8 Side Job Saat Hamil yang Bisa Kamu Lakukan Sambil Menunggu Persalinan

24

Banyak orang mengira kehamilan menghambat aktivitas seorang perempuan. Jangan salah, perempuan hamil juga bisa berkarya dan berpenghasilan. Meskipun mereka tak bisa beraktivitas dari luar rumah, mereka tetap bisa aktif dari rumah.

Setidaknya ada beberapa pekerjaan yang dapat kamu lakukan saat hamil selama bedrest, sehingga jangan menyerah dan tetap semangat, yaitu:

  1. Translator

Punya kemampuan berbahasa asing? Manfaatkan saja untuk menambah tabungan persalinan. Kamu bisa mendaftarkan diri menjadi translator untuk karya-karya orang lain atau sebagai freelance. Gajinya lumayan bisa kamu tabung untuk kebutuhan nanti.

  1. Dropshipper

Kalau kamu tak punya kemampuan khusus, mungkin memulai bisnis tertentu dapat menjadi solusi. Tak harus memiliki modal besar, kamu hanya perlu aktif di media sosial maupun internet. Tawarkan dagangan kamu yang diambil dari supplier kepada konsumen.

Urusan pengiriman menjadi tanggung jawab supplier sepenuhnya, namun toko onlinemu tetap tercantum. Siapa sangka, karena punya banyak waktu luang, kelebihan wanita hamil yang satu ini bisa mendulang rupiah lho!

  1. Berkebun

Lahan tak terpakai di rumah dapat kamu manfaatkan untuk berkebun. Tanami beberapa bunga yang tengah hype atau sayuran dengan sistem hidroponik. Usaha ini tak pernah mati meskipun nantinya tidak terlalu populer.

Semua orang membutuhkan bunga maupun sayuran untuk kehidupan sehari-hari. Bukan hanya bisa meningkatkan jumlah tabungan, kegiatan berkebun dan menunggu panen juga merupakan cara menjadi wanita yang sabar yang efektif.

  1. Les privat

Agar kamu tak keluar rumah, bukalah les privat di rumah. Manfaatkan ilmu yang kamu miliki sebelum menikah untuk mengajar orang lain.

Dengan begini, ilmu kamu tetap bermanfaat, kamu juga dapat berkembang ke arah yang lebih baik. Bahkan ini adalah salah satu cara menjadi ibu teladan yang bisa mengajari anaknya untuk belajar secara maksimal.

  1. Youtuber

Ingin seperti Atta Halilintar atau Ria Ricis? Ibu hamil juga bisa jadi seorang konten kreator hebat. Keberadaan youtube dapat dijadikan ladang penghasilan dan kepopuleran. Kamu cukup mempelajari sistem kerja dari Google dan ciptakan kontenmu sendiri.

Voila, konten yang kamu bagikan dapat mendatangkan pundi-pundi hingga ratusan juta. Kamu pun bisa memberikan materi seputar tips menjadi ibu yang sukses mendidik anak sembari terus belajar dan menghasilkan uang juga.

  1. Pulsa

Jualan pulsa tak ada untungnya? Siapa bilang! Jualan pulsa bisa jadi alternatif kerja sampingan saat kamu mengambil cuti kerja. Mungkin awalnya untung yang didapat tidak besar, tapi kalau kamu gigih mencari konsumen, usaha ini akan berkembang. Intinya bangunlah jaringan konsumen dengan baik terlebih dahulu.

  1. Crafting

Kemampuan senimu tak tersalurkan selama hamil? Coba saja salurkan dengan membuat karya-karya kecil, misalnya mainan anak atau ornamen rumah. Tawarkan dengan teman-teman terdekat untuk mendapat masukan. Jadikan insight tersebut untuk membangun kepercayaan konsumen.

  1. Memasak

Sudah banyak ibu-ibu yang membuktikan masakannya dapat menjadi sumber penghasilan keluarga. Kamu mungkin tertarik membagikan resep rahasia keluarga atau kreasi masakan pribadi?

Bahkan, memasak bisa menjadi salah satu peran ibu dalam psikolog anak usia dini ketika mengajarkan tentang hakikat gender dan tugas-tugas wanita berdasarkan instingnya.

Pilihan pekerjaan diatas bisa kamu lakukan dengan mudah. Tak perlu usaha terlalu keras dan modal besar untuk memulainya. Kamu juga bisa menentukan waktu kerja dan istirahat. Uang mengalir dan menambah tabungan, kesehatan calon bayi juga tetap terjaga selama masa kehamilan.