Ladies, Ketahui Berbagai Kegiatan 4 Olahraga yang Dilarang Untuk Ibu Hamil !

48

Ketika sedang hamil, perempuan tidak dapat melakukan aktivitas seperti biasanya dengan begitu saja karena terdapat kelemahan wanita hamil tersendiri untuk ibu hamil. Salah satu contoh kegiatan yang perlu dipertimbangkan oleh ibu hamil adalah kegiatan olahraga.

Sebenarnya ibu hamil tidak dilarang untuk melakukan olahraga karena olahraga memiliki beberapa manfaat kesehatan fisik untuk ibu hamil. Namun, tidak semua kegiatan olahraga dapat dilakukan oleh ibu hamil karena berpengaruh pada kesehatan janin dan ibu hamil. Oleh karena itu berikut kami rangkum beberapa kegiatan olahraga yang dilarang untuk ibu hamil :

1. Posisi Berbaring

Kegiatan olahrgan pertama yang dilarang untuk ibu hamil adalah posisi berbaring. Ibu hamil tidak dianjurkan oleh melakukan posisi berbaring ketika sedang berolahraga. Kenapa ? karena ketika sedang hamil wanita dilarang untuk melakukan kegiatan yang dapat menghambat aliran darah ke jantung.

Kegiatan tersebut salah satunya yaitu posisi berbaring. Oleh karena itu, demi keamanan ibu hamil dilarang untuk melakukan kegiatan berbaring yang dapat menghambat peredaran darah tubuh

2. Menahan Napas

Kegiatan olahraga yang dilarang selanjutnya yaitu menahan napas. Hampir semua kegiatan olahraga melakukan pemanasan dengan menahan napas. Namun untuk ibu hamil menahan napas sangat tidak disarankan karena dapat menghambat akses oksigen untuk janin.

Karena ketika hamil, ibu harus memastikan untuk janin tetap mendapat oksigen yang cukup. Oleh karena itu disarankan untuk ibu hamil melakukan kegiatan olahraga yang ringan dan tidak membahayakan janin.

3. Kegiatan Berpanas – panasan

Kegiatan selanjutnya yang dilarang untuk dilakukan ibu hamil ketika olahraga yaitu melakukan kegiatan berpanas – panasan. Kegiatan olahraga yang berada didaerah panas atau dengan suhu panas sangat disarankan untuk ibu hamil karena dapat berpengaruh pada saraf ibu hamil.

Maka disarankan untuk tidak melakukan kegiatan olahraga yang berada dilokasi panas atau suhu panas dan disarankan juga untuk menggunakan

4. Mengangkat Beban Berat

Kegiatan olahraga yang dilarang untuk ibu hamil selanjutnya yaitu mengangkat beban berat. Ibu hamil sangat tidak disarankan untuk melakukan kegiatan berat seperti aktivitas  pekerjaan rumah yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin .

Hal tersebut berlaku juga untuk wanita pada umumnya karena terdapat bahaya mengangkat berat bagi wanita. Terutama untuk Ibu hamil sangat dilarang melakukan kegiatan mengangkat beban berat.

Olahraga tersebut dapat beresiko untuk kesehatan ibu hamil terutama ketika ibu hamil tidak dapat menjaga keseimbangan sehingga beresiko untuk jatuh dan membahayakan janin.

Demikian merupakan beberapa kegiatan olahraga yang perlu ibu hamil hindari. Ketika sedang hamil wanita diperbolehkan melakukan olahraga namun tidak semua kegiatan olahraga dapat dilakukan karena dapat berbahaya untuk janin.

Oleh karena itu penting untuk mengetahui jenis olahraga yang harus dihindari ibu hamil agar janin dan kesehatan ibu terjaga. Karena tidak sembarang olahraga dapat dilakukan oleh ibu hamil, maka dari itu kami merekomendasikan beberapa olahraga dan cara senam hamil di rumah yang aman untuk ibu hamil.

Semoga informasi mengenai jenis kegiatan olahraga yang perlu dihindari ibu hamil diatas bermanfaat dan dapat dimanfaatkan dengan bijak untuk kesehatan andak anda.