Sponsors Link

8 Cara Mengatasi Anak Malas Sekolah Mudah dan Paling Efektif

Sponsors Link

Cara Mengatasi Anak Malas SekolahSekolah merupakan hak dan sekaligus kewajiban seorang anak. Tidak hanya mendapatkan ilmu saja, anak-anak di sekolah juga akan mengenal teman dan belajar bersosialisasi dengan orang lain. Belajar menghargai dan menghormati hak orang lain serta berkompetisi untuk kebaikan.

ads

Namun bunda, kadang anak-anak malas untuk berangkat sekolah. Entah karena lingkungan sekolah yang membuat anak trauma untuk ke sekolah, ataupun memiliki masalah dengan teman-temannya. Pun mungkin karena anak-anak tidak memiliki semangat untuk berangkat sekolah.

Anak malas sekolah sering membuat orang tua dan guru melakukan banyak usaha untuk membuat anak kembali ke sekolah. Meskipun begitu banyak cara-cara yang sudah mereka lakukan namun tidak mampu membuat anak kembali ke sekolah.

Mungkin orang tua sebaiknya melakukan pendekatan terlebih dahulu dari hati ke hati kepada anak-anak untuk mengetahui apa sebenarnya yang membuat anak-anak malas ke sekolah. Pada artikel ini, penulis akan memberikan rekomendasi tentang cara mengatasi anak malas sekolah. Apa saja rekomendasinya? Yuk simak berikut ini.

1. Mendengarkan keluhan anak

Untuk mengetahui masalah yang dialami oleh anak karena malas sekolah, disarankan orang tua, baik ayah ataupun bunda untuk berbicara secara perlahan kepada anak. Dengarkan keluhan si anak dengan seksama tanpa memberikan penghakiman kepada anak.

Apabila anak memiliki masalah dengan anak lain di sekolahan, sebaiknya orang tua juga membicarakan hal ini dengan sekolah agar dapat diberikan jalan keluar dari masalah keduanya. Jika perlu bicarakan dengan orang tua dari kedua belah pihak agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Namun, apabila anak memiliki masalah pribadi, dengarkan dengan baik-baik untuk mencari jalan keluar terhadap masalah anak. Hal ini merupakan salah satu cara mengatasi anak fobia apabila memang di sekolah ada pemicu fobianya. Sehingga orang tua dapat segera bertindak untuk menyelesaikannya.

2. Memeriksakan fisik sang anak

Apabila anak mengeluhkan tentang masalah fisik, sebaiknya orang tua segera menanggapinya untuk segera memeriksakan anak ke dokter yang sesuai dengan keluhan anak-anak untuk mengetahui sebenarnya apa yang terjadi pada tubuh sang anak agar dapat segera mengatasi keluhan sang anak sedini mungkin.

Selain itu, mungkin masalah fisik adalah salah satu penyebab anak tidak percaya diri untuk datang ke sekolah, sehingga orang tua dapat memberikan pemahaman kepada anaknya.

3. Mendampingi anak untuk datang ke sekolah

Mendampingi anak untuk datang ke sekolah merupakan salah satu cara mengatasi anak malas sekolah. Pada tahap awal anak masuk sekolah, pada umumnya anak-anak akan canggung dan pemalu untuk bersosialisasi dengan teman-temannya. Sehingga anak menjadi penyendiri dan tidak memiliki teman. Akibatnya anak menjadi malas sekolah.

Sponsors Link

Oleh karena itu, perlu adanya pendampingan anak untuk datang ke sekolah untuk memberikan semangat ke anaknya dan cara mengatasi anak pemalu di sekolah sehingga mampu menumbuhkan rasa percaya diri dari dalam diri anak. Namun, pendampingan untuk ke sekolah ini juga tidak dilakukan terus terusan yang dapat membuat sang anak menjadi tergantung kepada orang tua, sehingga anak-anak tidak mau bersosialisasi kepada teman sebayanya.

Pendampingan ini dilakukan hanya sampai anak sudah mulai dapat akrab dengan teman-temannya dan mampu bergaul dengan baik dengan teman-temannya.

4. Berbicara dengan guru sekolah

Masalah anak malas sekolah bisa jadi anak sedang mengalami masalah di sekolah, baik dengan lingkungan sekolah yang membosankan ataupun masalah dengan teman sebaya. Kegiatan anak di sekolah yang paling mengetahui adalah guru-gurunya, baik kebiasaan di sekolahnya, tingkah laku, pergaulan dengan teman-temannya sehingga dapat segera diketahui masalah anak kenapa malas sekolah.

Anak yang mendapat guru terlalu galak, diskriminasi di kelas ataupun guru suka memberikan banyak tugas juga memiliki andil sebagai penyebab anak malas sekolah.

5. Memberikan latihan keterampilan sosial sederhana

Salah satu cara menjadi Ibu yang cerdas dalam mengatasi masalah anak malas sekolah adalah memberikan latihan keterampilan sosial sederhana kepada anak dengan cara yang menyenangkan misalnya yaitu memupuk potensi anak untuk berani menyampaikan keinginannya di depan teman-temannya ataupun di depan gurunya.

Sehingga anak-anak mampu menyatakan keinginan untuk bermain dengan teman-temannya atau menyampaikan pendapat di depan kelas. Selain itu, anak-anak dilatih untuk menyampaikan pendapatnya tentang sesuatu yang tidak diinginkannya atau yang menurutnya tidak menyenangkan.

Orang tua juga sebaiknya mengingatkan kepada anak-anak jika ada sesuatu yang mengganggunya sebaiknya segera menyampaikannya kepada guru. Hal ini merupakan salah satu cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. 

Sponsors Link

6. Membelikan peralatan sekolah yang menarik

Peralatan sekolah yang menarik, membuat anak-anak semangat untuk segera menggunakannya. Sehingga tanpa sadar mereka juga akan semangat untuk ke sekolah karena ingin cepat-cepat menggunakan peralatan sekolahnya yang menarik.

Selain itu, peralatan sekolah yang menarik membuat anak-anak lebih kreatif dan rajin dalam belajar, baik di sekolah maupun di rumah karena senang menggunakannya. Hal ini merupakan salah satu cara mengatasi anak cepat bosan dalam belajar.

7. Mengajak liburan anak

Malas ke sekolah mungkin anak sedang mengalami kejenuhan belajar. Mungkin karena terlalu banyak tugas sehingga menjadi jenuh belajar atau tekanan-tekanan dari teman-temannya. Atau mungkin anak Anda merupakan salah satu korban bullying di sekolah nya. Bujuk anak untuk tetap masuk sekolah dan ajak liburan di akhir pekan ketika anak mampu menjalani sekolah yang berat selama seminggu.

Selain dapat menghilangkan anak jenuh belajar di sekolah, liburan saat weekend juga merupakan cara mengatasi anak jenuh belajar di rumah. Selain liburan, orang tua juga dapat meluangkan waktu pada saat weekend untuk menemani anak-anak bermain atau sekedar mendengarkan cerita anak saat di sekolah.

Tidak perlu menghakimi anak-anak ketika mereka bercerita, cukup dengarkan anak Anda dan berikan selingan candaan ketika bercerita bahwa anak sedang mengalami kejenuhan sekolah. Semua hal ini dilakukan agar anak tetap semangat untuk sekolah dan merupakan cara mengatasi anak korban bullying sehingga traumanya dapat berkurang dan mendapat kepercayaan diri kembali.

Nah, itulah tadi cara mengatasi anak malas sekolah yang dapat orang tua lakukan ketika anak-anak sedang malas sekolah. Demikian artikel cara mengatasi anak malas sekolah, semoga informasi yang diberikan penulis pada artikel ini dapat memberikan solusi kepada orang tua untuk mengatasi masalah anak malas sekolah dan bisa menjadi tips cara menjadi ibu ideal dan cara menjadi ibu bijak.

, , ,
Oleh :
Kategori : Parenting
Search
Yuk Join KlubWanita

ig-halosehatgroup

Sekarang ini banyak sekali masker instan yang mudah kita dapatkan di toko toko produk kecantikan. Namun banyak juga kita temui efek sampingnya. Oleh karena itu, mengapa tidak kita coba beralih ke yang alami? berikut Manfaat Masker Kopi dan Gula untuk Wajah dan cara membuatnya