5 Langkah untuk Menelusuri Bakat Anak Sejak Kecil Wajib Bunda Lakukan

Mengetahui bakat anak sejak dini merupakan hal terpenting yang harus diketahui oleh orang tua. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki bakat berbeda dan bahkan bisa jadi tidak sama dengan Anda sebagai orang tuanya.

Tetapi ada juga yang sama. Maka sebagai salah satu cara menjadi ibu bijak, ibu harus mendeteksi sejak dini agar bisa memaksimalkan perkembangan dan pertumbuhan anak. Bagi Anda yang ingin tahu langkah untuk menelusuri bakat anak sejak kecil, berikut tipsnya :

    1. Menjaga Intensitas Komunikasi

Ciri-ciri ibu yang baik adalah bila dekat secara psikologis dengan anak, karena akan mempermudah Anda dalam mengetahui bakatnya. Maka tahap awal agar memiliki kedekatan secara emosional adalah menjaga intensitas komunikasi.

Tetapi Anda tidak boleh terjerumus pada penciptaan sifat manja anak, karena saking dekatnya menjadikan apapun yang diminta harus dipenuhi.

Di luar itu, komunikasi yang terjalin harus sampai pada tahap sudah mengetahui apa yang menjadi cita-cita, kesukaan dan hobinya. Proses ini sederhananya dalam mengukur keberhasilan adalah anak akan dengan alami untuk mudah bercerita ke Anda.

    1. Kebebasan untuk Anak Bereksplorasi

Kebanyakan orang tua akan memaksakan kehendak atau cita-cita yang tidak terwujud pada dirinya agar bisa diwujudkan oleh anak. Sifat ini akan menenggelamkan bakat pada anak Anda.

Dan momen terburuknya adalah, mereka yang mempunyai sifat memberontak akan melawan hingga bisa kabur dari rumah karena keinginannya tidak terwujud.

Maka perlu metode mendidik anak agar pintar sesuai kemampuannya dengan memberikan ruang untuk anak mengeksplorasi bakat yang sesuai kehendak akan memaksimalkan potensi yang ada pada dirinya. Sehingga Anda hanya perlu mengawasi dan menjadi tempat untuk mereka berkeluh kesah.

    1. Memberikan Waktu Anak Bermain

Banyak dari orang tua yang memberikan batasan yang ketat saat anak bermain dengan teman sebayanya. Padahal bermain tidak hanya berdampak negatif, tetapi juga menimbulkan hal yang positif.

Pada momen anak bermain biasanya akan terjadi sosialisasi dan komunikasi dengan teman sebayanya, hal ini menjadi ruang bagi anak untuk menampilkan bakat yang dimiliki. Dan momen ini juga biasanya anak akan menemukan bakatnnya, karena melihat teman sebaya melakukan kegiatan yang saat anak Anda mencoba, dia menjadi suka.

    1. Menanamkan Sifat Bekerja Keras

Cara menghadapi anak malas yang biasanya harus diterapkan adalah pendisiplinan. Hal ini dilakukan agar anak menjadi mengerti bahwa apa yang akan dilakukan dan semestinya dikerjakan tetapi tidak dilakukan akan memiliki resiko dan harus dipertanggungjawabkan.

Penerapan dalam keseharian biasanya saat mereka ingin membeli sesuatu maka yang dilakukan harus mengerjakan sesuatu agar apa yang diinginkan bisa didapat. Sehingga anak akan terbiasa untuk berusaha saat membutuhkan sesuatu.

    1. Tidak Pernah Berhenti Mendukungnya

Semangat orang tua akan sangat berdampak pada emosional anak. Memberikan suntikan semangat tanpa henti juga merupakan cara menjadi ibu teladan. Saat mereka diberi dukungan positif maka akan semangat untuk menjalaninya.

Begitu juga mereka saat gagal melakukan sesuatu, Anda harus hadir untuk memberi semangat agar mereka tidak terus terpuruk dan mampu bangkit.

Kelima hal tersebut yang harus Anda perhatikan dan lakukan agar apa yang ada di diri anak bisa termaksimalkan dengan baik, sehingga bakatnya tidak terpendam hanya karena keegoisan orang tua.