Ditinggal Kekasih? Inilah 8 Cara Menenangkan Diri Karena Putus Cinta

125

Cara Menenangkan Diri karena PutusTak sedikit dari kita yang pernah mengalami kesedihan akibat putus cinta. Ditinggalkan oleh orang yang kita sayangi tentunya menimbulkan beragam emosi yang menyakitkan. Menguatkan diri bukanlah hal yang mudah, namun tidak berarti hal tersebut sulit dilakukan. Biarkan waktu menyembuhkan luka di hati sebagai cara menjadi wanita yang tidak cengeng, dan temukan jati dirimu yang baru, yang lebih kuat dari sebelumnya. Berikut adalah cara menenangkan diri karena putus dari kekasih yang bisa membantumu merasa lebih baik setelah kepergiannya.

1. Belajar menerima kenyataan

Jangan terburu-buru mencari pelarian dengan mempelajari cara membuat lelaki jatuh cinta. Putus cinta memang tak mudah, dan kamu mungkin masih dalam tahap penyangkalan bahwa bisa jadi ini hanyalah mimpi, atau hanyalah leluconnya semata. Penyangkalan memang wajar, namun jangan biarkan hal tersebut berlarut-larut. Kamu perlu belajar menerima kenyataan bahwa merasa sedih itu sah-sah saja. Sangat normal untuk merasa sakit hati pula karena kepergian sang kekasih.

2. Keluarkan uneg-uneg

Gampang menangis alias cengeng jelas bukan sifat wanita yang disukai pria, tapi kalau dengan menangis maka kamu bisa merasa lega, maka menangislah sepuas hati. Menangis bisa meringankan kecemasan, stres, dan amarah. Ambil tisu dan luapkan kesedihanmu melalui air mata. Asal, jangan biarkan kesedihan itu mengambil alih akal sehatmu dan membuatmu melakukan hal-hal yang merugikan seperti berteriak, merusak benda, atau memarahi orang terdekat.

3. Dapatkan dukungan moral

Tak jarang kamu akan merasa terisolasi dari pergaulan ketika mengalami putus cinta. Ini hal yang wajar, namun jika kamu merasa tak cukup kuat lagi menangani segalanya sendiri, jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi sahabatmu agar perasaanmu bisa lebih tenang. Tanyakan pada mereka tentang pengalaman putus cinta mereka. Selain menawarkan saran dan dukungan, siapa tahu kamu bisa mempelajari cara membuat pria menyesal karena menolak dirimu dari mereka.

4. Blokir akses komunikasi dengan mantan kekasih

Putus cinta tentunya terjadi karena sebuah alasan, entah apapun itu. Berhenti menghubungi mantan kekasih adalah cara menenangkan diri karena putus yang bijak, tak peduli sefrustrasi apapun kamu ingin menelponnya kembali. Meskipun ia juga memiliki alasan pria menghubungi mantannya lagi, jangan biarkan dirimu lengah. Kalau perlu, hapus informasi kontaknya dari ponselmu dan seluruh akun sosial media yang pernah kamu ikuti.

5. Buang benda-benda pemberiannya

Langkah kelima dalam tips move on setelah putus untuk menenangkan dirimu adalah dengan menyingkirkan benda-benda yang pernah ia hadiahkan untukmu. Jika kamu bersikeras tetap ingin menyimpan seluruh kenangan tersebut, hal itu cuma menghambatmu untuk mendapat ketenangan yang kamu butuhkan. Bahkan, tak jarang kamu justru merasa makin sedih, kesepian, dan marah jika terus melihat benda-benda tersebut. Apabila benda tersebut terlalu bagus untuk dibuang, coba pertimbangkan untuk mendonasikannya pada orang yang lebih membutuhkan.

6. Buat kesibukan sendiri

Ada beragam alasan pria minta putus, namun alasan-alasan tersebut bukan berarti sebagai penghalang bagimu untuk hidup berbahagia. Meskipun bersifat sementara, tapi kamu bisa mencoba mengalihkan perhatianmu pada hal-hal yang lebih bermakna. Cara menjadi wanita kuat setelah mengalami putus cinta salah satu diantaranya yakni dengan menyibukkan diri melakukan kegiatan yang kamu sukai. Kamu akan menyadari bahwa hidup ini terlalu berharga untuk disia-siakan demi menangisi kepergian seseorang.

7. Rutin berolahraga

Kamu punya penyesalanmu tersendiri, dan ia pun juga memiliki penyesalan pria setelah putus cinta versinya sendiri. Entah apapun penyesalan yang kamu miliki sekarang, kamu harus meninggalkan segalanya di masa lalu dan beralih ke masa depanmu sendiri. Berolahraga adalah salah satu cara menenangkan diri karena putus yang bermanfaat. Dengan berolahraga, kamu bisa meluapkan perasaanmu yang terpendam sekaligus membantu tubuh memproduksi lebih banyak endorfin untuk menstimulasi kamu agar lebih bahagia. Sisihkan 30 menit sehari untuk mempraktekkan sendiri cara menjadi wanita yang tidak mudah menangis hanya karena putus cinta!

8. Bersenang-senang

Mungkin kamu masih merasa enggan untuk keluar dan bertemu orang-orang, terlebih jika putus cinta itu terlalu berat buatmu. Tapi, bersenang-senang adalah obat putus cinta terbaik yang pernah ada. Kamu perlu untuk meringankan kecemasan dan amarah yang ada dengan melakukan kegiatan yang bisa membawa kesenangan buatmu. Kamu bisa nongkrong lagi berasama teman-teman, atau sekadar menonton film di akhir pekan hingga karaoke gila-gilaan. Lakukan saja apapun yang bisa membuatmu senang dan berikan sedikit kelonggaran untuk dirimu sendiri. Kamu akan merasa baikan setelahnya.

Kami harap, dengan dibagikannya 8 cara menenangkan diri karena putus cinta ini bisa membantumu move on dan segera melupakan si dia yang sudah menyakitimu. Semoga kamu tak butuh waktu lama hingga menemukan cinta yang baru!