Moms, Inilah 6 Cara Mengajarkan Puasa Pada Anak Paling Mudah

19

Sebentar lagi kaum muslim akan memasuki bulan ramadhan yang berarti didalamnya akan ada kegiatan puasa yang harus dijalankan, puasa menjadi kegiatan yang wajib dijalankan oleh semua pemeluk agama islam yang sudah memenuhi syaratnya.

Namun bagi seorang ibu menerapkan fungsi ibu dalam keluarga bisa dilakukan dalam banyak hal salah satunya adalah dengan mengajak sang anak untuk belajar melakukan ibadah puasa, meskipun hal ini tidak mudah namun jika ibu memulai mengajarkan pada anak sejak dini maka hal tersebut akan terasa lebih ringan.

Untuk membantu ibu menerapkan salah satu cara menjadi ibu dan istri yang baik maka ibu harus memahami apa saja tips menjadi ibu yang baik untuk anak, salah satunya yaitu mengajarkan anak untuk berpuasa. Dan dibawah ini akan kami jelaskan carnya secara rinci dan mudah dipahami. Yuk disimak:

      1. Jelaskan makna puasa dan manfaat puasa

Salah satu Ciri-ciri ibu yang baik adalah dengan memberikan perintah yang selalu disertai dengan alasan yang logis. Saat ibu menyuruh sang anak berpuasa jelaskan pada anak kenapa berpuasa itu wajib dan apa sajakah manfaatnya bagi anak itu sendiri, sehinga anak akan mulai tertarik untuk berpuasa jika mengetahui banyaknya manfaat berpuasa ini.

2. Buat menu sahur atau buka puasa kesukaan anak

Salah satu tanggung jawab ibu terhadap anak adalah dengan memberikan asupan makanan yang baik dan bergizi tinggi, hal ini juga berlaku ketika ibu mengajak anak belajar berpuasa. Usahakan sediakan menu sahur atau buka puasa kesukaan sang anak, karena dengan hal ini akan menjadi lebih bersemangat untuk memulai puasanya.

3. Buat suasana sahur dan berbuka menyenangkan

Hal selanjutnya yang harus orang tua lakukan adalah dengan menjamin suasana saat sahur atau buka puasa menjadi suasana yang menyenangkan, biasanya anak akan malas bangun saat sahur, sehingga menjadi turun semangat puasanya.

Nah, disini tugas anda sebagai orang tua untuk kembali membangkitkan semangat anak untuk berpuasa diuji dengan harus membuat suasana menjadi menyenangkan kembali.

4. Apresiasi setiap pencapaian anak

Saat anak mampu melakukan ibadah puasa jangan sungkan untuk memuji sang anak didepan banyak orang, atau sebagai bentuk apresiasinya anda bisa mengabulkan keinginan anank atau memberikan hadiah yang diinginkan anak. Dengan begitu anak akan menajdi lebih semangat untuk berpuasa esok harinya.

5. Beri contoh yang baik pada anak

Memberi contoh sebagai teladan yang baik sangatlah penting didepan sang anak, karena bagaimanapun juga saat kita menyuruh anak dengan tegas tetapi tidak disertai contoh dari kita maka anak tidak akan pernah menurut dan merasa perintah tersebut tidaklah sesuai dengan contoh yang orang tua berikan.

Maka dari itu saat orang tua  menyuruh anak berpuasa hendaknya orang tua juga melakukan ibadah puasa, sehingga anak akan meniru prilaku anda tersebut.

6. Ajak anak untuk buka bersama tetangga atau teman sebayanya

Bulan puasa menjadi bulan yang sangat baik untuk menjalin silaturahmi, meskipun selain bulan puasa silaturahmi tetap dianjurkan namun dalam bulan puasa ini bersilaturahmi menjadi hal yang sangat dianjurkan.

Dan dibulan puasa ini menjadi ajang bersosialisasi yang baik untuk anak, anda bisa mengajak anak untuk berbuka bersama tetangga sekitar rumah, keluarga bersar, ataupun teman sebaya anak. Sehingga anak akan merasa senang dan tetap bersemangat.

Itulah tadi cara mengajarkan anak untuk berpuasa dirumah dengan baik dan mudah diterapkan, selamat membaca dan semoga bermanfaat terima kasih.