dengan air bersih agar dapat dipakai kembali.

2. Perawatan yang Sangat Mudah

Perawatan Menstrual cup juga sangat mudah sekali untuk dilakukan. Ketika masih dalam siklus menstruasi, menstrual cup dapat dibersihkan dengan hanya dibilas air bersih dan dapat digunakan kembali. Sedangkan ketika siklus haid telah berakhir, untuk membersihkannya lebih lanjut dapat dilakukan dengan direndam air mendidih selama kurang lebih 10 menit.

Untuk penyimpanannya cukup mudah yaitu disimpan ditempat yang kering seperti rak, lemari, atau dengan pembungkus khusus menstrual cup yang biasanya dapat ladies dapatkan saat pertama kali pembelian menstrual cup. Penting sekali untuk menghindari area lembab agar menstrual cup tetap aman dari pertumbuhan bakteri.

3. Sangat Awet

Menstrual cup juga memiliki kelebihan lain yaitu dalam hal keawetan. Perlu ladies ketahui pertama kali pembelian menstrual cup dapat bertahan hingga hampir 10 tahun. Selama 10 tahun tersebut, menstrual cup masih dapat digunakan dengan sangat baik secara berulang kali. Tentunya lebih ekonomis dibandingkan dengan penggunaan pembalut biasa yang hanya untuk sekali pakai.

Demikian merupakan informasi mengenai 3 kelebihan utama menstrual cup yang perlu ladies ketahui.

Setelah penjelasan diatas, pilihan untuk mengganti pembalut biasa dengan menstrual cup ada ditangan ladies. Semoga informasi diatas bermanfaat dan dapat dimanfaatkan dengan bijak.