Bunda Harus Tahu, 6 Tips Mudik Aman Bersama Anak Menggunakan Kendaraan Umum

20

Mudik merupakan rutinitas tahunan yang tidak bisa kita hindari, mudik menjadi hal yang tidak bisa dianggap remeh karena sebagian besar masyarakat akan menyambut musim mudik ini. Mudik merupakan hal yang sangat dinanti-nanti oleh sebagian orang, karena hal ini terjadi pada waktu tertentu.

Selain menjadi ajang untuk pulang kampung, mudik juga menjadi ajang untuk berkumpul bersama keluarga besar, oleh sebab itu banyak orang yang rela melakukan perjalanan jauh hanya untuk pulang kampung. Namun, bagi sebagian orang menyambut musim mudik ini membutuhkan banyak sekali persiapan.

Salah satu nya adalah mudik bagi seorang ibu yang membawa anaknya, untuk menerapkan cara menjadi ibu teladan maka seorang ibu harus mampu menyiapkan semua keperluan anaknya ketika akan melakukan perjalanan mudik menggunakan kendaraan umum. Mudik menggunakan kendaraan umum membawa tantangan tersendiri bagi setiap ibu.

Untuk membantu ibu menerapkan cara menjadi ibu teladan dalam menerapkan segala keperluan anak selama di perjalanan nanti, berikut akan kami jelaskan mengenai tips mudik aman bersama anak menggunakan kendaraan umum. Yuk disimak :

      1. Atur jadwal keberangkatan

Salah satu Cara menjadi ibu rumah tangga yang baik adalah dengan mengetahui semua hal yang berkaitan dengan keluarga, untuk itu saat ingin mudik bersama keluarga dan anak maka hal yang perlu ibu lakukan adalah dengan mengatur jadwal keberangkatan jauh-jauh hari.

Hal ini supaya persiapan yang akan dibawa sudah dalam keadaan siap dan tertata rapi sehingga tidak akan membingungkan lagi.

2. Menggunakan kendaraan dengan fasilitas baik

Selanjutnya hal yang perlu ibu perhatikan adalah pemilihan kendaraan umum yang akan digunakan nantinya, pastikan kendaraan yang akan keluarga gunakan nyaman dan memiliki fasilitas yang memadai karena bagaimanapun anak mudah rewel ketika berada dalam kendaraan yang tidak nyaman.

Biasanya anak akan marah ketika merasa tidak nyaman, untuk itu ibu harus tahu Cara menghadapi anak gampang marah supaya dapat mengantisipasi hal ini.

3. Pakai pakaian yang nyaman dan sopan

Hal selanjutnya yang penting adalah menggunakan pakaian yang nyaman saat berpergian, jangan menggunakan pakaian yang panas terlalu tebal atau dingin terlalu tipis. Karena bagaimanapun juga kenyamanan keluarga saat berpergian sangatlah penting terutama sang anak.

4. Bawa barang yang dibutuhkan

Dengan memenuhi semua kebutuhan keluarga saat mudik, ibu sudah menerapkan salah satu cara menjadi ibu teladan dalam mempersiapkan kebutuhan mudik. Dan untuk mengantisipasi anak yang rewel dalam perjalanan bawalah barang yang perlu dibawa seperti mainan sang anak atau benda kesayangan sang anak, karena hal ini mampu menenangkan anak saat rewel nantinya.

5. Bawalah obat pribadi

Membawa obat pribadi selama perjalanan jauh sangatlah penting, kita tidak tahu bagaimana keadaan kesehatan kita selama perjalanan nantinya. Dan untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi seperti sakit ditengah perjalanan, maka diharapkan para ibu mengantisipasinya dengan membawa obat-obatan pribadi.

Karena di kendaraan umum biasanya tidak menyediakan obat-obatan sehingga dalam hal ini membawa obat pribadi dianggap penting.

6. Bawa makanan ringan sebagai antisipasi

Membawa makanan ringan memang bukan hal yang terbilang penting, namun tidak ada salahnya hal ini dimasukan dalam tips aman mudik bersama anak. Karena biasanya anak akan merasa lapar ditengah perjalanan sehingga apabila anak lapar anda sudah mengantisipasinya dengan membawa bekal makanan dari rumah.

Selain itu saat mudik kita tidak tahu bagaimana kemacetan yang akan terjadi sehingga apabila keadaan lalu lintas padat anda tidak akan merasa kelaparan karena sudah membawa bekal makanan.

Itulah tadi tips mudik aman bersama anak dalam kendaraan umum, selamat melakukan mudik perjalanan jauh dan selalu berhati-hati dalam segala hal. Selamat membaca dan terima kasih.