4 Cara Mengatasi Kulit yang Terbakar Sinar Matahari Paling Ampuh

33

Cuaca yang tidak menentu, bahkan matahari yang terasa semakin lama semakin panas dapat menjadi sangat berbahaya bagi kesehatan dan kulit kita loh. Hal ini dapat menyebabkan kulit gosong, luka bahkan kanker kulit jika tidak diberikan lotion yang mengandung UVA/UVB.

Tetapi bagaimana jika kali ini kulit kita terbakar sinar matahari, eits bukan terbakar dalam arti seperti bakar barang atau sesuatu dengan api melainkan kulit kita terlihat seperti terbakar karena terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari. Kulit kita bisa terbakar parah jika kita tidak menggunakan proteksi yang mengcukupi seperti sunscreen atau baju, bisa juga memakan makanan sehat agar kulit mulus dan kinclong

Untuk membantu menyembuhkan dan menenangkan kulit yang terkena menyengat, maka sangat penting bagi kita untuk mengobatinya ketika kita sadar akan ini. Pertama-tama yang harus kita lakukan bila berada di situasi seperti ini adalah menghindari matahari dan memilih di dalam ruangan. Kali ini ada beberapa tips Cara Mengatasi Kulit yang Terbakar Sinar Matahari menurut beberapa ahli dermatologi, sebagai berikut:

  1. Mandi air dingin

Sering mandi air dingin atau berendam di dalam air dingin dapat menolong mengurangi rasa sakit. Setelah kalian mandi, jangan lupa untuk menepuk badanmu sendiri dengan lembut dan jangan membiarkan kulitmu terlalu kering dengan membiarkan badanmu sedikit lembap. Kemudian gunakan pelembap untuk menolong dalam mengunci kelembapan pada kulit kita.  Ini bisa membantu meredakan kulit kering.

  1. Gunakan Moisturizer atau pelembap kulit

Jangan lupa gunakan pelembap kulit atau moisturizer yang mengandung aloe vera seperti nature republic aloe vera soothing gel 92 dan kedelai untuk menenangkan kulit yang terbakar, ada juga pelembap wajah korea terbaik untuk wajah. Jika beberapa area terasa sakit dan tidak nyaman, kita dapat menggunakan krim hidrokortison yang bisa dibeli tanpa resep dokter.

Jangan menggunakan produk yang mengandung “caine” seperti benzocaine dalam mengatasi kulit terbakar, karena ini dapat menyebabkan luka pada kulit dan menyebabkan reaksi alergi.

  1. Menggunakan obat penenang

Disarankan untuk menggunakan aspirin atau ibuprofen dalam membantu mengurangi pembengkakan apapun, kemerahan, dan rasa perih. Jangan lupa untuk meminum air putih yang banyak terutama setelah memakan obat-obatan ini.

Terbakar sinar matahari dapat mengurangi cairan di dalam tubuh kita dan bahkan bisa dari seluruh badan. Jadi minumlah air sebanyak mungkin untuk menghindari dehidrasi.

  1. Perhatikan jika Kulit Luka

Jika kulit kalian melepuh, biarkan bagian yang luka itu menyembuhkan dirinya sendiri. Kulit yang luka atau melepuh menunjukkan kalian berada pada tahapan yang berbahaya, tetapi kita tetap tidak boleh mengopek luka tersebut, luka tersebut berfungsi untuk menyembuhkan kulit dan diri kita dari infeksi.

Melakukan perawatan ekstra dalam melindungin kulit yang terbakar dengan cara menggunakan pakaian yang menutup kulitmu selama di luar ruangan. Kain tenunan merukan pilihan terbaik. Jika kalian melihat ada bekas luka bakar yang susah ketutup oleh baju, bisa menggunakan concelear tentu ada tips memilih warna concealer yang tepat

Walaupun ini terlihat seperti kondisi yang sementara atau temporer, tetapi hasil dari kulit yang menerima banyak sekali sinar ultraviolet yang terlalu banyak dapat menyebabkan bahaya jangka panjang kepada kulit kita.

Tingkat keparahannya dapat membuat orang itu beresiko berpenyakit kanker kulit, sehinnga hal ini menyebabkannya lebih susah diobati jika telah terjadi. Bagi kalian yang kulitnya dehidrasi dapat mengecek  produk Nature Republic yang dapat melembapkan kulit kalian dan mencegah iritasi akibat sinar matahari.

Semoga tips Cara Mengatasi Kulit yang Terbakar Sinar Matahari kali ini bermanfaat buat kalian, jangan lupa untuk melindungin kulit kalian dari sengatan matahari sebelum terjadi pada kalian.