Inilah 11 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Wanita, No. 9 Jarang Diketahui!

126

Manfaat Kopi untuk KesehatanAda segudang manfaat minum kopi bagi wanita, khususnya dari segi kesehatan. Meskipun demikian, masih saja ada orang yang mengatakan bahwa “kopi itu berbahaya bagi tubuh” atau lain semacamnya. Jika Anda termasuk dalam golongan pecinta kopi, maka Anda membaca artikel yang tepat. Simak baik-baik tiap nomer yang ada dalam daftar manfaat kopi untuk kesehatan di bawah ini supaya Anda makin yakin bahwa kecintaan Anda pada kopi tidaklah salah.

  1. Mencerdaskan otak dan menambah stamina tubuh

Sebagai wanita karir, maka bukan hal yang mengherankan jika Anda harus sering lembur dan pulang larut malam. Akhirnya, Anda terpaksa menunda waktu tidur dan berpotensi terkena bahaya begadang bagi wanita yang lebih besar dibanding ibu rumah tangga pada umumnya. Beruntunglah jika Anda gemar meminum kopi. Kopi berkhasiat dalam meringankan rasa lelah pada tubuh dan melipatgandakan level energi Anda. Hal ini terjadi karena di dalam kopi terdapat kandungan stimulant bernama “kafein”. Setelah Anda meneguk secangkir kopi di pagi hari, kafein yang diserap dalam aliran darah akan dibawa ke otak untuk mencegah aktifnya adenosin. Saat hal ini terjadi, maka sel-sel saraf Anda akan bekerja lebih efektif jika dibanding sebelum meminum kopi.

  1. Membakar lemak jenuh

Lain kali, jika Anda mencari cara menurunkan berat badan dengan cepat, maka Anda hanya perlu rutin meminum kopi. Bagaimana cara menurunkan berat badan dengan minum kopi?

Kafein adalah salah satu komposisi bahan paling populer dari semua produk obat-obatan dan suplemen penurun berat badan, dan tentunya, dengan hasil yang positif dan aman. Kafein bersifat sebagai bahan alami untuk membakar lemak dalam tubuh, dan bekerja sangat efektif sebesar 10% pada pembakaran lemak orang-orang dengan obesitas, serta 29% pada orang biasa. Meskipun demikian, menurut hasil penelitian dilaporkan bahwa efek ini tidak akan bertahan lama pada peminum kopi veteran.

  1. Mengandung nutrisi penting

Karena sibuk, seberapa banyak dari kita yang benar-benar memperhatikan asupan gizi dan makanan yang masuk ke dalam tubuh? Alhasil, kita menjadi korban dari gaya hidup yang serba cepat ini, yakni dengan mengkonsumsi makanan cepat saji seperti junk food dan mie instan. Meskipun kita mengetahui bahaya sering makan mie instan bagi wanita yang sangat buruk bagi kesehatan, tetap saja sulit bagi kita untuk mengatur waktu antara pekerjaan dan merawat diri dengan seimbang.

Jika Anda sepenuhnya simpati dengan ilustrasi di atas, maka Anda harus cepat-cepat mengubah pola makan tidak sehat tersebut dan mulai menambahkan secangkir kopi ke dalam menu harian Anda. Mengapa demikian? Karena, di dalam satu cangkir kopi, terkandung beragam nutrisi penting seperti:

  • vitamin B2,
  • vitamin B5,
  • mangan dan potasium,
  • vitamin B3 dan magnesium.
  1. Mengurangi resiko terserang diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia, dengan jumlah penderitanya yang mencapai jutaan di berbagai negara. Diabetes ditandai dengan meningkatnya level gula dalam darah yang disebabkan oleh penurunan kemampuan tubuh untuk memproduksi hormon insulin. Dan, karena suatu alasan, para penggemar kopi secara signifikan memiliki resiko lebih kecil terserang diabetes, sebesar 23-50% menurut hasil penelitian sebuah studi.

  1. Mencegah timbulnya Alzheimer dan demensia

Penyakit Alzheimer diklaim sebagai penyakit mental yang paling umum menyerang manusia di muka bumi, dan merupakan penyebab nomer 1 timbulnya demensia dalam skala global. Kedua penyakit ini umumnya menjangkit orang usia lanjut di atas 65 tahun, dan hingga saat ini belum ditemukan obat yang bisa menyembuhkan penyakit tersebut. Walaupun begitu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya Alzheimer dan demensia. Langkah pencegahan tersebut juga mencakup rutin berolahraga (Anda bisa mencari tahu olahraga yang baik untuk wanita melalui artikel ini) dan makan makanan yang bergizi, serta dibarengi dengan minum kopi. Berbagai riset mengungkapkan bahwa dengan meminum kopi, maka Anda dapat terhindar dari kedua penyakit mental tersebut sebanyak 65%.

  1. Mengurangi resiko terkena penyakit Parkinson

Setelah Alzheimer, di urutan kedua terdapat gangguan Parkinson sebagai penyakit mental yang paling umum menyerang manusia di muka bumi. Hal ini disebabkan karena kematian sel-sel saraf pada otak. Sama seperti Alzheimer yang masih belum diketemukan obatnya, penyakit Parkinson juga hanya dapat dicegah kemunculannya. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang rutin minum kopi memiliki resiko yang lebih rendah untuk terjangkit gangguan mental ini sebanyak 32-60%. Pada kasus tersebut, kafein diduga sebagai senyawa aktif yang berpotensi besar dalam penurunan resiko tersebut.

  1. Menjaga kesehatan liver

Salah satu penyakit yang umumnya menyerang liver adalah hepatitis, yang mana penyakit tersebut dapat berujung pada kirosis (suatu keadaan dimana jaringan liver mengalami luka-luka yang cukup berat). Menariknya, kopi dapat bekerja sebagai penangkal kiroris. Orang yang rutin minum kopi sebanyak 4 cangkir per hari diduga memiliki 80% resiko yang lebih kecil terserang kirosis.

  1. Melawan gejala depresi

Jika saat ini Anda tengah bersedih karena ditinggalkan kekasih dan kebingungan mencari cara menenangkan diri karena putus cinta, maka Anda datang pada portal yang tepat. Tahukah Anda bahwa kopi adalah anti-depresan yang baik untuk kesehatan jiwa? Pada sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard, hasilnya menegaskan bahwa wanita yang meminum setidaknya 4 cangkir kopi per hari lebih kecil kemungkinannya mengalami depresi dibandingkan mereka yang jarang mengkonsumsi kopi. Hal ini secara dramatis juga berpengaruh pada penurunan tingkat bunuh diri pada orang-orang dengan depresi.

  1. Mengurangi resiko terserang kanker

Percuma saja jika Anda sudah mengetahui (atau bahkan hafal) penyebab kanker payudara, penyebab kanker serviks, dan jenis kanker lainnya, jika Anda masih saja tidak menerapkan pola hidup sehat dan justru melakukan yang sebaliknya. Kanker sebagai salah satu penyakit paling mematikan yang pernah ada ditandai dengan perkembang biakan sel yang tidak normal di dalam tubuh. Ajaibnya, kopi berperan penting dalam pencegahan tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh. Sebuah riset mengungkapkan bahwa wanita yang rajin meminum kopi sebanyak 4-5 cangkir per hari akan lebih kecil kemungkinannya untuk mengidap kanker dibandingkan perempuan yang tidak suka kopi. Luar biasa ya, manfaat kopi untuk kesehatan yang satu ini!

  1. Menyehatkan jantung

Banyak orang menolak untuk minum kopi dengan dalih kafein berdampak buruk bagi kesehatan jantung. Faktanya, dengan dosis yang tepat, kopi bisa menyelamatkan nyawa Anda dari serangan jantung dan stroke. Perempuan yang rutin mengkonsumsi kopi akan lebih besar kemungkinannya terhindar dari serangan jantung serta stroke hingga 20%.

  1. Kaya akan anti-oksidan

Serupa dengan manfaat teh hijau untuk kesehatan, kopi juga kaya akan anti-oksidan yang sangat populer dalam diet orang Barat. Jumlah anti-oksidan di dalam kopi tergolong tinggi, bahkan menyaingi jumlah yang terkandung dalam beberapa buah dan sayur. Bisa dibilang, kopi adalah menu sampingan yang paling sehat dalam jagat raya kita ini.

Sebagai salah satu jenis minuman yang paling terkenal di dunia, siapa sangka ternyata ada banyak manfaat kopi untuk kesehatan tubuh kita. Tak hanya sebagai penyegar kepala dan pikiran kita di pagi hari, kopi rupanya juga berkhasiat dalam mencegah macam-macam penyakit berbahaya. Jika Anda juga seorang penikmat kopi, mulai sekarang tak perlu ragu lagi untuk terus menyesap minuman yang Anda sukai ini.