Wanita Wajib Tahu, Inilah 6 Cara Diet Sukses Selama Ramadhan Paling Aman

42

Saat ini banyak sekali kaum wanita yang berlomba-lomba untuk diet demi mendapatkan bentuk tubuh yang ideal sehingga menyenangkan pasangan atau suaminya. Tak jarang juga ada beberapa wanita yang rela mencari tahu cara menurunkan berat badan dengan cepat melalui jejaring media sosial atau bertanya kepada orang lain.

Padahal cara menurunkan berat badan dengan cepat ada pada kehidupan kita sehari-hari terutama di bulan ramadhan, jawaban nya adalah puasa. Puasa bisa menjadi salah satu  olahraga yang baik untuk wanita demi menurunkan berat badan nya.

Kenapa  banyak wanita yang berlomba-lomba ingin menurunkan berat badan nya? Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa salah satu ciri-ciri ibu yang baik dan cara menjadi ibu teladan adalah dengan memiliki bentuk tubuh yang tetao menawan meskipun sudah memiliki anak.

Untuk membatu kaum ibu mendapatkan bentuk tubuh terbaik maka ibu harus melakukan diet meskipun itu di bulan ramadhan. Jangan khawatir dengan kesehatan anda, karena apabila anda melakukan diet ini dengan baik maka masalah kesehatan tidak akan datang.

Dibawah ini kami akan menjelaskan tentang cara diet sukses selama ramadhan. Yuk disimak:

1. Perbanyak minum air putih

Meskipun bulan ramadhan identik dengan minuman yang manis dan menyegarkan, namun untuk diet kali ini anda harus memperbanyak minum air putih dan mengurangi minum es dan minuman manis.

Air putih dipercaya lebih berhasil menghilangkan dahagamu dibanding air es atau minuma manis, selain itu asupan air dalam tubuhmu harus selalu memadai untuk menghadapi waktu puasa minumlah 8 gelas sehari dengan pembagian: 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam hari antara Isya sampai sebelum sahur dan 2 gelas air saat sahur.

2. Berbuka secukupnya dan sewajarnya

Hal selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah pola makan dan nafsu makan anda saat berbuka. Saat puasa, metabolisme tubuhmu melamban sehingga apabila saat berbuka anda mengkonsumsi makanan secara berlebih jelas ini sangat tidak baik bagi tubuh anda. Makanlah dengan porsi secukupnya dan dalam keadaan tenang tanpa terburu-buru.

3. Biasakan shalat terlebih dahulu sebelum makan

Banyak yang melakukan kesalahan dengan langsung makan berat begitu adzan Magrib berkumandang. Padahal harusnya berbuka secara sederhana seperti meminum air putih atau meminum takjil, lalu mengambil air wudhu dan shalat dengan khusyuk.

Hal ini dikarenakan saat anda sudah merasa kenyang maka akan merasakan kantuk dan malas sehingga dapat mengakibatkan shalat yang anda jalani tidak khusyuk.

4. Hindari makanan berminyak

Selanjutnya anda harus menghindari atau mengurangi memakan hidangan yang melalui proses penggorengan, seperti ayam goreng atau yang lainnya. Cobalah menu-menu sehat seperti dada ayam panggang, dan sayur rebus macam lalapan, sup atau sayur bening.

Selain itu anda juga harus membatasi mengkonsumsi kue atau jajanan yang digoreng seperti gorengan atau yang lainnya.

5. Lakukan olahraga ringan

Olahraga adalah hal yang tidak boleh anda lupakan jika sedang menjalankan diet, meskipun dalam keadaan puasa sebisa mungkin anda tetap berolahraga meskipun dalam konteks yang ringan.

Salah satu olahraga yang bisa anda lakukan adalah dengan tetap menjalankan kegiatan sehari-hari dengan ikhlas, seperti membersihkan rumah, menyiapkan menu buka atau sahur dan masih banyak lainnya.

6. Lakukan diet protein dan kurangi garam

Untuk hal yang satu ini anda harus mulai belajar dan membiasakan nya dari sekarang, karena hal ini terbilang tidak mudah. Karena anda hanya dianjurkan untuk mengkonsumsi putih telur rebus selama sahur. Hindari makanan-makanan berminyak dan digoreng.

Alternatif lainnya bisa dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, dan sertakan sumber protein sehat seperti keju dan telur. Anda juga harus mengurangi makanan asin atau tinggi kandungan garam, karena bisa membuat anda makin haus saat berpuasa.

Apabila anda tidak bisa menjalankan cara diet diatas, maka jangan pernah memaksakan diri anda karena hal ini tentu tidak baik dan bisa berakibat buruk bagi kesehatan anda nantinya.

Itulah tadi cara diet ampuh selama ramadhan yang bisa anda coba terapkan dirumah. Selamat membaca dan selamat mencoba dirumah.