Darah Haid Terlalu Banyak? Ini 12 Cara Mengatasi Menstruasi Berlebihan

142

Cara Mengatasi Menstruasi BerlebihanKetika kamu menyadari bahwa ada terlalu banyak darah yang keluar tiap kali kamu haid, jangan panik apalagi malu. Memang awalnya merepotkan, tapi dengan cara mengatasi menstruasi berlebihan yang kami bagikan di bawah ini, kamu nggak perlu merasa khawatir lagi dengan masalah tersebut.

1. Konsultasikan dengan dokter mengenai jumlah darah haid

Jika jumlah darah menstruasi kamu dirasa cukup mengganggu, kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter untuk mengetahui apa saja solusi mengatasi permasalahan tersebut. Jika tidak ada komplikasi, biasanya dokter akan memberikan resep berupa obat-obatan yang bisa mengurangi jumlah darah. Jelaskan pada dokter seberapa sering kamu menstruasi dan berapa lama biasanya satu menstruasi berlangsung, serta seberapa banyak pembalut atau tampon yang kamu gunakan dalam sehari. Di samping itu, kamu juga bisa mendiskusikan dengan dokter tentang menstruasi tidak teratur kalau kamu juga bermasalah tentang hal tersebut.

2. Periksakan kondisi kesehatan rahim

Ada beragam penyebab penyakit miom pada wanita, namun gejala awal yang biasa dideteksi adalah jika jumlah darah pada menstruasi sangat banyak dibandingkan rata-rata pada wanita normal. Meskipun miom dan polip rahim tidak seganas kanker rahim, namun kamu tetap harus waspada dengan beragam kemungkinan yang bisa muncul ya, Girls.

Kalau sebelumnya darah menstruasimu tidak sebanyak yang keluar pada akhir-akhir ini, kamu harus segera memeriksakan kondisi kesehatan rahimmu. Selain miom dan polip rahim, ada kemungkinan kista juga tumbuh di dalam rahim. Penyebab penyakit kista pada wanita sangat beragam dan tak hanya ditentukan oleh satu faktor saja. Oleh karena itu, mengunjungi dokter adalah pilihan terbaik.

3. Awasi gejala lain yang timbul

Beberapa perempuan memang mengalami menstruasi berlebihan jika dibandingkan dengan wanita normal pada umumnya, namun kamu perlu awas dan waspada terhadap kemunculan penyakit ini ketika darah haidmu lebih banyak daripada biasanya:

  • Kanker rahim dan kanker serviks,
  • Gangguan fungsi hati,
  • Kelainan pendarahan sebagai penyakit turunan dari ibu,
  • Endometriosis, dan
  • Hipotiroidisme.

4. Waspadai anemia

Fakta wanita lagi PMS ketika sedang menstruasi salah satunya adalah mereka rentan terhadap anemia alias kekurangan sel darah merah yang sehat. Hal ini disebabkan karena tubuh kehilangan banyak darah ketika menstruasi, sehingga jumlah zat besi yang ada di dalam darah pun tidak mencukupi batas normal. Kamu bisa jadi mengalami tanda 5L: mudah lelah, letih, lesu, lunglai, dan lemas.

Pada beberapa kasus dilaporkan bahwa penderitanya juga bisa mengalami sakit kepala, nyeri di lidah, jantung berdetak lebih cepat daripada biasanya, dan kulit yang memucat. Pertimbangkan untuk mengkonsumsi multivitamin penambah darah jika kamu juga mengalami gejala-gejala di atas, ya.

5. Catat siklus menstruasi

Tulis pada hari apa menstruasi dimulai dan selesai, juga beri keterangan berapa jumlah pembalut atau tampon yang kamu habiskan hari itu. Catatan ini bisa membantumu untuk memprediksi haid berikutnya sehingga kamu bisa lebih siap menanganinya. Biasanya, satu siklus menstruasi berlangsung selama 28 hari, meskipun ada juga yang bervariasi antara 21 hingga 35 hari, tergantung pada kondisi kesehatan masing-masing wanita. Jika kamu merasa siklus menstruasimu tidak beraturan, kamu harus mencari tahu cara melancarkan haid yang benar.

6. Selalu siap cukup pembalut

Simpan cukup pembalut atau tampon di dalam tas, saku jaket bagian dalam, atau ransel dengan jumlah yang memadai untuk penggunaan 1 hari. Kamu juga harus menyiapakan beberapa pembalut atau tampon tambahan sebagai cadangan jika darah haidmu mengalir terlalu deras. Dengan begini, akan lebih nyaman dan mudah bagimu mengganti pembalut meskipun saat kamu harus berada di luar ruangan.

7. Kendalikan nyeri haid dengan obat tanpa resep dokter

Cara mengatasi nyeri haid yang cukup mudah adalah dengan mengkonsumsi Ibuprofen yang bisa kamu dapatkan dalam beragam merk obat yang dijual bebas di apotek. Minum obat pereda nyeri tepat ketika kamu merasa daerah di sekitar perutmu sakit, dan minum secara teratur selama 2-3 hari ke depan hingga nyerinya berangsur-angsur hilang.

8. Atasi nyeri haid dengan pengobatan alternatif

Obat nyeri haid alami yang bisa kamu pertimbangkan untuk meredakan nyerinya antara lain dengan melakukan yoga untuk merilekskan otot-otot yang tegang dan mengompres perut dan punggung bagian bawah dengan air hangat. Kamu juga mungkin bisa membuat ramuan-ramuan tradisional yang berkhasiat untuk meringankan nyeri haid.

9. Rutin mengganti pembalut

Biasanya, wanita memerlukan 3-6 pembalut dalam sehari ketika menstruasi. Namun, jika darah haidmu terlalu banyak, kamu harus lebih sering mengganti pembalut dibanding wanita lainnya, yakni setiap 3-4 jam sekali. Perhatikan juga untuk menggunakan merk pembalut yang tidak berbahaya atau tampon yang aman bagi kesehatan organ kewanitaanmu.

10. Kenakan pakaian gelap ketika beraktivitas

Cara menjadi wanita energik ketika sedang mengalami menstruasi berlebihan adalah dengan mengenakan celana dalam dan pakaian bewarna gelap. Orang-orang tidak akan tahu jika ada satu atau dua titik noda darah di pakaianmu karena warnanya tersamarkan dengan warna gelap pakaian.

11. Waspadai kebocoran

Biasakan untuk mengecek “bagian bawah” tubuhmu khususnya di sekitar pantat ketika darah haidmu sedang banyak-banyaknya tiap 1 atau 2 jam sekali. Kamu bisa mencuri kesempatan untuk pergi ke kamar mandi ketika sedang istirahat sekolah atau di sela-sela break kantor. Periksa pembalut/tamponmu dan juga celana dalam, apakah ada darah yang merembes keluar atau tidak, dan segera ganti dengan pembalut/tampon baru untuk mengantisipasi kebocoran yang lebih dahsyat.

12. Tambahkan handuk sebagai alas tidur

Kalau kamu khawatir akan mengotori sprei ketika kamu sedang menstruasi, kamu bisa menggunakan handuk dengan warna gelap untuk mengalasi tubuhmu saat tidur. Hal ini dimaksudkan sebagai langkah antisipasi apabila darah merembes keluar dari pembalut dan celana dalam di malam hari saat kamu beristirahat.

Kedua belas cara mengatasi menstruasi berlebihan di atas kami harap bisa jadi solusi buatmu yang saat ini sedang dibingungkan dengan darah haid yang terlalu banyak. Semoga dengan ini kamu bisa jadi lebih rileks, terampil, dan nyaman menghadapi waktu menstruasi yang akan datang.