10 Menu MPASI 4 Bintang untuk Bayi yang Menyehatkan

37

Tahukah Moms menu 4 bintang untuk MPASI bayi? Menu 4 bintang mengandung 4 gizi penting bagi tumbuh kembang bayi, yakni protein nabati, protein hewani, sayuran dan pastinya karbohidrat.

Memenuhi asupan buah hati dengan menu 4 bintang dapat mencegah anak tumbuh sehat dan aktif, serta buah hati terhindar dari stunting maupun malnutrisi. Bukan hanya itu, makan semua jenis makanan selain yang menimbulkan efek alergi adalah salah satu cara mendidik anak agar mau belajar makan secara sehat. Berikut adalah beberapa menu yang recommended untuk dicoba.

  1. Sapo Tahu Udang

Menu pertama yang bisa moms contek adalah sapo tahu udang. Bahan-bahan yang diperlukan adalah udang, wortel, tofu Jepang goreng, brokoli, bawang bombay dan merah cincang, dan larutan maizena.

Haluskan kemiri bawang putih dan merica. Tumis bumbu terlebih dahulu, baru masukkan semua bahan. Masukkan maizena di akhir untuk mengentalkan hidangan.

  1. Tuna Hijau

Bagi buah hati yang alergi terhadap ikan laut, sebaiknya menu ini dilewatkan yah moms. Untuk membuat tuna hijau, pertama-tama siapkan bahan berupa tepung beras merah, kabocha kuning, ikan tuna, dan brokoli.

Masak semua bahan secara terpisah, khusus tuna rebus bersama bumbu-bumbu, yakni bawang merah, bawang putih dan jahe.

Campurkan semua bahan ketika akan disantap oleh buah hati. Moms juga bisa memilih beberapa buah yang dapat membuatmu fit dan diberikan pada si kecil sesuai aturan kesehatan.

  1. Daging Ayam Tomat

Sediakan bahan-bahan seperti tomat, daging ayam, tepung beras merah dan jagung manis. Rebus daging ayam hingga empuk, tambahkan seledri, daun bawang, bawang putih, dan bombay.

Masak tepung beras merah sampai mendidih. Rebus dan haluskan wortel serta tomat. Aduk semua bahan menjadi satu untuk disajikan. Jadi, tombat bukan hanya berfungsi sebagai salah satu cara mengatasi kerutan di mata, tetapi juga untuk meningkatkan kesehatan bayi.

  1. Mashed Potato

Jika buah hati baru memulai MPASI, mashed potato jadi santapan paling tepat sebagai menu tunggal. Moms dapat membuatnya dari kentang tumbuk yang telah dimasak bersama susu, merica bubuk, bawang bombay dan sedikit garam. Tekstur pureenya akan memprmudah sistem pencernaan buah hati.

  1. Telur Ayam Kampung

Pertama-tama sediakan kuning telur ayam kampung, kentang, kacang merah dan kabocha kuning. Rebus bahan-bahan satu per satu. Haluskan dan saring untuk mendapatkan tekstur puree.

Usai merebus telur, ambil bagian kuningnya saja dan tambah dengan larutan susu. Ini akan menjadi salah satu cara menjadi ibu profesional yang pintar memasak dan paham nutrisi anak.

  1. Ikan Kembung

Ikan kembung bisa jadi cara bunda mengenalkan protein hewani yang berasal dari ikan untuk buah hati. Cara membuatnya juga simpel, yakni dengan merebus labu siam, ikan kembung dan tempe. Blender semua rebusan bersama nasi merah dan tambahkan kaldu sapi.

  1. Ikan Patin

Selain ikan kembung, ada juga ikan patin yang kaya lemak baik. Moms dapat mengolahnya dengan mencampurkan brokoli, kentang dan tahu. Blender sampai halus bahan-bahan yang telah direbus tersebut dengan minyak goreng secukupnya.

  1. Ati Ayam

Agar lebih berwarna, menu MPASI bayi juga dapat dibuat dari tahu, ati ayam, butternut dan wortel. Bahan-bahan tersebut telah direbus terlebih dahulu sebelum dihaluskan bersama minyak goreng.

  1. Nasi Ati Ayam

Jika karbohidrat pada menu sebelumnya adalah butternut, maka pada menu ini digantikan oleh nasi putih. Moms dapat menggunakan kacang panjang dan tomat sebagai sayuran. Untuk tambahan lemak, gunakan kaldu sapi saat menghaluskan semua bahan.

  1. Oyong Ati Ayam

Masih dari ati ayam, menu ini memanfaatkan tempe dan sayur oyong. Semua bahan masih direbus dan ditambah kaldu sapi saat diblender. Rasanya yang enak bisa dijadikan salah satu cara mengatasi anak susah makan secara efektif.

Sangat mudah yah moms menyediakan MPASI yang bergizi untuk buah hati. Tak harus memutar otak dan membuat budget khusus lagi. Apalagi bahan-bahannya juga sangat mudah dibeli di pasar.