6 Cara Menghadapi Anak Malas agar Lebih Bersemangat dan Produktif

42

Semua orangtua pasti tidak ingin menginginkan anaknya menjadi seorang pemalas. Beberapa upaya dibutuhkan agar si anak tidak lagi malas dalam hal apapun. Entah itu dalam urusan belajar, membantu orang tua, atau pun dalam mengurus diri sendiri. Ada loh anak yang saking malasnya, untuk urusan dirinya sendiri aja masih nyuruh-nyuruh orangtua. Misalnya saja ngambilin makan, minum, atau barang yang ia butuhkan. Bukankah ini kebangetan? Nah, berikut cara menghadapi anak malas ya, bun.

1. Memanjakan anak jangan sampai kelewat batas

Sayang anak identik dengan perlakuan orang tua yang turut memanjakan anak. Segala keinginan anak dituruti, kebutuhan anak dipenuhi sehingga anak jadi tidak bisa mandiri. Kalau kebiasaan ini terus berlanjut hingga anak remaja, jangan salahkan anak jika ia jadi seorang anak yang pemalas karena selama ini ia biasa dilayani orangtua.

Satu hal lagi yang perlu diingat, saat anak usia remaja akan sulit untuk mengubah sifat pemalasnya ini. Jadi perlu diantisipasi sejak dini ya, Bun. Kemalasan anak harus dihadapi dengan cara menjadi ibu bijak dalam mendidik anak.

2. Berikan tugas kepada anak sesuai dengan kemampuannya

Seringkali orang tua melarang anak melakukan beberapa pekerjaan rumah karena beranggapan bahwa si anak belum bisa untuk melakukan pekerjaan tersebut. Untuk melatih kemandirian dan kemauan anak dalam kemandirian, maka cara menghadapi anak malas ini adalah dengan memberikan ia beberapa tugas yang sesuai dengan kemampuannya. Aktifnya seorang anak bisa mengusir kemalasannya itu.

3. Orangtua adalah contoh bagi anak

Perilaku orang tua adalah contoh bagi anak, jadi agar anak tidak pemalas orang tua pun harus menunjukkan sikap yang baik dan tidak malas-malasan. Ketika anak melihat orangtuanya bermalas-malasan maka ia pun akan berpikir bahwa malas adalah hal yang wajar, jadi tak heran kenapa anak juga jadi ikut malas. Ciri-ciri ibu yang baik adalah ibu yang bisa memberikan contoh yang baik pula dengan cara menjadi ibu teladan yang rajin.

4. Biarkan anak menerima konsekuensi dari kemalasannya

Malas pasti akan membawa dampak buruk bagi dirinya sendiri. Contohnya, dalam cara mengatasi anak malas sekolah dan cara mengatasi anak malas belajar, saat anak malas mengerjakan PR, maka ia akan dimarahi oleh guru di sekolah atau ketika ia malas untuk mengambil makanan sendiri maka ia akan kelaparan. Biarkan ia merasakan semua itu agar ia tahu bahwa malas akan merugikan dirinya sendiri.

5. Motivasi anak agar bersemangat

Cara menghadapi anak malas berikutnya adalah dengan selalu memberikan motivasi pada anak yang gemar bermalas-malasan. Motivasi yang bisa membuat anak jadi tidak malas, seperti memancingnya untuk mencapai keinginan dan impiannya. Ketika itu, akan timbul hasrat dalam dirinya untuk mengejar semua itu. Caranya? Ya dengan belajar dan berusaha. Hal ini juga berlaku dalam cara mengatasi anak tidak mau sekolah.

6. Berikan tanggung jawab dan disiplin

Sejak dini, berikan anak tanggung jawab dan disiplin dan buatlah ia paham akan kedua sikap tersebut. Anak yang sadar dengan sebuah tanggung jawab dan kedisiplinan tidak akan terbuai dalam kemalasan yang berkelanjutan.

Begitulah 6 cara menghadapi anak malas-malasan ya, Bun. Simak juga nih, tips menjadi ibu yang sukses mendidik anak, peran ibu dalam psikolog anak usia dini dan cara menjadi ibu rumah tangga sekaligus wanita karir yang pastinya juga tidak mudah untuk dijalankan.