5 Cara Mengatasi Anak Panas Dalam Paling Cepat dan Aman

56

Cara Mengatasi Anak Panas DalamPanas dalam merupakan kondisi dimana suhu didalam tubuh lebih panas dibandingkan dengan diluar. Hal ini terjadi sebagai dampak musim pancaroba. Dimana tubuh menyesuaikan perubahan suhu yang terjadi. Namun, panas dalam ini memberikan efek yang membuat badan terasa tidak nyaman.

Panas dalam ditandai dengan bibir pecah-pecah karena kondisi tubuh dehidrasi, mulut kering dan radang tenggorokan serta kadang disertai sembelit atau susah buang air besar sebagai akibat kurangnya asupan sayuran dan buah karena malas makan saat suhu udara tidak menentu dan tentunya demam sebagai akibat munculnya gejala-gejala tersebut. Sayangnya, kondisi panas dalam ini dapat menyerang berbagai usia, termasuk anak-anak.

Anak-anak yang memiliki tanda-tanda panas dalam, biasanya akan terlihat lemas dan disertai dengan berkurangnya nafsu makan karena biasanya panas dalam juga berakibat sariawan didalam mulut. Sehingga untuk makan mulut terasa perih dan membuat malas makan.

Kondisi yang seperti ini lama kelamaan akan menjadi parah jika Bunda tidak segera mengambil keputusan dengan cepat untuk mengurangi gejala-gejala yang timbul. Selain itu, meskipun anak-anak kehilangan nafsu makan Bunda harus memiliki cara mengatasi anak susah makan yang kreatif. Pada artikel ini akan direkomendasikan cara mengatasi anak panas dalam.

1. Meminum air putih yang lebih banyak

Kondisi panas dalam adalah tubuh terasa panas dibandingkan dengan udara sekitar, sehingga tubuh perlu didinginkan agar tidak terjadi dehidrasi. Salah satu cara mengatasi anak demam tinggi adalah meminum lebih banyak air putih untuk menurunkan suhu tubuh dan mencegah dehidrasi.

Selain itu, dengan mencukupi konsumsi air putih membuat tubuh terhidrasi dan mampu mengurangi bibir pecah-pecah dan meredakan tenggorokan yang kering serta mengurangi lemas tubuh. Sehingga kondisi tubuh menjadi lebih baik.

2. Memakan makanan yang berserat dan dalam porsi kecil

Anak yang susah makan karena kondisi badan yang tidak nyaman, disarankan untuk tetap memberikan makan. Sakit tenggorokan dan sariawan membuat anak-anak untuk sulit makan. Cara anak agar mau makan yaitu berikan makan dalam prosi kecil, namun sering dan perlahan.

Dan jangan lupa selalu beri makanan dengan kandungan serat agar anak tidak kesulitan buang air besar. Karena biasanya panas dalam disertai dengan sembelit. Selalu berikan makanan yang berbeda-beda agar anak tertarik makan dan tidak bosan. Ini merupakan cara mengatasi anak yang susah makan karena keadaan tubuh yang kurang nyaman.

3. Memenuhi Kebutuhan Vitamin C

Pada saat tubuh sedang mengalami panas dalam, tubuh akan mudah sekali terserang karena daya tahan tubuh yang menurun. Selain itu, akan mudah sekali terkena sariawan. Vitamin C, selain mampu meningkatkan daya tahan tubuh, juga merupakan vitamin untuk anak susah makan.

Sehingga mampu meningkatkan nafsu makan anak juga. Oleh karena itu, berikan sayuran dan buah-buahan yang mengandung tinggi vitamin C seperti jeruk, apel, tomat, dll. Hindari memberikan buah yang dapat memicu kenaikan suhu tubuh seperti durian, rambutan, nanas.

4. Kurangi asupan makanan yang digoreng dan pedas

Masakan yang digoreng dapat memperparah sakit tenggorokan anak. Oleh karena itu, sebisa mungkin Bunda mengurangi makanan-makanan yang diolah dengan digoreng. Sedangkan makanan pedas, dapat mengganggu kesehatan pencernaan. Oleh karena itu, Bunda harus memiliki kemampuan mempersiapkan makanan. Memberikan makanan yang bervariasi merupakan kunci cara menjadi ibu kreatif di keluarganya.

5. Berikan pengobatan yang tepat

Madu merupakan salah satu obat yang tepat untuk mengurangi radang tenggorokan yang timbul akibat panas dalam. Selain itu, anak dapat diberikan larutan penyegar untuk menurunkan suhu tubuh anak. Berikan sesuai dengan anjuran yang disarankan. memberikan obat yang tepat sesuai dengan gejala anak merupakan salah satu cara menjadi ibu rumah tangga yang pintar.

Orang tua perlu memperhatikan kondisi lanjutan anak-anak ketika terkena panas dalam. Jika timbul gejala-gejala yang lain, seperti timbul bintik merah, sebaiknya orang tua segera membawa anak ke dokter untuk mengetahui kondisi sebenarnya yang terjadi pada anak. Semoga informasi Cara Mengatasi Anak Panas Dalam yang disajikan pada artikel ini dapat bermanfaat untuk pembaca.